January 17, 2023

ATW Solar Perkenalkan ATW Solar Apps dan Solar Access, Memudahkan Pelanggan Pesan dan Pasang Panel Surya

Penulis: Muhammad Rizki
ATW Solar Perkenalkan ATW Solar Apps dan Solar Access, Memudahkan Pelanggan Pesan dan Pasang Panel Surya  

Mobitekno – Sukses memasang 80MW panel surya di Indonesia sejak 2017, perusahaan solusi panel surya terlengkap di Indonesia, ATW Solar kali ini meluncurkan ATW Solar Apps dan Solar Access untuk mempermudah masyarakat Indonesia mengakses panel surya. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menyebarkan manfaat dari penggunaan energi terbarukan khususnya panel surya.

President Director ATW Group, Arus Sempaka mengungkapkan “Fokus perusahaan tahun ini, adalah pengembangan teknologi digital dalam produk sistem penggunaan panel surya sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh masyarakat di Indonesia,”

Belum meratanya penyebaran energi listrik di Indonesia membuat ATW Solar ingin turut andil dalam mensukseskan Rencana Strategis Kementerian ESDM, di mana hingga tahun 2024 diharapkan angka konsumsi listrik per kapita Indonesia dapat mencapai 1.408 kWh/kapita.

ATW SOLAR

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), per September 2022 angka konsumsi listrik sebesar 1.169 kWh/kapita. Namun, rata-rata konsumsi listrik di ASEAN sendiri sebesar 3.672 kWh per kapita di mana hal tersebut menunjukkan tingkat konsumsi listrik di Indonesia masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

“ATW Solar percaya panel surya dapat menjadi jawaban untuk tantangan penyebaran energi listrik tersebut ke daerah-daerah khususnya 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Hal ini turut menjadi tanggung jawab kami yang juga ingin menyebarkan manfaat dari penggunaan energi terbarukan khususnya panel surya dalam menghasilkan tenaga listrik. Sudah sepatutnya setiap orang berhak mendapatkan akses manfaat yang luar biasa dari penggunaan panel surya,” ungkapnya.

Director ATW Solar Residensial, Chairiman menjelaskan ATW Solar Apps adalah aplikasi untuk melakukan proses pembelian hingga pemasangan panel surya bagi konsumen baru. Di dalamnya terdapat fitur simulasi perhitungan kebutuhan untuk pemasangan panel surya. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp20 jutaan hingga Rp100 jutaan.

Saat ini, ATW Solar telah memiliki lebih dari 4.000 pelanggan skala residensial dan 60 pelanggan skala commercial & industrial. Untuk residensial, instalasi yang dilakukan ATW Solar juga telah mencapai jumlah 3000 unit rumah

“Melalui peluncuran aplikasi ini, kami berharap lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki akses untuk merasakan manfaat dari panel surya. Dengan adanya aplikasi ini, kami berharap permintaan dapat meningkat hingga tiga kali lipat. Selain itu, peluncuran aplikasi ini bisa menjadi jembatan menuju Indonesia yang lebih baik seperti mampu menjawab tantangan global yaitu perubahan iklim dan digitalisasi,” ungkap Iman sapaan karib Chairiman.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi, lanjutnya, sangat mencerminkan kemudahan di era digitalisasi saat ini. Salah satu fitur unggulan pada aplikasi ini adalah pin point lokasi simulasi pemasangan panel surya pada atap surya. Dengan fitur ini pengguna bisa melihat seberapa besar panel surya yang bisa dipasang dengan kondisi luas atap yang tersedia.

Dilengkapi tampilan 3D, fitur ini memiliki tingkat akurasi sebesar 90%. Sehingga gambaran awal ini dapat menjawab pertanyaan dari calon pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan panel surya.

”Kelebihan lainnya dari aplikasi ini, kami tentu akan lebih cepat dalam memberikan pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan dan efektif dibandingkan dengan sistem terdahulu,” ucapnya.

Head of Research & Development Division ATW Group, Roynaldo H. mengatakan selain ATW Solar Apps, aplikasi lainnya yang diluncurkan yakni Solar Access. Aplikasi ini adalah aplikasi monitoring dari sebuah sistem panel surya yang membuat penggunanya bisa memantau aktivitas panel surya milik mereka secara real-time, kapanpun dimanapun.

Pengguna bisa mengetahui berapa besar energi listrik yang dihasilkan dari panel surya, hingga berapa besar energi listrik yang telah digunakan.

“Semua tampilan yang ada pada kedua aplikasi tersebut tentu sangat user-friendly sehingga mudah dipelajari dan nyaman saat digunakan. Kami berharap dengan peluncuran dua aplikasi ini dapat membuat masyarakat lebih tertarik juga memahami penggunaan seputar panel surya. Tentu saja pelanggan akan mendapatkan manfaat nyata terkait penghematan biaya listrik yang signifikan,” kata Roynaldo

Tags: , , , ,


COMMENTS