April 9, 2023

Datascrip dan Leica Geosystem Hadirkan leica Pegasus TRK, Solusi Pemetaan 3D untuk Aset Perkotaan

Penulis: Desmal Andi
Datascrip dan Leica Geosystem Hadirkan leica Pegasus TRK, Solusi Pemetaan 3D untuk Aset Perkotaan  

Mobitekno – Sebuah kota tentunya memiliki banyak aset di dalamnya. Namun sering, pengelolaan aset tersebut menemui banyak kendala karena keterbatasan lahan atau pemanfaatan yang tidak tepat. Padahal, jika aset tersebut dikelola dengan baik, tentunya akan memberikan banyak manfaat. Untuk itu, Datascrip dan leica Geosystem meluncurkan Leica Pegasus TRK. Ini adalah solusi pemetaan 3D di perkotaan.

Leica Pegasus TRK merupakan 3D laser scanner terbaru dari Leica Geosystems yang dilengkapi dengan teknologi AI, serta sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) yang berguna untuk mengumpulkan data dari suatu kondisi atau bangunan di perkotaan dalam bentuk 3D secara real-time, termasuk informasi tentang jalan, bangunan, jembatan, taman, dan infrastruktur kota lainnya. Dengan Leica Pegasus TRK, para ahli di bidang pemetaan perkotaan dapat mempercepat proses pengumpulan data dan perencanaan pembangunan dengan lebih cepat dan akurat.

Leica Pegasus TRK hadir melengkapi solusi pemetaan perkotaan yang sudah dihadirkan Datascrip sebelumnya, yaitu Leica BLK360 dan Leica DSX. Ketiga alat ini sudah didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan pemetaan perkotaan.

“Dengan hadirnya Leica Pegasus TRK, melengkapi produk yang telah ada sebelumnya yaitu Leica BLK360 dan Leica DSX, kami berharap dapat membantu para ahli di bidang pemetaan perkotaan untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Ketiga solusi ini telah dilengkapi dengan teknologi AI terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan pemetaan perkotaan, serta membantu proses digitalisasi aset pemetaan perkotaan dengan lebih cepat dan akurat,” Danang Kurniawarman – Marketing Manager PT Datascrip.

Solusi Pemetaan 3D dari Leica
Solusi pemetaan 3D dari Leica

Leica BLK360 dan Leica DSX

Selain Leica Pegasus TRK, PT Datascrip juga telah menghadirkan Leica BLK360, laser scanner portabel dengan desain ringkas dan ringan yang mampu memindai suatu struktur bangunan atau ruang dalam model 3D dengan cepat dan akurat, hanya dalam waktu 20 detik. Laser scanner ini dilengkapi 4 kamera beresolusi 13 megapiksel dan 5 bracket HDR yang mampu memberikan hasil tangkapan gambar yang detail dan jelas.

Kemudian ada juga Leica DSX, yang merupakan Ground Penetrating Radar (GPR) untuk solusi pemetaan bawah tanah. Alat ini dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi yang ada di bawah tanah, seperti jaringan kabel, jalur pipa, dan infrastruktur bawah tanah lainnya.

 

Tags: , , ,


COMMENTS