September 8, 2023

Dukung NZE 2060, Pertamina Luncurkan Sustainability Academy dan Sustainability Center Pertama di Asia

Penulis: Iwan RS
Dukung NZE 2060, Pertamina Luncurkan Sustainability Academy dan Sustainability Center Pertama di Asia  

Mobitekno – PT Pertamina (Persero) telah meluncurkan Sustainability Academy dan Sustainability Center pertama di Asia untuk skala perusahaan minyak dan gas (migas). Peluncuran ini dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Sesmen BUMN) Rabin Indrajad Hattari.

Pertamina telah menetapkan fokus keberlanjutan perusahaan untuk menjadi dasar bagi BUMN tersbut dalam menjalankan operasinya dari hulu ke hilir. Prioritas keberlanjutan Pertamina sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) PBB.

Pertamina Sustainability Academy dan Center 01
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kanan) bersama Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari (kiri) melakukan seremoni secara simbolis peluncuran progam Pertamina Sustainability Academy saat acara Indonesia Sustainability Forum di Hotel Park Hyatt, Jakarta (07/09/2023).

Ada enam prioritas SDGs yang telah ditetapkan, yakni Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; Perubahan Iklim; Kehidupan di Bawah Air; Kehidupan di Darat; Energi Terjangkau dan Bersih; Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pertamina telah menerapkan dua inisiatif strategis dengan dekarbonisasi bisnis dan membangun bisnis hijau. Adapun enam inisiatif bisnis hijau diimplementasikan Pertamina melalui produksi biofuels, pengembangan EBT, carbon sink, pengembangan hydrogen bersih untuk sektor transportasi dan industri, pengembangan baterai dan EV ecosystem, serta perdagangan karbon (carbon trading).

Sebagai informasi, perdagangan (emisi) karbon merupakan suatu bentuk perdagangan yang dilakukan antar negara dan didesain agar bisa mengurangi emisi karbon dioksida.

Penurunan emisi pada Lingkup 1 & 2 di tahun 2060 dari keenam inisiatif tersebut diperkirakan mencapai 25-30 juta ton setara CO2, atau mengontribusikan sekitar 2 persen terhadap aspirasi NZE nasional.

Sustainability Academy dan Sustainability Center

Sustainability Academy akan berfokus pada pendidikan dan pelatihan terkait keberlanjutan. Ini merupakan komitmen Pertamina dalam upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara berkelanjutan dalam menyongsong era transisi energi di Indonesia.

Melalui Pertamina Sustainability Academy, Pertamina memulai dari internal terlebih dahulu dengan memberikan para pekerja Pertamina tentang pemahaman komprehensif terkait sustainability.

Pertamina Sustainability Academy dan Center 03

Sementara itu, Sustainable Center berfokus pada penelitian, pengembangan, dan implementasi praktik keberlanjutan, kebijakan, dan teknologi yang berkelanjutan. Sustainable Center juga merupakan bagian dari upaya Pertamina untuk menyiapkan SDM secara berkelanjutan dalam menyongsong era transisi energi di Indonesia.

Sustainable Academy dan Sustainable Center terbuka untuk umum. Pertamina sudah mulai menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dari luar negeri, termasuk perusahaan atau mitra yang bekerja sama dengan Pertamina.

Secara bertahap, pemerintah, kementerian, lembaga pendidikan, dan seluruh elemen masyarakat dapat mengikuti program ini mengingat salah satu agenda bersama pemerintah adalah untuk mewujudkan NZE (Net Zero Emissions) atau nol emisi karbon di tahun 2060.

Komitmen Pertamina

Nicke Widyawati mengatakan bahwa peluncuran Sustainability Academy dan Sustainability Center merupakan komitmen Pertamina dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) secara berkelanjutan dalam menyongsong era transisi energi di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah menyiapkan SDM termasuk masyarakat untuk lebih memahami bagaimana program-program sustainability.

Pertamina Sustainability Academy dan Center 01

Dengan peluncuran Sustainability Academy dan Sustainability Center, Pertamina menunjukkan komitmennya untuk menyiapkan SDM secara berkelanjutan dalam menyongsong era transisi energi di Indonesia. Melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan, dan implementasi praktik keberlanjutan, Pertamina berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih dalam menyiapkan talenta-talenta untuk melakukan transisi energi dalam rangka mencapai target net zero emission (NZE) atau bebas emisi pada 2060.

Tags: , , , ,


COMMENTS