April 11, 2023

Seperti Xiaomi, Oppo Juga Sedang Mengembangkan Teknologi Pengisian Daya Cepat SuperVOOC 300W

Penulis: Iwan RS
Seperti Xiaomi, Oppo Juga Sedang Mengembangkan Teknologi Pengisian Daya Cepat SuperVOOC 300W  

Mobitekno – Perlombaan menjadi yang tercepat di bukan hanya terjadi pada chipset atau prosesor ponsel. Produsen juga mulai berlomba mendongkrak kecepatan charging (pengisian daya) baterai untuk kenyamanan pengguna ponsel dalam aktivitas harian.

Produsen Oppo dikenal inovatif untuk urusan yang satu ini. Rumor yang beredar baru-baru ini diketahui produsen asal Tiongkok tersebut sedang menggarap teknologi charging SuperVOOC berdaya 300W. Apabila benar, berarti Oppo akan bersaing dengan Redmi (Xiaomi) yang sebelumnya mendemokan konsep pengisian daya 300W (Immortal Second Charger) untuk ponselnya.

Xiaomi 300W fast charging

Bakal hadirnya SuperVOOC 300W diinformasikan leakster tepercaya Digital Chat Station melalui platform Weibo. Ia mengklaim bahwa Oppo sedang mengembangkan teknologi charging SuperVOOC 300W yang akan dipasangkan dengan baterai 4.600mAh. Disebutkan, teknologi ini pun akan hadir ke perangkat konsumen tahun ini.

Adapun Immortal Second Charger 300W diklaim Redmi dapat mengisi penuh baterai ponsel hanya dalam lima menit. Redmi mendemokan bagaimana Redmi Note 12 Discovery yang dimodifikasi dengan baterai 4.100 mAh hanya membutuhkan waktu dua menit dan 11 detik untuk mencapai 50% dan hingga 100% hanya dalam waktu kurang dari lima menit.

Redmi Note 12 Discovery versi reguler sebenarnya sudah dilengkapi dengan pengisian daya 210W yang sangat cepat (mengisi baterai penuh sekitar 10 menit).

Saat ini, beberapa produsen juga mengklaim memilki rekor pengisian daya tercepat ponsel, seperti Realme GT3 dengan charging berdaya 240W. Ada pula produsen Infinix yang bakal mengung teknologi charging tercepat dengan daya 260W untuk ponsel Infinix GT 10 Pro di kuartal ketiga 2023.

OPPO SuperVOOC 01

Bagaimana dengan perkembangan teknologi pengisian cepat SuperVOOC (Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging) dari Oppo saat ini? Oppo belum lama ini sudah mengumumkan teknologi fast charging SuperVOOC 150W di ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 lalu di Barcelona, Spanyol.

Dengan teknologi SuperVOOC 150W ini , ponsel Oppo dapat terisi penuh 100 persen (dari nol) dalam waktu 15 menit. Teknologi SuperVOOC tersebut sudah mengadopsi material Galliun Nitride (GaN) yang dapat mempersingkat waktu pengisan daya. Berdasarkan informasi terakhir, sub-brand Oppo, yakni OnePlus akan menjadi ponsel pertama yang mengadopsi SuperVOOC 300W di kuartal kedua ini.

Sejauh ini Oppo belum mengkonfirmasikan seddang menggarap teknologi charging 300W ini. Begitu pula teknologi charging 300W dari Redmi, belum diumumkan kapan akan tersedia untuk salah satu ponsel mereka. Adapun Realme GT 3 juga masih belum diketahui jadwal kehadirannya di Indonesia. Yang pasti, tahun ini waktu Anda akan lebih singkat saat menunggu pengisian baterai ponsel.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS