April 9, 2023

Samsung Pamerkan Jajaran New QLED 8K, OLED, dan Perangkat Audio dalam Acara Unbox & Discover

Penulis: Desmal Andi
Samsung Pamerkan Jajaran New QLED 8K, OLED, dan Perangkat Audio dalam Acara Unbox & Discover  

Mobitekno – Acara yang digelar secara online pada 5 April 2023 ini memang menjadi ajang bagi Samsung Electronics untuk menyingkap lini produk mereka di 2023, untuk produk Neo QLED 8K, Samsung OLED, dan perangkat audio. Tentu saja perangkat tersebut dibekali inovasi terbaru dengan konektivitas lebih cerdas sehingga mampu meningkatkan pengalaman menonton dengan lebih eksklusif.

“Di Samsung, kami memahami bahwa teknologi harus bisa memberdayakan dan mendukung kehidupan manusia, bukan mempersulit mereka,” kata Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO & Head of DX (Device eXperience), Samsung Electronics.

“Dengan memilih Samsung, konsumen dapat bersiap untuk menikmati wow factor yang tak tertandingi, sembari berpartisipasi dalam praktik sadar lingkungan untuk masa depan yang berkelanjutan.”

Samsung Unbox Discover 2023 CEO Intro 1
ong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO & Head of DX (Device eXperience), Samsung Electronic

Lima Fondasi SmartThings

Dalam kesempatan tersebut, JH Han juga menekankan komitmen perusahaan untuk terus menyajikan teknologi yang membuat hidup lebih baik. Untuk itu, ia pun memperkenalkan lima fondasi inti SmartThings yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat menikmati smarthome milik mereka.

Kelima fondasi SmartThings ini adalah:

Instant Connection: SmartThings memungkinkan pengguna menghubungkan berbagai perangkat mereka dengan mudah hanya dengan satu langkah, memudahkan mereka dalam menikmati sinergi yang diciptakan berbagai perangkat Samsung.

Automated Connection: SmartThings secara otomatis menghubungkan perangkat seperti TV atau smartphone, dengan perangkat Samsung lain seperti AC, dryer, kulkas, dan mesin cuci, meniadakan kebutuhan untuk menghubungkan secara manual.

Hub Everywhere: IoT hub telah ditanamkan ke dalam berbagai produk Samsung, termasuk Samsung Smart TV, sehingga pengaturan IoT menjadi lebih mudah.

Kompatibilitas yang luas: SmartThings mencakup lebih dari sekadar ekosistem Samsung, memungkinkan perangkat dari brand apapun untuk bekerja bersama dengan mulus berkat Home Connectivity Alliance dan standar komunikasi IoT internasional, MATTER.

Keamanan: Dengan sertifikasi CC EAL 6+, chip hardware terbaru Samsung Knox Vault mengenkripsi semua informasi yang ada di perangkat terhubung, memastikan keamanan tingkat tertinggi dan memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna.

Sustainability dan Relumino

Selain memperkenalkan lima fondasi SmartThings, Samsung juga terus menggalakkan kampanye ramah lingkungan dimana perusahaan berusaha keras untuk membuat produk yang dapat digunakan berkelanjutan. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang tepat guna mendukung hal ini. Samsung pun melakukan beberapa hal, seperti:

  • Samsung membuka jalan dengan tiga pendekatan inovatif terkait keberlanjutan: Mengubah CO2 menjadi bahan daur ulang, menggunakan lebih sedikit material, dan melakukan upcycling pada produk dan kemasan. Produk TV dan remote control Samsung pada tahun 2023 menggunakan resin daur ulang yang terbuat dari setidaknya 50% bahan daur ulang. Selain itu, Samsung telah melakukan upaya signifikan untuk memastikan penggunaan kemasan yang berkelanjutan, mulai dari kotak kemasan hingga semua pembungkus produk di dalamnya.
  • Samsung juga telah mengembangkan AI Energy Mode yang membantu pengguna memantau konsumsi daya dan pola penggunaannya, memberikan kendali di tangan pengguna. Fitur ini bahkan mampu menganalisis konten yang diputar di layar TV untuk mengurangi konsumsi daya tanpa mengganggu pemutaran konten tersebut.
  • Samsung SolarCell Remote generasi ketiga menggunakan lebih sedikit material dan desainnya lebih ringkas. Remote ini juga bebas lisensi, sehingga produsen mana pun bisa bergabung dengan Samsung dalam upaya bersama menjadikan dunia tempat yang lebih sadar lingkungan.

Samsung juga menggarisbawahi komitmennya untuk menciptakan pengalaman menonton yang lebih baik dan lebih inklusif untuk semua orang dengan Relumino mode terbarunya. Relumino mode dirancang untuk membantu orang yang memiliki gangguan penglihatan untuk menonton konten dengan lebih mudah dan telah dianugerahi 2023 CES Innovation Award.

Neo QLED dan Samsung OLED

Di Unbox & Discover 2023, Samsung memperkenalkan produk dan fitur yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman 8K yang inovatif. QN900C berada di puncak jajaran premium Samsung Neo QLED 8K dan merupakan model yang menonjol dalam kategori TV premium, dengan teknologi inovatif seperti Auto HDR Remastering dan 8K AI Upscaling.

Samsung Unbox Discover 2023 Neo QLED 8K
Neo QLED 8K

Dari kualitas gambar yang seolah nyata hingga audio yang imersif, Samsung sekali lagi menetapkan standar yang tinggi dengan Neo QLED 8K. Samsung juga menambahkan model 98 inci ke jajaran Neo QLED 8K, dengan kemampuan reproduksi warna yang sempurna dan detail yang tampak hidup yang menghadirkan pengalaman sinematik yang sebenarnya. TV ini menawarkan peningkatan audio dengan Dolby Atmos dan Q-Symphony 3.0 yang semakin menyelimuti penonton untuk larut dalam setiap adegan yang ditampilkan.

Samsung juga menyampaikan tentang berbagai upaya yang dilakukan untuk memperluas ekosistem 8K melalui kerja sama dengan berbagai mitra, termasuk 8K Association. Bersama-sama, Samsung memperkenalkan lebih banyak cara untuk menikmati konten native 8K.

Samsung juga menyoroti jajaran Samsung OLED 2023, yang menawarkan akurasi warna tanpa cela melalui pemetaan warna persepsional Neural Quantum Processor 4K – menjadikan Samsung OLED sebagai “HDR OLED yang Divalidasi Pantone Pertama di Dunia.

Faktanya, Samsung OLED menampilkan warna hitam yang sebenarnya dan gambar yang sangat alami dengan kontras dan ekspresi warna yang sempurna. Model S95C menyajikan desain Infinity One khas Samsung, dan desain Laser Slim pada model S90C menambahkan sentuhan metal finish yang elegan.

Konsumen Indonesia yang berminat dengan jajaran Neo QLED dan Samsung OLED dapat mengunjungi https://www.samsung.com/id/firstlook/ hingga 11 April 2023 dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan voucher potongan harga Rp 1.500.000, yang dapat digunakan saat periode pemesanan Samsung TV 2023 dibuka.

Tags: , , ,


COMMENTS