April 3, 2023

Yuk, Tetap Bugar dan Sehat Selama Puasa! Ini Tipsnya dari Garmin

Penulis: Desmal Andi
Yuk, Tetap Bugar dan Sehat Selama Puasa! Ini Tipsnya dari Garmin  

Mobitekno – Puasa di bulan Ramadan ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian. Seperti studi yang diterbitkan di National Institutes of Health menemukan bahwa berpuasa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Studi lainnya juga menemukan manfaat puasa untuk mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh.

Tentunya manfaat di atas akan semakin optimal jika kita turut menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan puasa. Dengan smartwatch dari Garmin, Anda dapat memantau kondisi kebugaran tubuh secara menyeluruh. Garmin menyediakan beberapa tips untuk menjaga kebugaran selama Ramadan.

Tetap Terhidrasi

Selama berpuasa, asupan cairan tubuh berkurang dibandingkan hari biasa. Tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga suhu tetap normal, mendukung pencernaan, melindungi jaringan dan persendian, hingga mengatur suasana hati. Maka dari itu pastikan usahakan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka.

Untuk membantu Anda tetap terhidrasi, smartwatch Garmin memiliki fitur Garmin Hydration Tracking widget yang bisa Anda manfaatkan. Fitur ini dapat mencatat asupan air harian dan memastikan Anda memenuhi target untuk menghindari dehidrasi.

Jaga Level Stres Anda

Tingkat stres juga dapat mempengaruhi kebugaran tubuh. Meski mungkin sulit dihindari, penting bagi kita untuk menjaga level stres. Beberapa smartwatch Garmin sudah dilengkapi dengan fitur untuk memantau tingkat stres secara real-time dari skala 1 sampai 100. Fitur ini memanfaatkan data detak jantung untuk mengukur interval antara setiap detak jantung. Lebih sedikit variabilitas antara detak jantung menunjukkan tingkat stres yang lebih tinggi. Sementara lebih banyak variabilitasnya menunjukkan tingkat stres yang lebih rendah.

Skor stres 0-25 menunjukkan tubuh Anda dalam keadaan istirahat (ditampilkan dengan warna biru), 26-50 menunjukkan stres yang rendah (tampilan dalam warna oranye muda), 51-75 menunjukkan stres sedang (ditampilkan dalam warna oranye lebih tua) dan 76-100 merupakan tanda level stres yang tinggi (ditampilkan dalam warna merah). Skor stres dapat Anda lihat baik di jam Garmin maupun di aplikasi Garmin Connect.

Garmin Instinct 2 Solar
Garmin Instinct 2 Solar

Luangkan Waktu untuk Mengatur Pernapasan

Jika tingkat stres Anda mendekati merah, itu merupakan waktu yang tepat untuk berhenti sejenak dan menarik napas. Smartwatch Garmin tertentu dapat memandu Anda melalui latihan pernapasan yang penuh perhatian dan menenangkan saat Anda membutuhkan sedikit bantuan.

Saat Anda bernapas, smartwatch akan melacak tingkat stres dan pernapasan Anda untuk membantu Anda menyelaraskan dan lebih memahami seberapa baik teknik pernapasan Anda bekerja. Jika tingkat stres Anda tinggi, jam tangan pintar ini bahkan dapat mengirimkan pengingat relaksasi yang akan meminta Anda untuk mengambil waktu istirahat dan melakukan aktivitas pernapasan.

Dapatkan Tidur yang Cukup

 Banyak yang mengeluhkan tentang kurangnya durasi tidur selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Tetapi usahakan sebisa mungkin untuk tubuh beristirahat dan mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup tidak hanya membantu Anda tetap fokus, tetapi juga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Fitur pelacakan tidur dan Sleep Score Garmin membantu Anda menganalisis pola dan kualitas tidur Anda. Smartwatch Garmin yang kompatibel dapat mengidentifikasi kapan Anda tertidur, bagun dan membaca tahapan tidur di malam hari. Saat bangun di pagi hari, Anda akan menerima skor tidur dalam skala 0-100 yang menilai kualitas tidur Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh insight yang telah dipersonalisasi mengenai apa yang telah Anda lakukan dengan baik atau hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh skor tidur yang lebih baik di malam hari.

Sempatkan untuk Berolahraga

Meski terkadang sulit mencari waktu yang tepat untuk berolahraga selama puasa, sempatkan diri untuk menggerakkan tubuh Anda. Bisa dilakukan sesaat sebelum berbuka puasa atau mungkin setelahnya. Olahraga membantu meningkatkan hormon endorfin yang membuat Anda menjadi lebih bahagia.

Olahraga juga penting untuk meningkatkan kekuatan otot, kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, olahraga juga meningkatkan energi tubuh.

Smartwatch Garmin telah dilengkapi dengan fitur yang dapat mendeteksi berbagai jenis olahraga yang Anda lakukan. Mulai dari berjalan kaki, berlari, bersepeda, angkat beban, yoga, pilates dan lain sebagainya, smartwatch Garmin dapat memberikan data yang akurat selama Anda berolahraga.

