March 22, 2023

Investasi di Sektor Content Delivery Network, Smartfren Jamin Internet Makin Andal Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1444H

Penulis: Rizki R
Investasi di Sektor Content Delivery Network, Smartfren Jamin Internet Makin Andal Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1444H  

Mobitekno – Menjelang momen Ramadan, Idulfitri 1444H, dan mudik lebaran, Smartfren berinisiatif melakukan perluasan coverage dan implementasi sejumlah titik Content Delivery Network (CDN) yang memperkuat kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Adapun dari penambahan coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3%.

Sedangkan di setiap wilayah operasional Smartfren berhasil meningkatkan 10% di Jawa Barat; 3% di Sumatera Utara; 10% di Sumatera Selatan; 3% di Jabodetabek; 9% di Jawa Tengah; 4% di Jawa Timur; dan 7% di Sulawesi serta Kalimantan. Perluasan coverage ini dilakukan di tingkat kabupaten dengan penambahan sejumlah BTS.

Khusus untuk wilayah Bogor, Smartfren menargetkan 95% coverage dari total populasi pada 2023 ini. Perluasan tersebut antara lain dilakukan di sejumlah wilayah seperti Dramaga, Ciampea, Puncak-Ciawi, Megamendung, dan jalur menuju Sukabumi/Cianjur.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren menjelaskan bahwa inisiatif penguatan jaringan ini dilakukan 100% untuk Indonesia dengan mempertimbangkan perilaku serta kebutuhan digital masyarakat. Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren.

“Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal, terutama menjelang Ramadan, Idulfitri 1444H dan momen mudik lebaran,” ungkap Agus.

Smartfren

Menyinggung soal latency, yaitu tingkat respons jaringan yang sangat menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet, Smarfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache sehingga mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengirim serta menerima data.

“Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar,” lanjut Agus.

Optimasi dan perluasan coverage ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, di berbagai kota serta jalur mobilitas masyarakat yang berada di seluruh Indonesia. Dengan optimasi jaringan yang secara rutin dan terus-menerus dilakukan, pelanggan semakin dimanjakan dengan internet yang semakin lancar.

Selain itu, khusus untuk musim momen Idulfitri 1444H dan mudik lebaran, Smartfren juga menyiagakan tim khusus yang siaga 24 jam memantau serta menangani keluhan pelanggan, 337 unit BTS Mobile dan NOC yang terus memantau kondisi jaringan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS