September 25, 2023

UOB Infinity FSCM, Solusi Manajemen Rantai Pasok Keuangan Permudah Digitalisasi Ekosistem Keuangan Korporasi

Penulis: Rizki R
UOB Infinity FSCM, Solusi Manajemen Rantai Pasok Keuangan Permudah Digitalisasi Ekosistem Keuangan Korporasi  

Mobitekno – UOB Indonesia pada hari ini, Senin (24/9), mengumumkan peluncuran kemampuan manajemen rantai pasok keuangan (Financial Supply Chain Management/FSCM) baru dalam platform perbankan digitalnya, UOB Infinity. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan para pelanggan korporasi dalam proses digitalisasi ekosistem pembiayaan rantai pasokan mereka.

Melalui FSCM di UOB Infinity, klien korporasi dapat menikmati beragam solusi komprehensif yang mencakup segala aspek dalam rantai pasokan, mulai dari pengadaan hingga pembayaran, pemesanan, produksi, penjualan, dan koleksi, semuanya dalam satu platform tunggal.

Wholesale Banking Director UOB Indonesia Harapman Kasan, menyatakan bahwa dalam era ketidakpastian global, UOB Indonesia memahami bahwa bisnis di Indonesia perlu mempertahankan layanan berkualitas dengan biaya yang efisien. Kemampuan FSCM di UOB Infinity memungkinkan nasabah melakukan proses digitalisasi ekosistem rantai pasok mereka, memberikan insights real-time, dan meningkatkan efisiensi.

“Fitur FSCM ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi bisnis dengan memungkinkan transmisi dan verifikasi dokumen perdagangan yang aman secara digital. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan permintaan pembiayaan dalam platform yang sama,” ungkap Harapman.

UOB Infinity

Wholesale Banking Director UOB Indonesia Harapman Kasan saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran fitur Financial Supply Chain Management (FSCM) di UOB Infinity yang berlangsung di UOB Plaza, Jakarta, pada Senin (25/9).

Dengan kemampuan baru ini, UOB Infinity akan membantu korporasi dalam meninjau, merencanakan, dan mengelola modal kerja di seluruh siklus perdagangan, dari pembayaran hingga penagihan. Hal ini juga akan memfasilitasi koneksi digital dengan pemasok, pembeli, dan distributor di pasar-pasar utama di ASEAN dan Tiongkok Raya.

UOB Infinity FSCM Koneksikan Mitra Dagang dari Hulu ke Hilir

Indonesia menjadi negara keempat yang memiliki kemampuan FSCM di UOB Infinity setelah Singapura, Hong Kong, dan Malaysia. Rencananya, kemampuan ini akan diperluas ke pasar regional lainnya di ASEAN dan Tiongkok Raya.

So Lay Hua, Head of Group Transaction Banking, UOB, menjelaskan bahwa FSCM UOB Infinity memungkinkan koneksi digital dengan mitra dagang dari hulu ke hilir. Ini juga menyederhanakan pengelolaan dokumen perdagangan, memberikan akses modal kerja, dan mengelola risiko koleksi dalam satu platform.

“Dengan peluncuran progresif kemampuan ini secara regional, nasabah regional dapat memiliki pengawasan lebih besar terhadap interaksi dengan mitra bisnis serta kendali atas program FSCM,” ujar Lay Hua.

Berdasarkan Kajian UOB Business Outlook 20232 lebih dari 7 dari 10 bisnis di Indonesia menilai manajemen rantai pasok sebagai hal yang sangat penting. Rantai pasok Indonesia mencakup berbagai sektor, antara lain yang dianggap paling penting adalah barang konsumsi, manufaktur dan teknik, serta jasa bisnis.

UOB

Wholesale Banking Director UOB Indonesia Harapman Kasan (kedua kiri), Head of Transaction Banking UOB Indonesia Wong Kartyono (kedua kanan), Trade Product Head UOB Indonesia Nimas Mahati Danayanti (kanan) dan Senior Vice President, Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia Maya Rizano (kiri) saat peluncuran fitur Financial Supply Chain Management (FSCM) di UOB Infinity yang berlangsung di UOB Plaza,

Kajian ini lebih lanjut menyimpulkan bahwa peningkatan biaya pasokan dan kesulitan mendapatkan pasokan merupakan kekhawatiran utama di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, koneksi terhadap teknologi digital tanpa hambatan yang menghubungkan proses bisnis di dalam dan luar negeri antara perusahaan dan organisasi, merupakan dukungan utama yang dibutuhkan dunia usaha dalam mengelola rantai pasokan yang lebih baik.

Dengan adanya kemampuan FSCM di UOB Infinity, UOB Indonesia berkomitmen untuk membantu dunia usaha menghadapi kompleksitas dalam rantai pasokan mereka dan menjaga keefisienan operasional dalam ekosistem bisnis yang terus berkembang.

Tags: , , , , ,


COMMENTS