March 14, 2023

Pameran Seni Digital Imersif ‘Van Gogh: The Immersive Experience’ Hadir di Resorts World Sentosa

Penulis: Rizki R
Pameran Seni Digital Imersif ‘Van Gogh: The Immersive Experience’ Hadir di Resorts World Sentosa  

Mobitekno – Van Gogh: The Immersive Experience, pengalaman seni digital 360 derajat yang imersif, tahun ini untuk pertama kalinya hadir di Asia Tenggara yaitu di B1 Forum, Resorts World Sentosa (RWS) Singapura. Pengalaman yang memukau dan instagramable ini diselenggarakan oleh H&B, bekerjasama dengan Exhibition Hub, Fever, dan juga RWS.

Van Gogh: The Immersive Experience pertama kali dimulai pada tahun 2016. Sejak itu pengalaman ini dinilai sebagai pengalaman imersif peringkat #1 oleh pembaca USA Today dan berhasil melakukan tur ke beberapa kota Eropa dan Amerika Serikat.

Keberhasilan tersebut tidak luput dari peran Hub and Fever, platform penemu hiburan terkemuka sekaligus produser hiburan dari pameran ini. H&B, perusahaan activation & engagement yang sebelumnya membawa Dale Chihuly: Glass in Bloom ke Singapura pada puncak COVID-19 telah berkolaborasi dengan Exhibition Hub, Fever dan kawasan resort premium Asia yang terletak di RWS Singapura, untuk menghadirkan Van Gogh: The Immersive Experience yang sangat dinantikan di negara Singapura.

“Salah satu impian H&B adalah membagikan keindahan sebuah seni dengan beragam bentuknya di Singapura, mulai dari patung dan lukisan hingga pengalaman seni digital yang menyeluruh (immersive experience),” ungkap Michael Lee, CEO, H&B.

“Kami sangat antusias bermitra dengan RWS, destinasi gaya hidup premium di Asia Tenggara untuk menyelenggarakan pameran unik Van Gogh: The Immersive Experience pertama kali di Singapura.” lanjut Lee.

Pengalaman seni digital 360 derajat ini dapat dinikmati di dalam rangkaian beberapa galeri individual dengan luas lebih dari 1.500-meter persegi. Pameran ini mengajak pengunjung untuk menikmati lebih dari 300 karya Vincent Van Gogh mulai dari sketsa, gambar hingga lukisan.

Karya Van Gogh itu ditampilkan melalui proyeksi layar digital dari lantai hingga langit-langit dan di seluruh dinding. Salah satu inti pameran ini adalah area pusat proyeksi yang luas di mana proyeksi digital menjadi unsur utama yang menciptakan ruangan yang memesona sehingga pengunjung dapat duduk di setiap sudutnya menyerap keajaiban karya dari salah satu seniman berpengaruh Belanda yang paling dicintai.

Scott Peterson, Vice President, Lifestyle, Resorts World Sentosa di Singapura, mengungkapkan, “Dengan mengutamakan pengunjung kami, kami memulai upaya penyempurnaan penawaran pariwisata guna meningkatkan daya tarik RWS sebagai destinasi pariwisata, memanfaatkan momentum bertumbuhnya permintaan yang terpendam selama pandemi,”

Hal ini dipersiapkan untuk menjawab kebutuhan pengunjung akan permintaan wisata yang telah terpendam pasca pandemi. Van Gogh: The Immersive Experience terbukti mampu memesona pengunjung secara global dengan teknologi mutakhir untuk menampilkan seni yang imersif.

“Oleh karena itu, kami sangat senang dapat menggelar pameran perdana yang menawan ini bersama mitra kami di kawasan Asia Tenggara. Dengan terpilih sebagai tuan rumah dari pameran ini, RWS menandai dedikasinya sebagai destinasi terpadu yang memiliki penawaran luar biasa untuk tamu dalam menikmati pengalaman gaya hidup yang tak tertandingi,” ungkap Peterson.

Khusus pameran di Singapura ini akan memperkenalkan dua segmen unik untuk pertama kalinya di dunia, Van Gogh: The Immersive Experience menghadirkan stempel dan cetakan balok kayu gaya seni tradisional Jepang. Seni kuno stempel kayu ala Jepang menjadi terkenal di Prancis pada tahun 1880 an, di mana Van Gogh melihat gaya seni oriental ini memiliki dampak bagi perkembangan seni di Barat. Gerakan Japonisme ini merupakan inspirasi Van Gogh dalam menciptakan mahakarya seperti ‘Geisha’.

Tags: , , ,


COMMENTS