March 21, 2023

Demi Efisiensi dan Keberlanjutan Bisnis, Amazon Pangkas Lagi 9 Ribu Karyawan. Total Jadi 27 Ribu Sejak November 2021

Penulis: Iwan RS
Demi Efisiensi dan Keberlanjutan Bisnis, Amazon Pangkas Lagi 9 Ribu Karyawan. Total Jadi 27 Ribu Sejak November 2021  

Mobitekno – Amazon telah mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) 9.000 karyawannya di seluruh dunia. Langkah ini menjadi pemangkasan besar kedua yang dilakukan retailer online tersebut tahun ini. Sejak bulan Januari 2023, Amazon telah melakukan PHK terhadap 18 ribu karyawan. Jika dihitung sejak November 2021 lalu, total karyawan yang di-PHK menjadi 27 ribu karyawan.

Pengurangan tenaga kerja difokuskan pada divisi cloud dan periklanan Amazon yang terbilang menguntungkan, serta unit layanan streaming Twitch. Dengan demikian, karyawan yang ada di tim periklanan, Twitch, dan Amazon Web Services (AWS) . Sejauh ini di tahun 2023, perusahaan teknologi, termasuk pemain raksasa seperti Meta, Google, dan Microsoft, telah memberhentikan hampir 140 ribu karyawan.

CEO Amazon, Andy Jassy melalui pernyataan resminya mengatakan bahwa pemangkasan ini merupakan keputusan yang sulit tetapi menjadi solusi terbaik bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir ini Amazon seperti juga banyak perusahaan teknologi lainnya telah menambah jumlah karyawan dalam rangka menangkap peluang bisnis baru dan memanfaatkan masa pandemi COVID-19 yang membatasi interaksi sosial warga secara langsung.

Amazon PHK 01

“Namun, mengingat ekonomi yang tidak menentu di mana kami berada, dan ketidakpastian yang ada dalam waktu dekat, kami telah memilih untuk lebih merampingkan biaya dan jumlah karyawan kami. Kepada mereka yang terkena dampak pengurangan ini, saya ingin berterima kasih atas pekerjaan yang telah Anda lakukan atas nama pelanggan dan perusahaan,” ujarnya.

Dari pernyataan bos Amazon tersebut bisa dikatakan bahwa perusahaan ingin memangkas biaya dan merampingkan operasinya. PHK juga terjadi karena Amazon saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari kompetitornya, seperti Walmart dan Target yang juga melakukan ekspansi di bisnis online.

Bisnis Amazon lainnya di layanan streaming game dan musik, Twitch, yang diakuisisi seharga US$ 1 miliar pada tahun 2014 juga terkena ‘getah’ efisiensi. PHK di Twitch terjadi selang beberapa hari Emmett Shear mengumumkan pengundurkan dirinya sebagai CEO Twitch setelah 16 tahun memimpin layanan tersebut.

Tags: , , , ,


COMMENTS