December 20, 2023

Varnion Gunakan Solusi PON Berbasis Nokia Altiplano untuk Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Jaringan Broadband

Penulis: Iwan RS
Varnion Gunakan Solusi PON Berbasis Nokia Altiplano untuk Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Jaringan Broadband  

Mobitekno – Nokia baru saja mengumumkan Varnion Technology Semesta (Varnion), penyedia layanan internet (ISP) yang berfokus pada industri hospitality, akan menggunakan solusi Nokia Altiplano Access Controller, platform fiber Lightspan MF dan Lightspan DF, untuk memodernisasi jaringan broadband miliknya.

Sebagai software platform untuk mengeloal fixed access networks, termasuk Passive Optical Networks (PON), Nokia Altiplano Access Controller menawarkan dua solusi fiber access-nya, yaitu Lightspan MF dan Lightspan DF.

Varnion Card
Varnion Technology Semesta (Varnion), sebuah ISP yang berfokus pada industri perhotelan, akan menggunakan solusi Nokia termasuk Altiplano Access Controller, Lightspan MF, dan platform fiber Lightspan DF, untuk memodernisasi jaringan broadbandnya.

Adapun Varnion akan melakukan upgrade infrastruktur jaringan area lokal (LAN) miliknya dari berbasis switch menjadi berbasis PON (Passive Optical Networks). PON merupakan teknologi jaringan akses berbasis serat optik untuk menyediakan koneksi broadband berkecepatan tinggi ke rumah dan bisnis.

Disebut sebagai ‘pasif’ karena PON menggunakan pemisah (splitters) tanpa daya (unpowered) untuk membagi sinyal optik ke beberapa titik akhir. Hal ini berbeda dengan jaringan ‘aktif’ yang memerlukan peralatan bertenaga listrik untuk meningkatkan dan mengelola sinyal.

Altiplano Access Controller: Inti dari solusi Software-Defined Access Network (SDAN) dari Nokia

Altiplano Access Controller juga dapat mendukung perangkat keras PON yang ada untuk meningkatkan pengoperasian dan manajemennya. Sebagai software suite yang dapat mengelola jaringan PON, Altiplano Access Controller dapat menghadirkan kecerdasan dan efisiensi ke jaringan PON dengan beberapa fungsi, seperti network visibility & control, SDN, interoperability, dan lainnya.

Nokia SDAN

Dalam menerapkan solusi PON, Altiplano Access Controller dapat menjadi tools yang berguna untuk mengelola dan mengoptimalkan jaringan, dengan dukungan perangkat keras tambahan lainnya, seperti OLT dan ONT dari Nokia atau vendor lainnya.

Transisi ke PON dapat bermanfaat bagi suatu jaringan yang membutuhkan bandwidth, skalabilitas, dan keandalan yang tinggi, khususnya dalam berbagai skenario upgrade infrastruktur yang sensitif terhadap biaya. Oleh karen itu, pertimbangan yang cermat terhadap investasi awal, kompleksitas teknis, dan potensi keterbatasan perlu diperhatikan dengan baik sebelum melakukan peralihan atau upgrade suatu infrastruktur jaringan.

Kemitraan selama tiga tahun

Transformasi ini akan memungkinkan Varnion memanfaatkan otomatisasi dan mengoptimalkan network insights, menawarkan peningkatan manajemen, fleksibilitas, skalabilitas, dan keandalan jaringan telekomunikasinya.

Sebagai bagian dari kemitraan selama tiga tahun, Nokia menyediakan solusi untuk mentransformasikan pengalaman broadband bagi pelanggan Varnion yang mencakup lebih dari 300 jaringan hotel, pusat pariwisata, pusat perbelanjaan, dan pusat hiburan. Solusi Nokia juga akan direncanakan untuk menyediakan kapasitas bagi 200.000 rumah di Jabodetabek, Jawa, dan Bali.

Nokia Altiplano Access Controller mengotomatisasi manajemen network life-cycle dan memungkinkan penyedia layanan mengelola seluruh jaringan akses dengan mudah agar memperoleh efisiensi operasional yang lebih besar.

Nokia Altiplano Access Controller 01
Altiplano menawarkan rangkaian lengkap fungsi manajemen jaringan serta kontrol SDN untuk menjalankan jaringan broadband. Fleksibilitas ini memungkinkan operator untuk menerapkan solusi manajemen dan kontrol yang mereka perlukan saat ini dan menawarkan jalur untuk memperluas platform seiring dengan meningkatnya kebutuhan baru.

 

Dibangun dengan chipset Nokia Quillion, platform fiber Lightspan MF dan DF dirancang khusus untuk jaringan next generation broadband sehingga meningkatkan kemampuan dan mengoptimalkan kinerja jaringan.

Alexander Budiman, CEO Varnion Technology Semesta mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk mengganti solusi lama dengan solusi Nokia untuk menjamin infrastruktur jaringan kami di masa depan dan meningkatkan pengalaman broadband terbaik bagi pelanggan kami.

“Platform Altiplano Nokia akan meningkatkan kepuasan pelanggan kami dengan memberikan pengalaman yang lebih andal dan lebih baik. Kami sangat menantikan kerja sama dengan Nokia dalam proyek penting ini,” ujarnya

Sang Xulei, Head of Network Infrastructure Reginal Business Center Nokia Asia Pasifik mengatakan bahwa solusi industri terdepan mereka membantu ISP, seperti Varnion, dalam memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik sekaligus mempersiapkan jaringan mereka di masa depan.

“Layanan fixed broadband berbasis fiber yang berkualitas sangat penting karena ketergantungan kita pada layanan berbasis broadband terus berkembang baik untuk tugas profesional maupun pribadi. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Varnion dalam inisiatif ini dan berharap dapat menjalin kemitraan jangka panjang dengan mereka,” tambahnya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS