March 6, 2023

iPhone ‘Made in India’ akan Bertambah. Foxconn Investasikan Rp10,6 Triliun untuk Bangun Pabrik Baru di Bengaluru

Penulis: Iwan RS
iPhone ‘Made in India’ akan Bertambah. Foxconn Investasikan Rp10,6 Triliun untuk Bangun Pabrik Baru di Bengaluru  

Mobitekno – Apple, melalui mitra dekatnya, Foxconn Technology Group diketahui telah merakit iPhone 11 dan 12, bahkan 13 di Tamil Nadu, India. Salah satu alasan raksasa teknologi AS itu melakukan hal tersebut adalah untuk mengurangi ketergantungan pada fasilitas produksi di China.

Perakitan lokal juga membantu Apple menghemat bea impor dan memiliki kontrol yang lebih ketat atas pasokan sambil mempercepat ketersediaan pasar iPhone di pasar ponsel pintar yang tumbuh cepat di dunia.

Kabar terbaru, pabrik iPhone lainnya di kota Bengaluru, Karnataka, India juga akan dibangun oleh Foxconn dengan nilai investasi US$ 700 juta. Selain membuat berbagai komponen iPhone, pabrik baru ini juga direncanakan sebagai tempat perakitan headset Apple AR di masa mendatang.

Foxconn invest in India 00

Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi Apple untuk mengurangi ketergantungannya pada China, di mana sebagian besar iPhone dibuat saat ini. China telah menghadapi ketegangan geopolitik dengan AS dan negara lain, serta meningkatnya biaya tenaga kerja dan masalah lingkungan.

Dengan mengalihkan sebagian produksinya ke India, Apple bisa mendapatkan keuntungan dari biaya yang lebih rendah, insentif pajak, dan akses ke pasar yang besar dan berkembang.

India memulai produksi iPhone pada 2017 dengan pemasok Wistron dan Foxconn. Apple memulai dengan iPhone 12 di India pada 2021 diikuti oleh iPhone 13 pada 2022. Suatu laporan pada akhir 2022 lalu juga mengungkapkan bahwa konglomerat India, Tata Group, sedang dalam pembicaraan dengan Wistron untuk membentuk kemitraan dalam produksi iPhone. Menurut analis, satu dari empat iPhone bakal dibuat di India pada tahun 2025.

Foxconn invest in India 01

Sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna ponsel terbesar di dunia, Apple terus memperluas jaringan ritelnya di India. Misalnya dengan membuka toko online pertamanya pada September 2020 dan toko fisik pertamanya di Mumbai pada Oktober 2021.

Apple tampaknya telah melihat permintaan yang tinggi untuk berbagai produk dan layanannya di India, terutama di kalangan konsumen muda dan ekonominya kuat serta menghargai kualitas dan inovasi suatu produk.

Tags: , , , , ,


COMMENTS