October 12, 2023

Azul Rilis Azul Platform Prime, Solusi Efisien Minimalisir Biaya Cloud

Penulis: Rizki R
Azul Rilis Azul Platform Prime, Solusi Efisien Minimalisir Biaya Cloud  

Mobitekno – Azul, perusahaan yang sepenuhnya fokus pada platform Java, telah mengambil langkah penting untuk mendukung pelaku industri di Indonesia dalam upayanya meminimalisir biaya penggunaan cloud melalui Java Virtual Machine (JVM). JVM yang dimiliki Azul dikenal sebagai yang tercepat dan paling efisien secara global. Dirilisnya Azul Platform Prime di Indonesia, perusahaan memastikan bahwa bisnis-bisnis di sektor ekonomi terbesar di Asia Tenggara dapat terus mengembangkan infrastruktur cloud mereka tanpa risiko biaya berlebih dan penurunan kinerja.

Azul Platform Prime adalah Java Runtime yang mendukung optimalisasi global, dengan kinerja Java yang lebih cepat, memungkinkan transaksi yang lebih efisien menggunakan perangkat keras yang sama. Dengan fitur optimalisasi yang menghasilkan waktu respon yang konsisten dan mengurangi latensi, pengguna layanan Azul akan merasakan manfaat ini, yang dapat meningkatkan keyakinan mereka untuk memperluas penggunaan cloud dan mengurangi jumlah instansi yang diperlukan dalam komputasi cloud.

Dalam rata-rata, Azul Platform Prime memiliki potensi untuk menghemat biaya cloud hingga 50% bagi pengguna Azul.

Azul Platform Prime

Hasil survei International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa sebagian besar responden dari Indonesia, yakni sebanyak 81%, berencana untuk meningkatkan pemanfaatan cloud, terlepas dari ketidakpastian kondisi ekonomi saat ini.

Cloud computing membawa manfaat seperti kapasitas, elastisitas, otomatisasi, dan ketersediaan sesuai permintaan, yang memungkinkan bisnis beradaptasi dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang dinamis. Namun, peningkatan biaya penggunaan cloud merupakan tantangan serius bagi banyak bisnis.

Sebagai contoh, studi yang dilakukan oleh firma riset Gartner pada tahun 2021 menemukan bahwa organisasi yang kurang memiliki strategi pengoptimalan biaya cloud mengeluarkan biaya hingga 70% lebih tinggi tanpa mendapatkan manfaat yang diharapkan.

Azul Platform Prime Maksimalkan Efisiensi Bagi Bisnis

prime bg

Wendy O’Keeffe, Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Pelaksana NEXTGEN, Asia, mengungkapkan kegembiraannya atas hasil investasi yang telah dicapai bersama Azul. Azul dianggap sebagai peluang besar di pasar DevSecOps untuk layanan unggulan NEXTGEN, tenaga profesional yang didedikasikan, dan kemampuan dalam memanfaatkan peluang dengan cepat.

Azul telah memiliki pengalaman selama dua dekade dalam menyediakan infrastruktur dan dukungan Java yang unggul kepada pelanggan. Solusi Azul mencakup dukungan Java untuk sektor komersial, keamanan Java tingkat tinggi, dan pemeliharaan kode Java yang efisien.

Dukungan Java Azul memberikan cara penghematan hingga 70% dibandingkan dengan Oracle Java SE, disertai dengan pembaruan keamanan berkala, serta tim teknik Java terbesar di luar Oracle. Keberadaan Azul Vulnerability Detection (AVD) membantu mengatasi risiko serangan yang berkaitan dengan kerentanan Java, seperti kerentanan Log4j, tanpa mengorbankan performa aplikasi.

Azul Code Inventory, yang baru diluncurkan, memberikan katalog kode Java yang tidak aktif kepada pengembang dan tim DevOps, memudahkan identifikasi kode yang dapat dihapus. Code Inventory berkontribusi pada efisiensi pengembangan dan pengujian, mengurangi biaya pemeliharaan.

“Komitmen kami di Azul adalah memberdayakan bisnis untuk memaksimalkan investasi mereka dalam cloud dan Java,” kata Scott Sellers, Co-Founder dan CEO Azul.

“Dengan memperkenalkan Azul Platform Prime di Indonesia, kami tidak hanya menyediakan solusi, tetapi juga membuka jalan bagi bisnis untuk mencapai efisiensi dan penghematan biaya dalam perjalanan mereka menuju cloud,” ujar Scott.

Azul terus memperluas jejaknya di Asia Pasifik dengan kunjungan CEO Azul, Scott Sellers, ke pelanggan dan mitra. Dengan pemahaman mendalam tentang tantangan biaya penggunaan Java dan cloud, Azul siap untuk menghadirkan solusi Java unggulan di pasar Indonesia yang berkembang pesat. Dengan investasi yang terus berkembang dan perluasan program mitra saluran, Azul berupaya menjadikan efisiensi cloud yang dapat dijangkau dan berkelanjutan.

Foto 1 Ki Ka Co Founder dan CEO AzulScott Sellers dan Vice President APAC Azul Dean Vaughan scaled

(Ki-Ka) Co-Founder dan CEO Azul, Scott Sellers dan Vice President APAC Azul, Dean Vaughan memperkenalkan Azul Platform Prime ke Indonesia 

Deklarasi Dean Vaughan, Vice President APAC, Azul, mencerminkan antusiasme atas potensi pasar di Indonesia. Meningkatnya permintaan untuk solusi Azul mencerminkan kesadaran organisasi akan tantangan biaya penggunaan Java dan cloud yang tidak terkendali. Azul Platform Prime siap untuk menghadirkan solusi yang unggul di pasar Indonesia dan mendorong efisiensi cloud yang berkelanjutan bagi pelanggan besar dan kecil. Dengan demikian, Azul memberikan kontribusi penting dalam transformasi digital bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tags: , , , ,


COMMENTS