May 10, 2023

Akamai Merilis Kemampuan Komputasi Cloud Baru untuk Video Streaming di 2023 NAB Show

Penulis: Udi
Akamai Merilis Kemampuan Komputasi Cloud Baru untuk Video Streaming di 2023 NAB Show  

Mobitekno – Akamai Technologies (NASDAQ: AKAM), hari ini memperkenalkan kemampuan komputasi cloud baru untuk video streaming di 2023 NAB Show. Sehingga operator OTT dapat menyediakan pengalaman video yang lebih baik dan personal bagi para penontonnya.

Kemampuan ini juga dapat membantu operator menurunkan serta memprediksi biaya operasional dengan lebih akurat sekaligus meningkatkan upaya untuk memonetisasi konten. Selain mengumumkan penyempurnaan dukungan untuk spesifikasi Common Media Client Data (CMCD), Akamai juga menyoroti anggota terbaru dari program Mitra Komputasi Terkualifikasi.

Daya dan skala cloud

Layanan komputasi cloud Akamai sangat cocok untuk menangani layanan OTT di zaman modern dalam mengoperasikan berbagai jenis aplikasi yang rumit dan beban kerja yang menuntut.

Berbasis Akamai Connected Cloud, yaitu platform edge dan cloud terdistribusi yang besar untuk komputasi cloud serta pengiriman dan pengamanan konten, pengembang dapat menggunakan beragam layanan komputasi cloud Akamai guna membuat, menjalankan, serta mengamankan aplikasi maupun beban kerja yang paling sesuai dengan lokasi dan cara penonton terhubung.

Bagi penonton, manfaatnya mencakup: latensi rendah dan pengalaman berkinerja tinggi. Sedangkan bagi operator OTT, manfaatnya adalah: skalabilitas global dengan biaya yang lebih ekonomis dan harga yang lebih mudah diprediksi.

Jon Alexander, Vice President, Product Management, Akamai menyatakan, baik untuk membuat aplikasi atau membayar tagihan dari penyedia cloud, layanan komputasi cloud Akamai yang unik mampu menangani gamut perkembangan, kontrol biaya, dan pengalaman penonton.

“Kami menyediakan serangkaian fungsi komputasi cloud baru yang andal bagi para operator OTT, menyesuaikan skalanya di seluruh platform global, sekaligus mendukungnya dengan beragam layanan pengiriman dan pengamanan konten Akamai,” ujar jon Alexander.

Akamai juga menambahkan beragam kasus penggunaan baru ke dalam kemampuan komputasi tanpa server, EdgeWorkers, untuk mengatasi berbagai kebutuhan seputar personalisasi konten, pengelolaan hak, dan keamanan video streaming. Kasus penggunaan tersebut mendukung protokol streaming DASH dan HLS:

  • Manipulasi Manifestasi dan Playlist: Dengan EdgeWorkers, operator dapat mengurangi persyaratan penyimpanan, menghemat biaya, sekaligus meningkatkan pengalaman menonton pengguna akhir melalui personalisasi elemen file manifestasi, seperti pemesanan bitrate, pemfilteran resolusi, dan subtitel di edge, secara dinamis agar makin mudah dijangkau penonton.
  • Penggantian Program: Luncurkan penggabungan konten prapengiriman yang lebih cepat dan fleksibel, baik dari video langsung maupun sesuai permintaan. Operator dapat menyisipkan konten sebelum, di tengah, dan setelah klip di dalam stream video berdasarkan berbagai kriteria, misalnya geolokasi dan waktu, untuk memenuhi persyaratan tertentu, seperti pembatasan hak atau peringkat setempat.
  • Watermarking: Tingkatkan pelacakan serta penindakan pembajakan, baik pada video langsung maupun sesuai permintaan, dengan watermarking konten A/B yang mematuhi dukungan spesifikasi DASH Industry Forum (DASH-IF) untuk segala teknik watermarking, enkode, dan CDN.

Akamai Kantor Pusat

Kinerja lebih sempurna, wawasan lebih luas

Agar operator OTT dapat meningkatkan pengalaman menonton dan visibilitas kinerja video, Akamai sedang menyempurnakan dukungan untuk spesifikasi CMCD. Dengan spesifikasi yang dibuat oleh Consumer Technology Association (CTA), pemutar media berbasis perangkat dapat mengirimkan informasi pemutaran ke Akamai dan CDN lainnya.

Akamai menggunakan CMCD untuk mengambil konten terlebih dahulu agar video dapat dimulai lebih cepat dengan buffer yang lebih sedikit.

Dukungan CMCD juga bermanfaat bagi operator OTT karena dapat memberikan metrik pengalaman kualitas penonton yang lebih konsisten dan andal. CDN menerima data dari sisi klien dan mampu mengatasi daya pemrosesan latensi rendah volume tinggi guna menghasilkan log yang dapat diberikan ke alat analitik pihak ketiga untuk pelaporan dan analisis.

Solusi alur kerja mitra

Akamai juga menyoroti beberapa anggota baru dari program Mitra Komputasi Terkualifikasi yang menyediakan layanan berbasis solusi untuk alur kerja media. Layanan tersebut bersifat intraoperasi dengan Akamai Connected Cloud dan tersedia melalui mitra yang telah lolos proses kualifikasi panjang.

  • Ateme: Ateme menyediakan solusi pengompresan serta pengiriman video agar penyedia konten tingkat satu, penyedia layanan, dan platform streaming dapat mendongkrak jumlah penayangan sekaligus keterlibatan penonton.
  • Capella Systems: Capella Systems menyediakan transkode VOD berbasis perangkat lunak, enkode langsung, dan solusi pengemasan yang dapat diinstal di lokasi, di cloud, atau sebagai solusi hibrida.
  • HarperDB: Platform aplikasi terdistribusi HarperDB menyederhanakan pengembangan dan pengelolaan data berskala besar, mengurangi kerumitan dan latensi, sekaligus meningkatkan ekonomi komputasi modern.
  • Hydrolix: Hydrolix memberdayakan kemampuan pengamatan pelanggan Akamai dengan dasbor bawaan yang memungkinkan pengelolaan data real-time dalam skala apa pun, kinerja kueri secepat kilat, serta retensi data super luas dengan biaya yang jauh lebih ekonomis dari layanan dan platform lainnya.
  • LiveKit: LiveKit adalah stack pengembang komunikasi video dan audio real-time sumber terbuka yang memudahkan pembuatan aplikasi untuk streaming langsung interaktif, konferensi, kolaborasi, atau robotik—dengan dukungan keandalan dan skalabilitas dari Akamai Connected Cloud.
  • LiveSwitch: LiveSwitch menyediakan infrastruktur video penting yang memberdayakan pengalaman komunikasi serta hiburan paling interaktif di web.
  • Macrometa: Macrometa Global Data Network menyediakan berbagai layanan real-time dinamis, seperti pencarian konten berbasis tujuan, rekomendasi khusus, dan pemetaan cohort yang berdampak untuk Direct Ad Insertions (DAI) serta Server Side Ad Inclusion (SSAI).
  • Scalstrm: Platform media Scalstrm menawarkan kemampuan untuk memilih dan mencocokkan beragam fitur, seperti perekaman langsung secara terus menerus, penyisipan/penggantian iklan secara real-time, serta pengemasan ulang dan adaptasi konten ke dalam berbagai stream atau jenis perangkat.
  • Unified Streaming: Unified Streaming, penyedia solusi atas berbagai tantangan streaming yang rumit, berkolaborasi dengan Akamai untuk mempercepat penerapan saluran virtual, termasuk salah satunya adalah saluran FAST.
Tags: , , ,


COMMENTS