September 29, 2023

Mobil Suzuki Hybrid Kian Diminati, New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid Bantu Penjualan Naik 12 Persen

Penulis: Iwan RS
Mobil Suzuki Hybrid Kian Diminati, New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid Bantu Penjualan Naik 12 Persen  

Mobitekno – Penjualan kendaraan Suzuki hybrid terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satu indikasinya terlihat pada bulan Agustus 2023, dimana Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12% dibandingkan dengan Juli 2023.

Hal ini turut disumbang oleh kepercayaan pasar terhadap mobil berlogo huruf ‘S’ tersebut khususnya lini kendaraan Suzuki hybrid yang ramah lingkungan, seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Data penjualan bulan Agustus 2023 membuktikan bahwa penjualan tertinggi segmen passenger Suzuki masih diduduki oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22% dari total penjualan, dimana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Suzuki New XL7 Hybrid 01

Segmen passenger (mobil penumpang) Suzuki menunjukkan peningkatan penjualan di bulan Agustus. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa segmen passenger menyumbang 53% bagian dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023.

Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023 yang sebesar 49%. Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15% dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu.

Mobil Suzuki hybrid dapat respons positif dari pasar

Selama bulan Agustus, penjualan mobil Suzuki hybrid berada di angka 38% dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya pilihan kendaraan hybrid Suzuki di tahun 2023, sehingga semakin besar pula peluang masyarakat untuk memilih kendaraan hybrid Suzuki yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan di bulan Agustus ini salah satunya juga dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif yang rutin digelar pada bulan tersebut.

“Penjualan otomotif secara keseluruhan mengalami peningkatan di momentum-momentum besar seperti ajang pameran otomotif tahunan yang berlangsung di bulan Agustus lalu. Pada saat itulah pembelian mobil menjadi sangat menguntungkan karena brand akan memberikan banyak promo yang memudahkan kepemilikan kendaraan bagi pembeli,” ujarnya.

“Yang menarik adalah jumlah permintaan masyarakat pada kendaraan hybrid juga meningkat. Suzuki telah menetapkan arah langkahnya untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, maka kondisi pasar yang positif terhadap kendaraan ramah lingkungan turut menjadi angin segar bagi kami,” tambah Randy.

Suzuki All New Ertiga 01

Sejak perdana meluncurkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada All New Ertiga Hybrid di Indonesia (2022), Suzuki menerima respons pasar yang positif sehingga secara bertahap kendaraan passenger dengan permintaan pasar yang baik juga turut diberikan upgrade agar semakin maksimal dalam mendukung penggunaan sehari-hari lewat efisiensi bahan bakar, dan upaya pengendalian polusi di Indonesia lewat minimalisasi emisi gas buang kendaraan.

Lini Suzuki Hybrid: New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, dan Grand Vitara

Setelah hampir satu tahun mendukung mobilisasi masyarakat Indonesia, penjualan All New Ertiga di bulan Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25% dibandingkan penjualan Juli 2023, dengan akuisisi penjualan sebesar 10% dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58% penjualannya adalah model hybrid.

Kendaraan unggulan Suzuki hybrid lainnya juga menunjukkan tren peningkatan. MIsalnya New XL7 secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22%. Angka penjualan XL7 di bulan Agustus meningkat sebesar 23% dibandingkan dengan penjualan bulan Juli 2023, dimana 53% penjualannya merupakan sumbangsih dari model hybrid-nya.

Suzuki Grand Vitara 2023

Grand Vitara, lini mobil Suzuki Hybrid yang baru diluncurkan pada awal tahun ini juga menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46% dibandingkan penjualannya di bulan Juli 2023.

Selain teknologi hybrid, All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara juga dilengkapi dengan ragam fitur canggih yang sama seperti cruise control, hill hold control, auto retractable mirror, dan lain sebagainya yang semakin meningkatkan daya jualnya.

Tidak hanya segmen passenger, segmen komersial juga turut menunjukkan angka yang baik dengan partisipasi New Carry sebesar 47% dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Suzuki secara khusus mendesain New Carry untuk menjadi kendaraan niaga yang tangguh dan efisien, dengan biaya perawatan yang terjangkau guna mendukung aktivitas para pelaku usaha dan bisnis. Dengan kapasitas muat yang besar serta mesin yang ringan dan efisien, New Carry tetap menjadi pilihan yang paling rasional.

Suzuki berkomitmen terus hadirkan kendaraan ramah lingkungan

Secara keseluruhan, penjualan Suzuki bulan Agustus didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebesar 84% secara ritel. Adapun kendaraan Suzuki yang diproduksi secara lokal seperti New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, New Carry, dan APV. Penjualan CBU Suzuki tercatat mengambil bagian sebesar 16% dari total penjualan, dimana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Menurut Randy, Suzuki melihat penetrasi kendaraan hybrid di masyarakat semakin bergerak menuju ke arah yang menjanjikan. Maka dari itu, ke depannya pun Suzuki berkomitmen untuk terus menghadirkan kendaraan Suzuki hybrid ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Tentunya dengan program penjualan dan pelayanan menyeluruh yang maksimal untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan segenap konsumen setia kami,” tutupnya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS