August 7, 2024

Samsung Galaxy Z Flip6 Miliki Durabilitas Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy Z Flip6 Miliki Durabilitas Tinggi 

Mobitekno – Seri Galaxy Z Flip kembali hadir dengan produk terbaru, yaitu Galaxy Z Flip6. Berkat enam generasi inovasi pada ponsel lipat, perangkat yang kuat dan seukuran kantong ini tampil lebih serbaguna dengan desain ramping dan fitur Galaxy AI terbaru, memberikan pengalaman yang memprioritaskan kreativitas pengguna.

Keserbagunaan Galaxy Z Flip6 lahir dari teknologi unggul dan desain yang sangat memperhatikan gaya hidup serta kebutuhan pengguna. Lalu, apa saja elemen yang mendukung keunggulan terbaru dari Galaxy Z Flip6?

Layar utama dari Galaxy Z Flip6 menggunakan teknologi Dynamic AMOLED dengan kualitas luar biasa. Foto, video, permainan, dan berbagai konten lain terlihat lebih hidup dengan detail yang tajam. Layar ini juga harus mampu menahan benturan dan kembali ke bentuk semula saat dibuka. Kemampuan ini ditingkatkan di Galaxy Z Flip6 berkat penggunaan material baru dan teknik desain inovatif yang menjamin ketahanan dan fleksibilitas.

Peningkatan signifikan terlihat pada lipatan layar Galaxy Z Flip6 yang semakin tak terlihat dibandingkan model sebelumnya. Selain dilapisi pelindung dan film protektif yang fleksibel, layar utama Galaxy Z Flip6 juga menggunakan Ultra Thin Glass (UTG) yang meningkatkan ketebalan hingga 60% sehingga lebih tahan banting. Dengan material organik yang efisien dan teknik pelapisan baru, layar ini juga menawarkan pantulan rendah yang memaksimalkan penggunaan perangkat dan memudahkan tampilan di luar ruangan dengan kecerahan yang meningkat dari 1750 menjadi 2600 nits.

Teknologi engsel Samsung yang canggih memberikan Galaxy Z Flip6 desain yang lebih ramping dan pengalaman melipat yang lebih mulus. Saat perangkat ditutup, empat poros penggerak melipat layar menjadi bentuk tetesan air dan menyatukannya dengan pas. Modul engsel terintegrasi ini memiliki struktur rel ganda simetris yang mendistribusikan guncangan secara merata. Perangkat ini bisa digunakan dalam kondisi terlipat dan terbuka sepenuhnya maupun pada berbagai sudut antara 75 dan 115 derajat. Flex Mode memungkinkan pengguna menaruh perangkat dengan stabil di berbagai kondisi pelipatan untuk menonton video atau mengambil foto tanpa perlu menggunakan penyangga ponsel atau tripod.

Penutup engsel dan bodi Galaxy Z Flip6 terbuat dari Enhanced Armor Aluminium, membuatnya lebih tahan goresan dan mengurangi kerusakan. Warna-warna mewah yang meningkatkan estetika ponsel lipat ini berasal dari proses pelapisan anodisasi yang optimal. Penggunaan bahan daur ulang pada perangkat ini juga menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Galaxy Z Flip6
Komponen yang ada di Galaxy Z Flip6.

Desain Galaxy Z Flip6 yang Semakin Nyaman Digunakan

Galaxy Z Flip6 adalah seri Galaxy Z Flip pertama yang memiliki vapor chamber. Fitur ini mendistribusikan panas untuk mencegah perangkat menjadi terlalu panas. Semakin besar vapor chamber, semakin efektif pembuangan panasnya, sehingga perangkat dapat mempertahankan kinerja yang stabil. Samsung berhasil menyertakan vapor chamber berukuran besar dalam lini foldable miliknya.

Galaxy Z Flip6 memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh. Samsung menggunakan teknik pencetakan pada sirkuit yang melindungi baterai utama untuk meminimalkan ukuran papan pelindung baterai, sehingga kapasitas baterai bisa ditingkatkan dengan memaksimalkan ruang yang tersedia dalam perangkat agar tetap nyaman digenggam.

Kehadiran baterai tambahan meningkatkan kinerja baterai pada Galaxy Z Flip6 lebih jauh lagi, lengkap dengan kepadatan energi yang lebih baik dari sebelumnya.

Printed Board Assembly (PBA), tempat komponen utama seperti memori dan prosesor, adalah otak dari sebuah smartphone. Galaxy Z Flip6 adalah model Galaxy Z Flip paling compact berkat desain PBA utama bertumpuk yang menggunakan komponen-komponen yang sangat terintegrasi.

PBA tambahan, yang terletak di terminal pengisian daya dan sisi speaker, mendukung berbagai pita frekuensi radio dan konektor USB Type-C berstandar internasional. PBA tambahan ini juga dilengkapi mikrofon Micro Electro Mechanical System (MEMS) dengan noise rendah untuk pengenalan suara yang akurat, sehingga pembuatan konten lebih mudah tanpa tambahan mikrofon.

Back cover, yang meliputi sisi depan dan belakang produk ini saat dilipat, menggunakan Corning® Gorilla® Glass Victus 2® dari Corning, pemimpin global di bidang kaca dan mitra Samsung selama bertahun-tahun.

Smartphone ini tersedia dalam varian 12GB/256GB seharga Rp17.499.000 dan 12GB/512GB seharga Rp19.499.000. Pilihan warna Crafted Black, White, Peach, Blue, Yellow, Silver Shadow, dan Mint tersedia sesuai preferensi.

Tags: ,


COMMENTS