November 6, 2023

Astra Half Marathon 2023 Sukses Digelar, Sediakan Total Hadiah Rp200 Juta

Penulis: Desmal Andi
Astra Half Marathon 2023 Sukses Digelar, Sediakan Total Hadiah Rp200 Juta  

Mobitekno – Astra sukses menyelenggarakan lomba lari kategori half marathon yang dilanjutkan dengan kategori 10K dan 5K dengan nama Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” pada 5 November 2023, di Astra Biz Center, BSD City, Banten. Astra, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, telah menyelenggarakan acara lari ini dengan tujuan yang lebih dari sekadar kompetisi olahraga. “Dengan melibatkan masyarakat luas, Astra berharap para peserta lari yang berpartisipasi tidak hanya menebarkan inspirasi dan mendukung gaya hidup sehat, namun juga dapat membangkitkan semangat kerjasama dan keterlibatan masyarakat lainnya untuk menciptakan perubahan positif bagi lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Dengan tema “Xtramile,” perhelatan Astra Half Marathon 2023 mengajak masyarakat untuk melakukan usaha yang lebih dari biasanya dan tidak terbatas untuk saat ini saja, melainkan juga untuk masa mendatang. Melalui tagline Astra Runners, “We Run, We Care, We Share,” peserta diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya dalam penggunaan kembali barang-barang sekali pakai (reuse), pengurangan penggunaan plastik sekali pakai (reduce), dan mendorong kebiasaan untuk mendaur ulang produk lama menjadi sesuatu yang baru dan berguna (recycle).

Para peserta lomba lari tidak hanya berlari demi prestasi pribadi, tetapi juga secara otomatis turut mendukung program pengelolaan sampah menjadi barang bernilai tambah melalui program kolaborasi bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Ini adalah contoh nyata bagaimana sebuah acara olahraga dapat memiliki dampak positif pada lingkungan sekitar.

Para pelari yang berhasil menyelesaikan lomba dengan baik akan mendapatkan penghargaan, seperti medali, refreshment water, air mineral, dan kudapan sehat. Khusus bagi peserta yang berhasil menyelesaikan jarak 21K di bawah cut-off time berhak mendapatkan finisher tee dan akses ke area eksklusif yang menyediakan ice pool serta fisioterapi.

Astra Half Marathon 2023 bukan hanya sekadar lomba lari biasa. Acara ini juga dihadiri oleh deretan atlet nasional dan figur publik yang turut meramaikan tahun kedua pelaksanaan Astra Half Marathon 2023. Di antaranya adalah Andrew White, Nana Mirdad, Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Ardit Erwandha, Adinda Thomas, Sahila Hisyam, Agus Prayogo, Juphie Sembiring, Nur Shodiq, Triyaningsih, Odekta Naibaho, dan Novia Nur Nirwani. Mereka hadir untuk memberikan inspirasi dan semangat kepada para peserta.

Astra Half Marathon 2023
Diramaikan banyaa public figure

Selain itu, rangkaian Astra Half Marathon 2023 juga dimeriahkan dengan penampilan dari DJ Yasmin serta RAN yang menambah keseruan pada akhir acara Astra Half Marathon 2023. Musik dan hiburan ini membuat suasana semakin meriah dan memacu semangat para peserta.

Astra Half Marathon 2023 juga menawarkan hadiah yang menggiurkan dengan total hadiah mencapai Rp200 juta. Selain hadiah untuk para pemenang, ada juga doorprize untuk para pelari yang beruntung, seperti sepeda, smartwatch, dan smartphone. Ini adalah insentif tambahan untuk mendorong peserta memberikan yang terbaik dalam perlombaan.

Rangkaian Astra Half Marathon 2023 telah dimulai sejak 31 Juli 2023 dengan konferensi pers, dilanjutkan dengan race pack collection yang diselenggarakan pada 3-4 November 2023 di Menara Astra. Setiap peserta mendapatkan jersey, nomor BIB, makanan sehat, vitamin, dan energy gel. Semua ini disiapkan untuk memastikan peserta dalam kondisi optimal saat berlari.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan semangat peserta dalam berlari, disediakan beberapa fasilitas pendukung mulai dari mobil ambulans dan paramedis motor, 8 hydration point, 2 fruit station, 2 energy gel station, 2 sponge station, water sprinkle, hingga 5 cheering area. Dengan fasilitas ini, peserta dapat merasa aman dan didukung saat menghadapi tantangan di lintasan.

Selain itu, semua pelari mendapat asuransi I-sport dari Astra Life dengan nilai sampai Rp50 juta. Ini adalah langkah yang bijaksana untuk memastikan keselamatan peserta dalam perlombaan.

Fasilitas lain yang diperoleh peserta adalah kemampuan untuk mengetahui catatan waktu secara realtime melalui teknologi dari mylaps. Peserta juga dapat mengunduh e-certificate yang berisi nama dan catatan waktu, sehingga tercantum jelas catatan lari para peserta. Hal ini membantu para peserta untuk melihat kemajuan mereka dan merayakan pencapaian mereka.

Astra Half Marathon 2023
Para pemenang

Astra Half Marathon 2023 dan Perayaan 10 Tahun Astra Runners

Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” ini sekaligus merupakan perayaan 10 tahun terbentuknya komunitas lari Astra Runners di lingkungan perusahaan Grup Astra secara nasional. Komunitas Astra Runners didirikan pada 9 November 2013 oleh sekelompok anak muda yang berkarya di Grup Astra dan memiliki hobi yang sama, yaitu olahraga lari. Mereka mulai dengan visi sederhana untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga lari.

Astra Runners rutin mengadakan kegiatan olahraga lari satu bulan sekali dan lomba lari tahunan. Saat ini, Astra Runners sudah memiliki lebih dari 2.000 anggota yang tersebar di berbagai perusahaan Grup Astra. Mereka adalah bukti bahwa semangat olahraga dan gaya hidup sehat dapat menyatukan orang dan menciptakan komunitas yang kuat.

Semangat Astra dalam mengampanyekan gaya hidup sehat dan berkelanjutan melalui lomba lari Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. Ini adalah contoh nyata bagaimana sebuah perusahaan besar dapat berperan aktif dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan berkontribusi positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Pada hari ini, para peserta Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” tidak hanya berlari demi diri mereka sendiri, tetapi juga untuk lingkungan dan masyarakat. Mereka adalah teladan dalam menjalani gaya hidup sehat dan berkelanjutan, dan mereka telah menunjukkan semangat kerjasama dan keterlibatan yang luar biasa. Selamat kepada semua peserta, panitia, dan semua yang terlibat dalam perhelatan ini. Semoga semangat “Xtramile” terus menyala dalam diri kita untuk menciptakan perubahan positif bagi Indonesia yang lebih baik.

Tags: , ,


COMMENTS