November 28, 2023

Gelar DSW 2023, Telkomsel x Data Science Indonesia Hadirkan Ekosistem Digital yang Tangguh dan Berkelanjutan

Penulis: Rizki R
Gelar DSW 2023, Telkomsel x Data Science Indonesia Hadirkan Ekosistem Digital yang Tangguh dan Berkelanjutan  

MobiteknoTelkomsel berkolaborasi bersama Komunitas Data Science Indonesia belum lama ini secara sukses menggelar Data Science Weekend atau DSW 2023. Kegiatan ini merupakan sebuah event akbar Komunitas Data Science Indonesia yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Dalam puncak kesuksesannya di DSW 2023, enam finalis terpilih dari 330 pendaftar untuk kategori bergengsi, menandai pencapaian luar biasa dalam eksplorasi teknologi dan dunia data. Selain itu, DSW 2023 juga mempersembahkan rangkaian Data Class dari Google, Digital Government, dan VIDA, mengundang peserta untuk mendalami aspek teknis teknologi terkini.

Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Data Science Indonesia dalam Data Science Weekend menjadi bagian dari komitmen Telkomsel untuk membuka semua peluang menuju Indonesia Emas 2045.

DSW 2023

“Seiring berkembangnya kebutuhan ekosistem digital Indonesia akan talenta digital yang responsif dan transformatif, Telkomsel berharap gelaran DSW dapat menjadi sebuah wadah inklusif yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman untuk memperkuat pemahaman akan dinamika perkembangan teknologi terkini, konsisten dengan upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG),” ungkap Muharam. 

DSW 2023 membuka pintu wawasan dan peluang kolaborasi melalui rangkaian Data Expo. Perusahaan teknologi ternama seperti Prosa.ai, Arkademi, Catalyst Global, dan Metrodata turut serta dalam memamerkan inovasi mereka.

Showcase dari Talenthub, Cloudera, IYKRA, Cakra.ai, tiket.com, Monroe Consulting, hingga Data Science Indonesia dan Telkomsel menjadi daya tarik lainnya. Rangkaian Data Expo menjadi kesempatan sempurna untuk menjalin kemitraan dan memahami lebih dalam perkembangan terkini di dunia teknologi Indonesia

Data Career: Membuka Peluang Karir untuk Fresh Graduate

Data Science Weekend 2023 2

DSW 2023 menghadirkan rangkaian Data Career yang menguntungkan para fresh graduate. Mulai dari CV Review hingga One on One Career Consultation bersama para profesional, acara ini menjadi jembatan antara talenta muda dan peluang karir menarik.

Muharam menambahkan bahwa kolaborasi dengan Data Science Indonesia dalam DSW 2023 sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang konsisten mendorong pertumbuhan ekosistem talenta digital Indonesia melalui berbagai upaya kolaboratif bersama stakeholders, seperti melalui THRIVE yang mewadahi pertemuan antara para tech enthusiasts, Tech Titans untuk berkolaborasi mengembangkan use-case khusus bersama developers dan UI/UX experts, hingga Program Magang Kampus Merdeka bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

DSW 2023: Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Digital Indonesia

Telkomsel dan Data Science Indonesia, dalam semangat kolaboratif, turut mendukung terbentuknya Digital Alliance di penghujung DSW 2023. Inisiatif ini mencakup komunitas digital yang inklusif, merangkul bidang data, software, design, hingga produk. Dengan fokus pada keberlanjutan komunitas sebagai pilar pengembangan talenta digital, Digital Alliance diharapkan dapat menciptakan iklim kolaborasi, memperkuat literasi digital, dan menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dan komunitas digital.

Data Science Weekend 2023 3

Melalui DSW 2023, Indonesia terus merajut masa depan digitalnya dengan inovasi dan kolaborasi yang membentuk ekosistem digital yang tangguh, berkualitas, dan berkelanjutan. Ajang ini menjadi landasan bagi para pelaku industri, akademisi, dan para profesional muda untuk bersatu demi mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.



COMMENTS