April 27, 2023

Gandeng SUN Energy, Bluebird Bakal Terapkan Smart Solar Panel di Area Pool

Penulis: Rizki R
Gandeng SUN Energy, Bluebird Bakal Terapkan Smart Solar Panel di Area Pool  

Mobitekno – PT Blue Bird Tbk., melangkah lebih jauh dalam mendukung percepatan penggunaan energi ramah lingkungan di Indonesia. Berkolaborasi dengan SUN Energy, Bluebird akan memasang sistem panel surya pintar pada area pool Bluebird untuk memasok energi ke area operasional dan kantor Bluebird.

Inisiatif tersebut merupakan kelanjutan dari visi keberlanjutan Bluebird dalam pilar BlueSky demi perbaikan kualitas lingkungan untuk mengurangi emisi hingga 50 persen di tahun 2030.

Sigit Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk menerangkan bahwa inisiatif pemasangan PLTS merupakan langkah terbaru perusahaan dalam mendukung transisi energi terbarukan.

“Menuju usia 51 tahun Bluebird, perusahaan selalu berupaya menjadi katalis dalam mendukung terciptanya kualitas kehidupan yang lebih baik. Keberhasilan langkah Bluebird dalam menjalankan pilar BlueSky pada Visi Keberlanjutan Perusahaan melalui penerapan kendaraan listrik dan bahan bakar gas, serta keberlanjutan inisiatif Reduce, Reuse, Recyle (3R) turut menambah semangat kami dalam mempercepat transisi menuju energi bersih.” ungkap Sigit dalam rilis resmi yang diterima redaksi Mobitekno, Kamis (27/4).  

Blue Bird

“Kami selalu membuka peluang untuk menghadirkan inisiatif pemanfaatan energi ramah lingkungan. Langkah Bluebird dalam mendukung pemanfaatan energi bersih akan terus berlanjut. Inisiatif terbaru Bluebird untuk memanfaatkan energi panas surya melalui implementasi PLTS membawa semangat dan kepercayaan diri bagi kami untuk memenuhi target pengurangan emisi yang telah dicanangkan oleh perusahaan,” tambah Sigit.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, pada tahun 2022 lalu berhasil mengoptimalisasi 271,6 megawatt energi surya melalui pemanfaatan PLTS. Dion Jefferson selaku Chief Commercial Officer SUN Energy optimis kedua belah pihak dapat mendukung percepatan transisi energi terbarukan yang dapat mengurangi dampak efek gas rumah kaca. 

“SUN Energy turut mengapresiasi langkah Bluebird dalam memulai infrastruktur energi bersih melalui pemanfaatan energi surya. Kami mendukung penuh upaya go green Bluebird dengan implementasi teknologi berbasis Smart Solar System berkapasitas 215,6 kWp. Kapasitas ini setara dengan upaya mereduksi emisi karbon sebesar 1.967 ton CO2 setiap tahunnya, serta setara dengan upaya penanaman pohon sejumlah 29.509 pohon selama 10 tahun mendatang,” ungkap Dion. 

Roadmap untuk mengimplementasikan energi baru terbarukan telah dimulai Bluebird melalui adopsi armada taksi berbasis Electric Vehicle (EV) yang hingga saat ini jumlahnya telah mencapai lebih dari 100 unit dengan rencana penambahan minimum 200 armada pada tahun ini serta penggunaan armada berbasis Bahan Bakar Gas (BBG) yang jumlahnya telah mencapai 2.000 armada.

SUN Energy turut mengapresiasi langkah Bluebird dalam memulai infrastruktur energi bersih. Pihaknya berupaya mendukung penuh upaya Bluebird melalui teknologi berbasis Smart Solar System.

“Portofolio proyek PLTS di Bluebird ini menjadi proyek pertama SUN Energy bagi sektor transportasi. Dengan pengalaman dalam mendukung proyek PLTS berbasis Smart Solar System yang telah menyalurkan energi bersih lebih dari 280 Mega Watt di lebih dari 100 proyek di lebih dari 30 kota di Indonesia dan 3 negara, SUN Energy optimis dapat mendukung upaya Bluebird ke depannya dalam memanfaatkan energi baru terbarukan di lokasi lain sehingga dapat terwujud bisnis yang berkelanjutan,” tutup Dion.

Tags: , , ,


COMMENTS