March 10, 2023

Beda dari AS dan Belanda, Pemerintah Jepang Mungkin Lebih Lunak Batasi Ekspor Semikonduktor ke China karena Pertimbangan Ekonomi

Penulis: Iwan RS
Beda dari AS dan Belanda, Pemerintah Jepang Mungkin Lebih Lunak Batasi Ekspor Semikonduktor ke China karena Pertimbangan Ekonomi  

Mobitekno – Dalam beberapa tahun ini ada beberapa negara yang membuat keputusan untuk membatasi bahkan melarang ekspor beberapa peralatan atau komponen untuk pembuat chip semikonduktor ke China. Diataranya adalah Amerika Serikat (AS), Belanda, Korea Selatan, dan Jepang.

Amerika Serikat (AS) bahkan mendesak beberapa negara sekutunya untuk juga membatasi ekspor semikonduktor tersebut ke China. Dengan berbagai alasan, AS tampaknya ingin menekan laju pertumbuhan inovasi teknologi China dengan kebijakan kontrol ekspor chip tersebut.

Presiden AS, Joe Biden juga dikabarkan sedang mempersiapkan regulasi baru yang melarang ekspor perangkat pembuat chip canggih ke China untuk ‘melumpuhkan’ kemampuan pemerintah di Beijing dalam memperluas industri chip dan meningkatkan kemampuan militernya.

Belanda melalui perusahaan ASML Holding HV juga telah membatasi pengiriman mesin litografi ultraviolet yang digunakan dalam pembuatan chip ke China. Sedangkang Jepang melalui perusahaan Nikon Corp Jepang juga juga dilarang oleh pemerintahnya memasok teknologi chip untuk digunakan oleh perusahaan semidonduktor di China.

Meski sudah melakukan beberapa pembatasan ekspor, pemerintah Jepang belum mau buru-buru membuat keputusan seperti Belanda dengan berbagai pertimbangan. Seperti diketahui, ada beberapa peruahaan besar Jepang, seperti Nikon dan Canon yang menguasi teknologi utnuk memproduksi mesin litografi DUV.

semikonduktor 02

Dalam industri semikonduktor, DUV (Deep Ultraviolet) merupakan teknologi fotolitografi yang menggunakan sinar ultraviolet dengan panjang gelombang sangat pendek (100-300 nm) untuk memproses wafer silikon yang menjadi dasar pembuatan sirkuit terintegrasi pada chip komputer dan perangkat elektronik lainnya. DUV biasanya digunakan dalam proses pembuatan chip dengan ukuran yang sangat kecil dengan presisi tinggi.

“Kami akan mempertimbangkan langkah-langkah yang tepat terkait perkembangan di Belanda. Pemahaman kami adalah bahwa pengumuman Belanda tidak menargetkan negara tertentu,” ujar Menteri Perdagangan Jepang Yasutoshi Nishimura, dilansir dari Bloomberg (10/3/2023).

Produsen teknologi semikonduktor seperti Belanda, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) yang notabene punya relasi kuat dengan AS dianggap perlu merespons kekhawatiran AS tehadap China tersebut. Namun, di sisi lain, negara-negara tersebut juga memiliki ketergantungan secara ekonomi kepada China yang dapat mengambil keputusan balik yang tidak menguntungkan bagi mereka sebagai respons atas pembatasan tersebut.

China mengatakan upaya AS kontraproduktif. Untuk mengatasi tekanan dari AS dan sekutunya, Presiden China Xi Jinping Beijing mendorong jajarannya untuk mengejar kemandirian teknologi, khususnya di bidang strategis seperti semikonduktor dan kecerdasan buatan.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS