August 16, 2023

Review Sennheiser MKE 600, Mikrofon Profesional untuk Rekaman Audio Berkualitas Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Review Sennheiser MKE 600, Mikrofon Profesional untuk Rekaman Audio Berkualitas Tinggi  

Mobitekno – Saat ini, mikrofon adalah salah satu perangkat audio yang sangat penting bagi para konten kreator, terutama yang bergerak di bidang musik, podcast, video, atau live streaming. Mikrofon yang baik dan berkualitas dapat menangkap suara dengan jelas, akurat, dan minim distorsi. Mikrofon yang baik dan berkualitas juga dapat mengurangi gangguan suara latar, seperti angin, hujan, atau lalu lintas.

Salah satu merek mikrofon yang terkenal dengan kualitasnya adalah Sennheiser. Sennheiser MKE 600 adalah mikrofon jenis shotgun yang dirancang khusus untuk penggunaan kamera video. Mikrofon ini memiliki pola pickup supercardioid yang dapat mengisolasi suara dari arah depan dan menekan suara dari samping dan belakang. Mikrofon ini juga dilengkapi dengan filter low-cut yang dapat menghilangkan suara bising rendah, seperti AC atau mesin. Mikrofon ini sangat cocok untuk merekam suara di luar ruangan atau di tempat yang bising. Jika kamu mencari mikrofon yang dapat memberikan hasil rekaman suara yang profesional dan jernih, Sennheiser MKE 600 adalah pilihan yang tepat.

Kelengkapan Sennheiser MKE 600

Jika kamu membeli Sennheiser MKE 600, kamu akan mendapatkan paket yang berisi hal-hal berikut:

  • Mikrofon shotgun MKE 600 yang dapat menangkap suara dengan arah yang jelas dan mengurangi suara bising dari samping dan belakang1.
  • Shock mount MZS 600 yang dapat mengurangi suara getaran yang ditimbulkan oleh pergerakan kamera atau mikrofon1.
  • Foam windshield MZW 600 yang dapat melindungi mikrofon dari angin dan debu1.
  • Kabel adaptor KA 600 yang dapat menghubungkan mikrofon dengan kamera video atau perangkat audio lainnya yang memiliki input XLR-3 atau 3.5 mm TRS1.
  • Buku petunjuk penggunaan.
  • Pouch lembut untuk penyimpanan.
Sennheiser MKE 600
Kelengkapan Sennheiser MKE 600

Desain

Sennheiser MKE 600 adalah mikrofon yang memiliki desain yang elegan dan ergonomis. Dari sisi desain sendiri, tentunya produk ini memiliki berbagai keunggulan. Memiliki bentuk dan ukuran mikrofon seperti tabung panjang dengan diameter 20 mm dan panjang 256 mm. Bentuk ini disebut sebagai shotgun. Dengan bentuk yang memanjang ini, memungkinkan mikrofon untuk memiliki arah yang jelas dalam menerima sumber suara, sekaligus mampu menyaring suara yang tidak diinginkan dari sisi samping dan belakang. Ukuran mikrofon ini cukup ringan, hanya 128 gram (tanpa baterai), sehingga mudah dibawa dan dipasang pada kamera video atau tripod.

Sennheiser MKE 600
Lubang mikrofon yang dapat menangkap suara dengan menyaring gangguan dari samping dan belakang

Selain desain yang memanjang, mikrofon yang memiliki warna hitam ini juga memiliki bahan yang berkualitas. Bahan mikrofon ini terbuat dari logam yang kokoh. Dengan begitu, tentunya produk ini diharapkan memiliki durabilitas yang baik. Bahan logam juga membantu mengurangi suara getaran yang ditimbulkan oleh pergerakan kamera atau mikrofon.

Sekarang kita lihat di sisi-sisi mikrofon. Ada beberapa tombol fitur yang dapat dimanfaatkan untuk operasional mikrofon. Di bagian bawah, terdapat slot untuk memasukkan baterai AA. Baterai jenis ini digunakan sebagai sumber daya alternatif jika mikrofon tidak mendapatkan daya dari kamera. Selanjutnya perhatikan di sisi slot baterai tersebut. Anda akan melihat tombol power yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mikrofon. Terdapat juga indikator baterai. Di bagian samping, terdapat switch low cut filter yang dapat diaktifkan untuk menghilangkan suara bising.

Sennheiser MKE 600
Posisi penempatan baterai AA

Kini kita perhatikan bagian bawahnya. Di ujung mikrofon terdapat konektor XLR-3 yang dapat dihubungkan dengan kabel adaptor KA 600 untuk menghubungkan mikrofon dengan kamera video atau perangkat audio lainnya yang memiliki input XLR-3 atau jack 3.5 mm TRS. Sementarqa di bagian atasnya dilengkapi dengan pelindung suara berbentuk busa. Busa yang disebut foam windshield MZW 600 ini dapat melindungi mikrofon dari angin dan debu.

