April 13, 2023

Melalui ITDRI, Telkom Bersama ITB dan UNPAD Siap Kembangkan Talenta Digital Unggulan

Penulis: Iwan RS
Melalui ITDRI, Telkom Bersama ITB dan UNPAD Siap Kembangkan Talenta Digital Unggulan  

Mobitekno – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mendorong index inovasi Indonesia dengan menyiapkan talenta digital (digital talent) unggulan yang fasih memanfaatkan teknologi digital.

Kolaborasi berkonsep PentaHelix (Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media) dapat mempercepat pengembangan talenta digital secara masif dan efektif melalui berbagai program. Salah satunya melalui sharing session untuk memperkaya insight dalam lingkup Learning, Research, and Innovation bersama ITB dan Unpad di kampus ITDRI beberapa waktu lalu.

Deputy SGM Telkom CorpU sekaligus Deputy Chairman of ITDRI, Arif Rudiana menyampaikan bahwa saat ini ITDRI berfokus pada people development melalui proses Learning, Research, dan Innovation agar dapat mendorong perkembangan organisasinya.

Menurutnya, fokus ITDRI kepada tiga hal, yaitu IoT, Blockchain, dan AI selaras dengan kebutuhan industri. People development melalui proses Learning, Research,dan Innovation pada tiga hal didasarkan pada kebutuhan perusahaan dan industri saat ini.

Telkom ITDRI dan ITB Unpad 02

“Kolaborasi bersama ITB dan Unpad dapat memperkuat kapabilitas talenta Indonesia lebih luas lagi, khususnya pada sektor pendidikan,” tambah Arif.

Pada kunjungannya ke ITDRI, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Sugeng Joko Sarwono menjelaskan bahwa kolaborasi ini diharapkan akan mampu membangun kapabilitas bangsa Indonesia agar semakin kuat, dengan begitu harus dilakukan secara tepat sasaran.

“Terima kasih sudah diberi kesempatan berkunjung ke ITDRI. Innovation Center dan Living Lab yang dikembangkan sangat menarik, serta memberikan gambaran utuh tentang kiprah yang dilakukan ITDRI. Semoga ITDRI semakin sukses dan semakin memberi impak kepada masyarakat luas. Mudah-mudahan ada banyak hal yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan LPIK ITB,” jelas Sugeng.

Hal senada juga diungkap Guru Besar FEB UNPAD, Prof. Popy Rufaidah yang menyatakan bahwa kegiatan kunjungan ke Telkom dapat membentuk persepsi positif mahasiswa atas praktik terbaik perusahaan, khususnya dalam penerapan manajemen strategis. Mahasiswa juga dapat mempelajari beragam perkembangan inovasi di ITDRI.

“Kami ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNPAD telah menjadi bagian perusahaan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini selaras dengan program MBKM yang mensupport mahasiswa untuk belajar diluar kelas secara langsung dari praktisi,” papar Popy.

Selain melalui sharing session dan diskusi, tim ITDRI mengajak tim ITB dan Unpad untuk langsung melihat dan merasakan solusi digital yang telah rampung di Innovation Center. ITDRI, ITB, dan Unpad sama-sama berdiri untuk mengembangkan talenta unggulan Indonesia. Ke depannya, dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat membangun kapabilitas bangsa yang lebih kuat lagi dalam menghadapi transformasi digital.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS