August 17, 2023

Bawa Tiga Fitur Utama, Solusi CloudFabric 3.0 Diperkenalkan di Ajang Huawei Network Summit 2023

Penulis: Rizki R
Bawa Tiga Fitur Utama, Solusi CloudFabric 3.0 Diperkenalkan di Ajang Huawei Network Summit 2023  

Mobitekno – Dalam acara Huawei Network Summit (HNS) 2023, sesi berjudul “CloudFabric 3.0: High-Connectivity 400GE CloudFabric, Empowering the AI Era” telah menarik perhatian banyak tamu undangan. Lebih dari 200 pelanggan dan mitra dari berbagai negara seperti Hong Kong (Tiongkok), Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura berkumpul untuk membahas tren pertumbuhan dan inovasi teknologi jaringan pusat data (DCN) di masa depan.

Pada kesempatan ini, Huawei memperkenalkan Solusi CloudFabric 3.0 yang telah ditingkatkan. Solusi ini berfokus pada masa depan dan memberikan kemampuan untuk membangun jaringan pusat data (DCN) dengan konektivitas tinggi hingga 400GE, dilengkapi dengan fitur-fitur ultra-fast deployment, ultra-intelligent operations and maintenance (O&M), serta ultra-powerful performance, yang membawa momentum baru menuju era AI.

Arthur Wang, Presiden Data Center Network Domain di Huawei Data Communication Product Line, mengungkapkan bahwa dalam era transformasi digital yang semakin cepat, banyak perusahaan yang bergerak menuju era multi-cloud dan multi-vendor, serta membutuhkan daya komputasi AI yang lebih tinggi.

CloudFabric

“Dalam hal ini, jaringan yang memiliki kinerja lebih baik dan operasi dan pemeliharaan yang lebih cerdas menjadi hal yang sangat penting,” ungkap Wang.

CloudFabric 3.0 Bawa Tiga Fitur Utama

Menjawab kebutuhan tersebut, Huawei menghadirkan Solusi CloudFabric 3.0 yang telah ditingkatkan dengan fitur-fitur ultra-powerful performance, ultra-fast deployment, dan ultra-intelligent O&M. Solusi ini memungkinkan integrasi jaringan dan O&M di seluruh cloud dan vendor, serta sangat cocok untuk membangun jaringan pusat data 400GE yang skalanya sangat besar.

Jacko Lee, Wakil Presiden Data Center Network Domain di Huawei Data Communication Product Line, dan Victor Lapian, CTO Enterprise Network Solutions Asia Pasifik di Huawei, turut menjelaskan inovasi di balik tiga fitur utama CloudFabric 3.0, yaitu ultra-powerful performance, ultra-fast deployment, dan ultra-intelligent O&M.

Lee mengungkapkan bahwa setelah beberapa tahun melakukan penelitian dan percobaan, Huawei berhasil meningkatkan Ethernet tradisional menjadi Ethernet hyper-converged, sehingga mampu mendukung berbagai layanan jaringan pusat data, termasuk komputasi umum, penyimpanan, komputasi berperforma tinggi (HPC), dan layanan AI.

Ini memungkinkan jaringan pusat data untuk bertransformasi dari protokol FC, IB, dan Ethernet menjadi protokol Ethernet hyper-converged, yang memberikan 100% daya komputasi dan mempercepat implementasi di berbagai skenario.

CloudFabric

Sementara itu, Victor Lapian selaku CTO of Huawei Asia Pacific Enterprise Network SolutionsSolutions menjelaskan bahwa dengan banyaknya perusahaan yang bergerak menuju lingkungan multi-cloud dan multi-vendor, muncul berbagai tantangan seperti kurangnya konsistensi dalam model standar, biaya tinggi untuk orkestrasi lintas-vendor, dan kesulitan dalam operasi dan pemeliharaan.

“Dengan memanfaatkan kerangka pemrograman terbuka iMaster NCE, Solusi CloudFabric 3.0 Huawei menawarkan model terpadu, fleksibilitas driver yang tinggi, dan orkestrasi drag-and-drop. Ini memungkinkan operasi dan pemeliharaan jaringan secara otomatis dan menciptakan pengalaman yang lebih sederhana,” papar Lapian.

Peta digital jaringan Huawei menjadi yang pertama di industri. Peta ini dapat mendeteksi perubahan layanan secara dinamis, menampilkan hubungan dan pemetaan antara jaringan multi-cloud dan layanan pusat data dengan cara yang intuitif. Peta ini memiliki kemampuan visibilitas jaringan multi-cloud dalam satu peta, mendeteksi kesalahan dengan cepat, dan melakukan optimisasi jaringan dengan mudah.

Solusi Huawei CloudFabric 3.0 High-Connectivity 400GE DCN Solution telah diterima dengan baik oleh pelanggan di berbagai industri seperti keuangan, layanan publik, energi, dan pendidikan. Huawei akan terus bekerja sama dengan mitra industri untuk mengembangkan teknologi jaringan pusat data, menuju otomatisasi dan kecerdasan yang lebih tinggi, serta evolusi jaringan antargenerasi. Semua ini bertujuan untuk mempercepat transformasi digital perusahaan dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan industri.

Tags: , , , ,


COMMENTS