September 11, 2024

Perluas Akses ke Layanan Komunikasi RCS, Twilio Dukung Strategi Komunikasi Brand dan Kepercayaan Pelanggan

Penulis: Iwan RS
Perluas Akses ke Layanan Komunikasi RCS, Twilio Dukung Strategi Komunikasi Brand dan Kepercayaan Pelanggan 

Mobitekno – Twilio, penyedia platform untuk membangun komunikasi yang lebih baik antara bisnis dan pelanggannya, baru saja mengumumkan ketersediaan global layanan pesan Rich Communication Services (RCS) melalui Programmable Messaging dan Verify API.

Sebagai evolusi berikutnya dari layanan pesan SMS, RCS mulai mendapatkan perhatian dan respons positif dari beberapa perusahaan secara signifikan belakangan ini. Misalnya Apple yang mengumumkan dukungannya untuk layanan tersebut sebagai bagian dari pembaruan sistem operasi iOS 18 pada bulan Juni lalu.

Seperti diketahui, layanan RCS dibangun di atas layanan pesan SMS konvensional yang dikembangkan agar pengguna dapat melengkapi pesannya dengan dokumen multimedia, seperti video, GIF, audio, dan lain-lain.

IndonesianDiagram RCS

Dengan hadirnya layanan RCS yang lebih baik, pelaku bisnis atau pemilik brand dapat mengirim pesan yang terverifikasi tanpa perlu kewajiban untuk mengubah kode sehingga dapat membangun kepercayaan dan loyalitas yang kuat kepada pelanggan.

RCS dari Twilio diklaim dapat meningkatkan pesan SMS ke RCS pada perangkat yang mampu tanpa biaya tambahan untuk pesan hingga 160 karakter. Fitur-fiturnya meliputi penggabungan logo bisnis, slogan, nama bisnis, verifikasi pengirim tepercaya oleh Google, dan tanda terima baca. Peningkatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan selalu dapat mengidentifikasi dengan siapa mereka berkomunikasi, sehingga menumbuhkan kepercayaan dan keterlibatan.

Fitur-fitur tambahan meliputi kemampuan untuk menciptakan pengalaman interaktif dengan tombol ajakan bertindak, korsel interaktif, berbagi lokasi, dan opsi balasan cepat. Fitur-fitur interaktif ini bertujuan untuk mendorong tingkat keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi sekaligus memperkuat keaslian merek.

Twilio: Branded message dari RCS penting bagi perusahaan untuk bangun kepercayaan pelanggan

Di dunia yang terus berubah ini, penting bagi perusahaan dan brand untuk membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan, khususnya karena setiap hari pelanggan dibanjiri ratusan pesan dan notifikasi.

Dalam survei preferensi konsumen yang dilakukan Twilio di tahun 2024, terungkap bahwa 75% konsumen yang menerima branded message mengaku keberadaan identitas brand dalam pesan meningkatkan kepercayaan mereka, sementara hampir separuh (49%) mengatakan akan lebih percaya dengan suatu brand jika dalam pesan yang dikirimkan terdapat logo atau tanda centang (verifikasi).

Kepercayaan ini berujung pada tindakan, di mana 4 dari 10 konsumen terdorong untuk membeli kembali, dan 1 dari 4 melakukan pembelian perdana ketika brand menggunakan saluran komunikasi yang tepercaya.

Indonesian rcs branded messaging jpg

RCS merupakan bagian penting dari solusi yang ditawarkan Twilio untuk menciptakan komunikasi yang aman dan tepercaya antara brand dengan konsumen di berbagai saluran, termasuk melalui identifikasi panggilan masuk dengan brand (branded caller ID) dan dukungan untuk Brand Indicators for Message Identification (BIMI) pada email. Rangkaian API Twilio mendukung bisnis untuk menciptakan komunikasi interaktif dan tepercaya yang akan membuat bisnis tampil beda dalam pasar yang kompetitif serta mendorong tercapainya imbal hasil investasi.

“Twilio percaya bahwa proses membangun interaksi dengan pelanggan harus terjadi tanpa hambatan dan dengan jaminan keamanan,” ujar Inbal Shani, Chief Product Officer di Twilio Communications.

“RCS mewujudkannya dengan menghadirkan interaksi yang lebih kaya, jaminan pesan tersampaikan, dan yang paling penting, membangun kepercayaan terhadap brand Anda, semua tanpa perlu mengubah satu baris pun dari kode pemrograman.”

RCS lebih kaya fitur, aman, lebih tepercaya, dan lebih baik dari SMS

Bagi bisnis yang membutuhkan saluran komunikasi yang lebih dinamis dan interaktif, RCS menawarkan alternatif yang lebih aman, lebih tepercaya, dan lebih baik dari SMS. Meski dalam berbagai kasus SMS tetap jadi alat yang penting, RCS menawarkan platform standar dan kaya fitur yang dapat mengatasi kesenjangan antara komunikasi pesan tradisional dengan pengalaman interaktif yang ditawarkan saluran over-the-top (OTT) seperti WhatsApp.

Penggunaan pesan dengan identitas brand memastikan bahwa bisnis dapat menghadirkan pengalaman menarik tanpa hambatan yang sesuai bagi pelanggan dan memperkuat kepercayaan mereka terhadap brand.

RCS 02

“Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Futurum Research, bisnis yang memanfaatkan RCS melaporkan peningkatan interaksi pelanggan dan tingkat konversi hingga 32% dibandingkan dengan ketika mereka menggunakan SMS biasa. Terobosan terbaru Twilio ini membantu bisnis untuk lebih fokus pada solusi RCS guna mendorong penciptaan nilai lebih bagi pelanggan mereka,” papar Paul Nashawaty, Practice Lead, Application Development and Modernization di Futurum.

“Dengan kemampuan RCS untuk menghasilkan konten yang lebih kaya dan lebih interaktif, seperti gambar, video, dan berbagai tombol, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong peningkatan imbal hasil investasi.”

Fitur perpesanan RCS dari Twilio tersedia bagi semua pengguna layanan Programmable Messaging secara global dalam versi beta untuk umum dan untuk sebagian besar pengguna Verify.

Apabila sebelumnya penggunaan RCS terbatas hanya pada perangkat Android, kini sesuai dengan pengumuman terbaru Apple terkait dukungan sistem iOS iPhone untuk RCS mulai September 2024 diharapkan akan lebih banyak pelaku bisnis yang mengadopsi teknologi terbaru ini.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS