July 15, 2023

Hyundai IONIQ 5 N Resmi Debut di Goodwood Festival of Speed, Daya Pacu Gahar!

Penulis: Rizki R
Hyundai IONIQ 5 N Resmi Debut di Goodwood Festival of Speed, Daya Pacu Gahar!  

Mobitekno – Hyundai resmi meluncurkan IONIQ 5 N, model elektrik high-performance Hyundai N, secara perdana di dunia di Goodwood Festival of Speed di West Sussex, Inggris. IONIQ 5 N menjadi sarana baru bagi para penggemar mobil high-performance untuk beralih ke era elektrifikasi sambil menikmati semangat berkendara di jalan dan lintasan balap.

IONIQ 5 N menegaskan posisi Hyundai N sebagai hasil pengembangan teknologi terdepan dari Hyundai Motor dan melahirkan inovasi yang dapat diterapkan di model EV Hyundai lainnya untuk meningkatkan daya saing Hyundai. IONIQ 5 pun menjadi dasar yang kuat untuk menciptakan model EV high-performance pertama Hyundai N, di mana model elektrik N lainnya akan segera menyusul.

Jaehoon Chang, President and CEO Hyundai Motor Company, mengatakan, “Hyundai N memelopori kepemimpinan Hyundai Motor Company di bidang teknologi. Perpaduan inovasi teknologi dan pengalaman motorsport pada Hyundai N mendobrak batasan performa berkendara. Hasilnya bisa kita lihat pada IONIQ 5 N, sebuah gebrakan mobil elektrik high-performance. Perkembangan IONIQ 5 N menjadi kunci untuk memperkuat daya saing seluruh model Hyundai ke depan. Inilah tujuan adanya Hyundai N.”

IONIQ 5 N memadukan platform Electric Global Module Platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport Hyundai N. Model ini juga memanfaatkan kepiawaian ‘Rolling Labs’ Hyundai N (RM20e, RN22e dan N Vision 74) untuk memaksimalkan kemampuan IONIQ 5 N sebagai mobil EV high-performance.

Hyundai IONIQ 5 N

Model ini memenuhi tiga pilar performa Hyundai N: ‘Corner Rascal’, ‘Racetrack Capability’, dan ‘Everyday Sportscar’.

Sementara itu, Till Wartenberg, Vice President and Head of N Brand and Motorsport Hyundai Motor Company, menyatakan bahwa IONIQ 5 N dikembangkan untuk membawa pengalaman berkendara baru yang lebih seru dengan teknologi terkini.

“Diawali IONIQ 5 N, Hyundai N akan terus menghadirkan pengalaman berkendara seru khas Hyundai N, baik di model bensin, elektrik, atau hidrogen. Untuk itu, kami terus mendengar aspirasi penggemar seri N untuk menyempurnakan model all-electric pertama Hyundai N dengan tujuan elektrifikasi semangat berkendara untuk para N-thusiasts.” ujarnya.

Spesifikasi Teknis IONIQ 5 N

AWD Dual-motor dengan handling bak mobil reli mendukung kemampuan Corner Rascal. Kemampuan Corner Rascal IONIQ 5 N dimulai dari peningkatan struktur body-in-white (BIW) dengan tambahan 42 welding point dan tambahan perekat hingga 2,1 meter. Motor penggerak dan baterai IONIQ 5 N diperkuat, sementara subframe depan dan belakang juga ditinggikan untuk mengokohkan sisi mobil.

Integrated drive axles (IDA) dipasang di bagian depan dan belakang mobil serta diperkuat untuk menahan torsi motor elektrik dan dengan roda aluminium 21 inci, mengurangi unsprung mass.

Untuk meningkatkan respons dan umpan balik kemudi, batang setir IONIQ 5 N diperkokoh. Selain itu, kendaraan ini menampilkan sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) khusus dengan rasio setir lebih tinggi dan umpan balik torsi yang ditingkatkan. Berbagai peningkatan tersebut menghasilkan pengalaman kemudi yang lebih nyata dan komunikatif untuk membangkitkan kepercayaan diri pengemudi.

Hyundai IONIQ 5 N

N Pedal dikembangkan sebagai solusi masalah bobot dan ukuran EV serta mencapai karakteristik respons handling juara yang terlihat di model i20 N WRC. Peranti lunak cerdas di IONIQ 5 N ini dirancang untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle.

