August 9, 2023

Besok Dibuka, GIIAS 2023 Siap Buka Jendela Masa Depan Otomotif Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Besok Dibuka, GIIAS 2023 Siap Buka Jendela Masa Depan Otomotif Indonesia  

Mobitekno – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan segera memeriahkan panggung otomotif nasional pada Kamis, 10 Agustus 2023. Dengan mengusung tema “Future Now,” pameran yang akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD-City, Kabupaten Tangerang, ini menjadi wujud representatif dari potensi masa depan industri otomotif Indonesia. Tahun ini, GIIAS kembali menyoroti keunggulan, daya tahan, dan fitur terkini dari kendaraan listrik, mengajak masyarakat untuk mendukung dan merangkul kendaraan yang ramah lingkungan.

Dalam acara pembukaan yang direncanakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, akan secara resmi membuka GIIAS 2023, didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Rangkaian seremonial pembukaan ini akan dimulai pada Kamis, 10 Agustus 2023, pukul 09.00 WIB.

GIIAS yang menginjak edisi ke-30 ini akan menyajikan beragam hal menarik. Salah satunya adalah kehadiran puluhan kendaraan elektrifikasi yang saat ini menjadi fokus utama pemerintah Indonesia. Melalui GIIAS, industri otomotif Indonesia dan para pecinta otomotif di Tanah Air akan tetap mendapatkan pandangan terkini mengenai teknologi otomotif. “GIIAS selalu menjadi platform untuk memperkenalkan perkembangan industri otomotif, termasuk inovasi teknologi terkini seperti kendaraan listrik. Tahun ini, puluhan inovasi dan teknologi terbaru dari berbagai kendaraan, termasuk yang berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere, akan diluncurkan dalam GIIAS 2023,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

GIIAS 2023 akan terus menjadi wadah untuk memberikan informasi, edukasi, dan pengalaman tentang teknologi otomotif terkini, terutama mengenai kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. “Pada tahun-tahun sebelumnya, program EV Test Track GIIAS digelar di dalam ruangan untuk memperlihatkan keunggulan kendaraan listrik berbasis baterai yang bebas polusi udara dan suara. Tahun ini, kami membawanya ke luar ruangan dengan tujuan menyoroti daya tahan kendaraan listrik yang setara dengan kendaraan konvensional. Pengunjung juga dapat langsung mengemudikan kendaraan ini dan merasakan daya tahannya melalui berbagai rintangan khusus yang disediakan,” ungkap Rizwan. Area khusus juga telah disiapkan untuk mendemonstrasikan fitur-fitur canggih kendaraan listrik, mulai dari fitur auto break assist hingga auto parking yang dapat diuji langsung oleh pengunjung.

GIIAS 2023

Beragam Merek Kendaraan Hadir dalam GIIAS 2023

Pada tahun ini, GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan, termasuk 29 merek kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. Lima merek kendaraan komersial juga turut berpartisipasi seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Tidak ketinggalan, 15 merek dari kendaraan roda dua seperti Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa, turut memeriahkan pameran.

Selain kendaraan penumpang, komersial, dan roda dua, tiga merek Karoseri juga ambil bagian dalam GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek pendukung industri juga akan turut memamerkan produk dan layanan mereka dalam GIIAS 2023.

Masyarakat yang ingin menikmati berbagai inovasi dan teknologi terkini pada kendaraan dapat membeli tiket masuk GIIAS secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga Rp 50.000,- untuk hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 100.000,- untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu), serta khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga Rp 78.000,-.

Tiket masuk juga tersedia secara langsung di lokasi pameran dengan harga Rp 70.000,- untuk hari kerja dan Rp 120.000,- untuk akhir pekan serta tanggal 17 Agustus 2023.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 akan berlangsung di empat kota di Pulau Jawa, dimulai dengan GIIAS Tangerang pada 10-20 Agustus 2023 di ICE – BSD City. Dilanjutkan dengan GIIAS Surabaya pada 20-24 September 2023 di Grand City Convex, GIIAS Semarang pada 18-22 Oktober 2023 di Marina Convention Center, dan GIIAS Bandung pada 22-26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom. Dengan antusiasme dan inovasi yang melimpah, GIIAS 2023 The Series akan menjadi penanda yang berharga dalam perkembangan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang cerah.

Tags: ,


COMMENTS