December 6, 2023

Bertindak sebagai SME Impact Accelerator, DCE 2024 Siap Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas UKM Lokal

Penulis: Rizki R
Bertindak sebagai SME Impact Accelerator, DCE 2024 Siap Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas UKM Lokal  

Mobitekno – Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Entrepreneurs atau DCE 2024. Program yang memasuki tahun ketiga ini mengusung tema “Upgrade to Accelerate”, yang menunjukkan fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM yang dapat memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengungkap bahwa dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.

“Selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, yang menginspirasi semangat Telkomsel untuk terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan yang mengimplementasikan prinsip ESG, program DCE kami hadirkan kembali dengan mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal,” ujar Saki di hadapan awak media di Jakarta, Rabu (6/12).

DCE 2024

Program DCE 2024 dibuka untuk UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care. Peserta yang terpilih akan mendapatkan berbagai benefit, di antaranya:

– Kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM

– Peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel

– Penyelenggaraan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline

– Keterlibatan komunitas-komunitas pendukung UKM

– Peningkatan peran alumni sebagai pendamping mentor

Roadshow DCE 2024 di 4 Kota Besar

Untuk mendorong keikutsertaan dari para pegiat UKM dari seluruh Indonesia, Telkomsel akan menggelar kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).

DCE 2024

Upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan-kegiatan berikut:

> Onboarding bagi 300 peserta terseleksi untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha

> Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya

> Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline

> Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik

Lewat berbagai benefit dan kegiatan yang ditawarkan, program DCE 2024 diharapkan dapat menjadi solusi bagi UKM lokal untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas digital mereka, sehingga dapat berkembang dan bersaing di era ekonomi digital.

IMG 20231206 151633 scaled

Selain itu, dapat menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global. Program yang digelar perdana pada 2021 ini telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumninya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS