December 26, 2023

Dukung Transformasi Digital, The Reviewers Award 2023 Kembali Beri Apresiasi Para Pelaku Industri TIK di Indonesia

Penulis: Redaksi Mobitekno
Dukung Transformasi Digital, The Reviewers Award 2023 Kembali Beri Apresiasi Para Pelaku Industri TIK di Indonesia  

Mobitekno – Pemerintah Indonesia telah menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan daya saing industri Information and Communication Technology (ICT) di tanah air. Keputusan ini muncul karena industri ICT memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas sektor lainnya, khususnya dalam rangka mempercepat transformasi digital. Saat sektor lain berjuang untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19, sektor teknologi informasi dan komunikasi malah mengalami perkembangan pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi informasi dan komunikasi.

Langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut dapat ditemui dalam Lima Program Prioritas di tahun 2023 yang dipercepat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Program-program tersebut mencakup percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, penyiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, dan percepatan integrasi Pusat Data Nasional. Selanjutnya, aspek regulasi, skema pendanaan transformasi digital, dan penyiapan sumber daya manusia sebagai talenta digital menjadi prioritas yang tak kalah penting.

Salah satu pendorong utama pertumbuhan industri ICT adalah popularitas smartphone di kalangan masyarakat Indonesia. Smartphone tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga menjadi kebutuhan esensial untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dan aktivitas harian. Menurut data dari IDC, pasar smartphone di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 8,8%, mencapai total penjualan sebanyak 8,9 juta unit selama kuartal III-2023. Tingginya penjualan smartphone ini juga dipengaruhi oleh peran internet yang terus berkembang, seperti yang diindikasikan oleh data dari Statista yang memperkirakan pertumbuhan smartphone di Indonesia akan terus meningkat hingga tahun 2028.

The Reviewers Award 2023

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna internet terus mengalami peningkatan. Penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19% pada tahun 2023, menembus 215.626.156 jiwa dari total populasi sebesar 275.773.901 jiwa. Perbandingan dengan survei periode sebelumnya menunjukkan peningkatan sebesar 1,17% dalam tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun tersebut.

Operator telekomunikasi menjadi komponen krusial dalam meningkatkan penetrasi internet melalui akses yang semakin cepat. Selain itu, mereka juga turut mendorong pertumbuhan sektor berbasis digital seperti e-sport dan Internet of Things (IoT), membuka potensi model bisnis seperti penawaran layanan FMC (Fixed Mobile Convergence), yang mencerminkan tren konsumen yang menginginkan layanan internet tanpa hambatan (seamless).

Tahun 2023 dianggap sebagai momentum penting bagi para pelaku industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk terus berjuang dan memberikan kontribusi maksimal dalam transformasi digital. Meskipun menghadapi pandemi, semangat untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat tidak luntur. The Reviewers menjadi saksi, penyokong, dan penyemangat bagi para pelaku industri TIK agar terus berkarya dan menghasilkan solusi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

The Reviewers kembali memberikan apresiasi terhadap kinerja para brand smartphone, operator, dan pelaku industri TIK di Indonesia melalui penganugerahan berbagai kategori penghargaan dalam acara The Reviewers Award 2023. Acara ini tidak hanya digelar secara rutin tetapi juga melibatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk terus mendorong dan membangun industri TIK dengan inovasi dan kualitas terbaik.

Hari Pitrajaya, Chairman The Reviewers, menyatakan, “The Reviewers Award 2023 konsisten digelar secara rutin. Melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk terus mendorong dan membangun industri lebih sehat dengan inovasi dan kualitas terbaik. Kita apresiasi semua pencapaian yang luar biasa dari berbagai pihak. Mudah-mudahan pertumbuhan industri TIK di Indonesia semakin meningkat signifikan di tahun mendatang.”

Penghargaan The Reviewers’ Award 2023 bukan hanya mencerminkan keunggulan dalam inovasi dan kontribusi di bidang TIK, tetapi juga menjadi simbol semangat pantang menyerah para pelaku industri dalam menghadapi berbagai tantangan. Melalui upaya bersama, kolaborasi yang terjalin, dan dedikasi yang tinggi, industri TIK di Indonesia terus melangkah maju menuju kemajuan yang lebih baik, memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan.

Ajang ini, yang digelar setiap tahun, kini telah memasuki tahun ketiga. Dan berikut ini merupakan jajaran para pemenang The Reviewers’ Award 2023 di berbagai kategori, mulai dari smartphone, operator telekomunikasi, laptop, AIOT (Artificial Intelligence of Things), hingga merek chipset terbaik.

Penghargaan The Reviewers Award 2023

The Best Camera Smartphone

  • Best Camera Smartphone in Flagship : Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Best Camera Smartphone in Mid Range :Infinix Zero 30
  • Best Camera Smartphone in Entry Level: Samsung Galaxy A14 5G

The Best Performance Smartphone 2023

  • Best Performance in Flagship: iPhone 15 Pro Max
  • Best Performance Smartphone in Mid Range: Samsung Galaxy A54 5G
  • Best Performance Smartphone in Entry Level:realme C55

The Best Design Smartphone 2023       

  • Best Design Smartphone in Flagship: Samsung Galaxy Z Flip5 5G
  • Best Design Smartphone in Mid Range: realme 11 Pro+ 5G
  • Best Design Smartphone in Entry Level: Samsung Galaxy A24

Brand of The Year: Vivo

The Best Telco Operator     

  • Best Affordable Package: Smartfren Paket Internet 100GB
  • Best Gaming Operator Experience: Tri Indonesia
  • Best Consumer Services 2023: Telkomsel One

The Best Laptop 2023               

  • Best Multimedia Laptop 2023: Asus Zenbook Duo 14
  • Best Gaming Laptop 2023: Acer Predator Triton 300 SE
  • Best Business & Productivity Laptop 2023: Asus Zenbook Pro 14 OLED
  • Best Design Laptop 2023: ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
  • Best Laptop for Student: ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)

The Best AIOT 2023        

  • Best Smart TV 2023: Samsung Neo QLED 4K
  • Best Smarthome Brand 2023: Bardi
  • Best Wearable Devices 2023: Samsung Galaxy Watch 6 Classic

Best Chipset Brand of the Year: Mediatek

Tags:


COMMENTS