May 4, 2023

Ingin Tingkatkan SDM, Hyundai Beri Pelatihan Lanjutan untuk Pemasok Lokal

Penulis: Desmal Andi
Ingin Tingkatkan SDM, Hyundai Beri Pelatihan Lanjutan untuk Pemasok Lokal  

Mobitekno – Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) terus berikan edukasi kepada banyak masyarakat Indonesia. Dan kini, sebagai bentuk upaya PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dalam komitmennya untuk tumbuh bersama Indonesia, HMMI menggelar pelatihan lanjutan bagi pemasok lokal. Pelatihan R&D Level Up Supplier Education diberikan pada 57 suplier lokal mulai 3 Mei hingga 23 Juni 2023 di Hyundai Mobility Innovation Center, GIIC Kota Deltamas, Cikarang. Edukasi ini merupakan program HMMI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada industri otomotif.

Pelatihan lanjutan ini merupakan bagian dari program berkelanjutan Research & Development (R&D) HMMI yang dimulai sejak April 2021 lalu. Setelah rangkaian berjalan, beberapa pemasok lokal kini telah sukses meningkatkan kemampuannya. Melalui program ini, pemasok yang sebelumnya tidak tertarik di bidang R&D, kini sudah mulai berinvestasi untuk pengembangan kemampuan R&D. Ini membuktikan bahwa komitmen HMMI untuk tumbuh bersama Indonesia, berbuah positif.

Bong Kyu Lee, President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, menjelaskan, “Hyundai Motor Manufacturing Indonesia menyadari pentingnya berbagi pengetahuan dan inovasi dengan para pemasok lokal di Indonesia. Kami ingin tumbuh bersama para mitra dan bersama menciptakan ekosistem industri otomotif Indonesia yang lebih kuat. Kami sangat bangga telah berhasil meningkatkan kapabilitas R&D para pemasok lewat program ini dan berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan berkelanjutan.”

Foto 4 Peserta RD Level up Education berkesempatan melihat lebih dekat ragam fasilitas RD PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.
Peserta R&D Level up Education berkesempatan melihat lebih dekat ragam fasilitas R&D PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Tiga materi utama

Program kali ini terdiri dari 3 materi utama; pengetahuan desain, edukasi evaluasi material, dan pelatihan desain CATIA. Nantinya, para pemasok akan diberikan pelatihan dalam kelas, kunjungan ke laboratorium, serta praktikum komputer untuk desain CATIA. Rangkaian pelatihan ini secara umum juga bertujuan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri dari produk-produk HMMI termasuk kendaraan listrik di mana Hyundai merupakan produsen pertama mobil listrik di Indonesia.

Pelatihan yang digelar, dilakukan di Hyundai Mobility Innovation Center (MIC) yang dilengkapi dengan MS Lab dengan total 70 perlengkapan evaluasi pengujian. Tak Cuma itu, MIC juga dilengkapi Engine Durability Test Lab yang terdiri dari 13 perlengkapan pengujian mesin gamma II yang diproduksi oleh HMMI untuk pengetesan durabilitas hingga 300 jam.

Fungsi utama fasilitas ini adalah untuk mengembangkan produk-produk komponen dan suku cadang yang sesuai untuk Asia Tenggara dan perusahaan lokal dalam mengembangkan verifikasi suku cadang. Hyundai Mobility Innovation Center juga menyediakan ruangan Lab EV/Kolaborasi untuk mendukung Industri EV Indonesia dengan menggandeng perguruan tinggi & perusahaan otomotif Indonesia, AP Quality Center, workshop kendaraan, dan ruang serbaguna.

Tags: , ,


COMMENTS