Berbasis teknologi serupa di sistem regenerative braking i-Pedal, N Pedal memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga daripada efisiensi daya. Gaya deselerasi menciptakan transfer beban agresif untuk corner entry yang lebih tajam.

Untuk mempertahankan sudut drift, N Drift Optimizer menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input waktu nyata. Torque Kick Drift yang terintegrasi memampukan pengemudi menyimulasikan clutch kick action seperti kendaraan rear-wheel-driven ICE untuk skenario berkendara yang membutuhkan inisiasi drift yang lebih cepat.

Lalu, N Torque Distribution memastikan distribusi torsi depan dan belakang yang bisa disesuaikan hingga 11 tingkat. Electronic limited slip differential (E-LSD) di as roda belakang meningkatkan performa dan kendali cornering. Sensor roda tambahan serta peningkatan kapasitas peredaman dengan ukuran peredam yang lebih luas menambah performa suspensi yang dikendalikan secara elektronik.

Motor elektriknya berpacu hingga 21.000 RPM, menghasilkan 478 kW/650 PS dengan N Grin Boost. Ini dihasilkan dari inverter two-stage dengan peningkatan efisiensi daya untuk output daya yang lebih kuat dari baterai 84 kWh.

Berbagai fitur eksklusif lain ikut membantu performa balap IONIQ 5 N. N Grin Boost meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya dan N Launch Control menyediakan daya tarik tiga tingkat untuk starter tercepat sehingga pengemudi bisa memacu IONIQ 5 N layaknya mobil balap profesional. Track state-of-charge (SOC) secara otomatis menghitung konsumsi daya per lap.

Hyundai

IONIQ 5 N menetapkan standar manajemen termal baru di kondisi sirkuit balap yang sengit. Dibanding pesaingnya, IONIQ 5 N lebih tahan terhadap degradasi daya akibat panas–hilangnya daya maksimum akibat overheating.

Sistem manajemen termal mutakhir ditambah area pendinginan yang lebih luas memperbaiki motor oil cooler dan battery chiller IONIQ 5 N. Radiator independen pada baterai dan motor memaksimalkan ketahanan IONIQ 5 N terhadap penurunan performa sebelum maupun sesudah berpacu di lintasan balap yang intens.

Sebelum berkendara, pengemudi bisa menggunakan N Battery Pre-Conditioning untuk mengoptimalkan sel baterai demi temperatur yang paling efisien daya dengan memilih antara dua mode: ‘Drag’ untuk letupan daya penuh yang singkat atau ‘Track’ untuk mengoptimalkan temperatur baterai paling rendah untuk lebih banyak lap.

Fitur N Race meningkatkan daya tahan EV di sirkuit, sehingga memberikan pengemudi kendali langsung terhadap konsumsi energi IONIQ 5 N. N Race menerapkan pendekatan motorsport untuk memaksimalkan sumber daya demi mencatat waktu tercepat. Tak perlu tim mekanik atau berbagai perlengkapan, IONIQ 5 N menawarkan pengaturan ini hanya dari berbagai tombol saja.

Dengan N Race, pengemudi memiliki pilihan strategis dengan mode “Endurance” atau “Sprint”. Mode “Endurance” mengutamakan jangkauan jarak di lintasan dengan membatasi peak power untuk menghambat kenaikan suhu. Lalu, mode “Sprint” mengutamakan daya dan memberikan letupan daya penuh yang lebih singkat sehingga pengemudi bisa mengelola daya lebih akurat serta menciptakan performa ideal untuk mencapai target performa.

IONIQ 5 N juga mengandalkan rem yang di-tuning Hyundai N, sistem pengereman paling andal Hyundai. Sistem ini berupa cakram depan berdiameter 400 mm dengan monobloc caliper empat piston dan cakram belakang 360 mm. Rem ini diproduksi dengan material ringan dan aliran udara yang dioptimalkan untuk pendinginan yang efisien.

Selain itu, sistem regenerative braking yang efisien hadir di IONIQ 5 N untuk menambah performa pengereman. Sistem ini hadir sebagai sumber utama daya rem, sementara rem mekanis memberi daya rem tambahan saat dibutuhkan, menjamin ketahanan di lintasan.

Tags: , , ,


COMMENTS