Sennheiser MKE 600
Tombol fungsi di Sennheiser MKE 600

Di dalam kemasannya juga dibekali dengan shock mount MZS 600 yang dapat mengurangi suara getaran. Ada juga kabel adaptor KA 600 yang dapat menghubungkan mikrofon dengan kamera video atau perangkat audio lainnya, buku petunjuk penggunaan, dan kantong penyimpanan.

Sennheiser MKE 600
Shock mount MZS 600 yang dapat menghubungkan mikrofon ke kamera

Performa Sennheiser MKE 600

Sennheiser MKE 600 adalah mikrofon yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal rekaman suara. Kualitas suara mikrofon yang dihasilkan memiliki kualitas begitu baik. Kami pasangkan produk ini dengan kamera mirrorless yang ada di redaksi. Produk ini dapat menangkap suara dengan jelas, akurat, dan minim distorsi. Suara yang direkam memiliki frekuensi respons yang luas, dari 40 Hz hingga 20 kHz. Suara yang direkam juga memiliki sensitivitas yang tinggi. Tanpa baterai, mikrofon memiliki tingkat sensitivitas sebesr 21 dBV/Pa. Sementara dengan baterai memiliki sensitivitas 19 dBV/Pa. Ini berarti mikrofon dapat merekam suara yang lemah atau jauh dengan baik.

Mikrofon ini juga memiliki pola penangkapan suara yang dapat mengisolasi suara dari arah depan dan menekan suara dari samping dan belakang. Pola ini sangat cocok untuk merekam suara di luar ruangan atau di tempat yang bising, karena dapat mengurangi gangguan suara latar, seperti angin, hujan, atau lalu lintas. Jadi, hal ini dapat memberikan efek stereo yang baik, karena dapat merekam suara dari kiri dan kanan dengan seimbang.

Selanjutnya, seperti yang sudah diinformasikan di atas, mikrofon ini memiliki daya tahan yang baik berkat material logam yang kokoh. Mikrofon ini juga tahan terhadap cuaca dan debu, karena dilengkapi dengan foam windshield MZW 600 yang dapat melindungi mikrofon dari angin dan debu. Mikrofon ini juga tahan terhadap getaran, karena dilengkapi dengan shock mount MZS 600 yang dapat mengurangi suara getaran yang ditimbulkan oleh pergerakan kamera atau mikrofon. Mikrofon ini juga memiliki sumber daya alternatif, yaitu baterai AA yang dapat digunakan jika kamera tidak menyediakan power.

Sennheiser MKE 600
Dilengkai winshield yang dapat menjaga kualitas suara sekaligus menyaring debu

Satu hal yang menjadi nilai plus pada produk ini adalah dukungannya yang baik untuk berbagai kamera yang ada saat ini. Dengan konektor XLR-3, tentunya koneksi menjadi lebih fleksibel. Tambahankabel adaptor KA 600 juga bisa menghubungkan mikrofon dengan kamera video atau perangkat audio lainnya yang memiliki input XLR-3 atau 3.5 mm TRS. Selain itu, mikrofon ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet dengan menggunakan kabel konektor KA 600i yang memiliki input 3.5 mm.

Sennheiser MKE 600
Konektor 3.5mm yang membuat mikrofon fleksibel untuk mendukung smartphone

Spesifikasi

Berikut adalah spesifikasi utama dari Sennheiser MKE 600:

 

Tipe Sennheiser MKE 600 Shotgun
Dimensi Panjang 256mm, diameter 20mm
Freq response 40 Hz to 20 kHz
Tingkat sensitivitas Tanpa baterai (21mV/Pa), dengan baterai (19 mV/Pa)
Max SPL Tanpa baterai (132 dB SPL), dengan baterai (16dB SPL)
Power supply 48V +/- 4V, baterai AA 1,5V/1,2V
Konektor XLR-3
Berat 128 gram

Kesimpulan

Sennheiser MKE 600 adalah mikrofon yang memiliki performa yang sangat baik dalam hal rekaman suara. Mikrofon ini dapat menangkap suara dengan jelas, akurat, dan minim distorsi. Mikrofon ini juga dapat mengisolasi suara dari arah depan dan menekan suara dari samping dan belakang, sehingga cocok untuk merekam suara di luar ruangan atau di tempat yang bising.

Sennheiser MKE 600
Sennheiser MKE 600

Mikrofon ini juga memiliki daya tahan yang kokoh dan tahan lama, serta kompatibilitas yang luas dan mudah dihubungkan dengan berbagai jenis kamera video atau perangkat audio lainnya. Sennheiser MKE 600 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari mikrofon berkualitas tinggi dan profesional, untuk memenuhi kebutuhan perekaman audio atau aktivitas vlog.

Tags: , ,


COMMENTS