Penawaran Spesial dari Garmin di Bulan Ramadan

 Mendukung masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kebugaran dan kesehatan di bulan Ramadan, Garmin menghadirkan penawaran spesial bertema “Ramadan Kareem” untuk berbagai produknya.

Ada epix Gen 2 hadir sebagai premium active smartwatch dari Garmin yang berbalut lensa safir, rangka titanium atau stainless serta dukungan layar sentuh dan tombol yang berfungsi di segala medan. Ditujukan untuk pengguna dengan gaya hidup yang aktif, jam tangan ini dilengkapi layar AMOLED yang cerah, fitur kesehatan lengkap untuk memantau tubuh Anda 24/7 dengan masa pakai hingga 16 hari dalam mode smartwatch.

Bagi penggemar olahraga lari, Garmin Forerunner 255S siap mendukung program latihan sampai perlombaan. Smartwatch Forerunner series dapat memberikan statistik lari yang tidak hanya detail, tetapi juga akurat. Desainnya yang ramping dan bingkai 1,4 ons, memakai Forerunner 255 begitu ringan, seolah Anda tidak memakainya.

Promo Ramadan Kareem dari Garmin Indonesia
Promo Ramadan dari Garmin

Dapatkan saran latihan harian yang disesuaikan dengan performa dan pemulihan Anda. Garmin juga menyediakan bimbingan dari pelatih ahli dan training plan yang bisa diakses secara gratis untuk mendukung kegiatan lari. Nikmati masa pakai baterai hingga 12 hari dalam mode smartwatch, tak perlu khawatir untuk kehabisan daya.

Bagi Anda yang ingin tampil elegan dan berkelas, Garmin juga memberikan diskon untuk luxury modern tool watch, MARQ generasi pertama. Di generasi pertama MARQ ini, Garmin menghadirkan MARQ Driver, modern tool watch yang mempercepat hasrat Anda untuk selalu berada di posisi terdepan ketika balapan. MARQ Driver dilengkapi dengan dilengkapi dengan 250 trek balap terkenal yang tidak bisa didapatkan di jam tangan tradisional maupun smartwatch lain. Bezel Tachymeter dan kronograf canggih memungkinkan Anda mengatur waktu mobil di lintasan dan menghitung kecepatan. Gelang titanium hibrida dengan tautan silikon merah membuat Anda tetap tenang tidak peduli seberapa panas balapan yang Anda ikuti.

Bagi Anda para penyelam, Garmin memiliki beragam dive computer dalam seri Descent yang bisa Anda pilih. Anda seorang penyelam rekreasi atau teknis, nelayan tambak atau penyelam bebas, komputer selam tangguh Descent G1 dirancang untuk Anda dan berguna juga untuk jam tangan sehari-hari.

Dive Computer Descent Mk2 Series dapat memantau gas dan kedalaman Anda, dilengkapi juga dengan fitur pintar dan pelatihan multisport. Descent Mk2 Series ini merupakan dive computer terintegrasi udara (air integrated) untuk Anda dan teman menyelam Anda.

Bagi Anda yang berjiwa petualang pasti membutuhkan smartwatch tangguh di segala medan dan cuaca yang dibuktikan dengan standar militer Amerika, Garmin memiliki Instinct 2 Series yang ditawarkan dengan harga spesial. Seri Instinct dibuat Garmin untuk mewakili berbagai jiwa petualang yang diwujudkan dalam berbagai Edisi.

Edisi Instinct Surf misalnya selain memiliki kemampuan untuk mengisi daya dengan tenaga surya, fitur Tide Data yang dapat menyajikan info terkini tentang kondisi lautan. Profil Surf Activity yang merekam jumlah ombak yang diselancari, kecepatan maksimum yang dicapai dan jarak yang ditempuh, juga ada Surfline yang dapat melihat kondisi arus, tinggi ombak, dan tingkat angin serta selancar — untuk setiap lima titik berselancar terdekat, ketika menghubungkan aplikasi Garmin Connect dengan smartphone. Surf Edition dibuat Garmin untuk olahraga berselancar, windsurfing, dan kiteboarding. Instinct 2 Surf Edition varian warna Bells Beach dan Mavericks ditawarkan dengan harga promo pada program Garmin Ramadan Kareem hingga akhir April.

Garmin Instinct Tactical juga menawarkan fitur tambahan yang sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan keandalan dan keamanan tinggi. Salah satu fitur unggulan adalah kemampuan pengisian daya menggunakan tenaga surya, yang memastikan daya tahan baterai lebih lama saat beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, fitur Night Vision Compatibility memungkinkan Anda membaca layar jam tangan ini dengan menggunakan kacamata night vision. Bagi Anda yang memerlukan privasi dan keamanan ekstra, mode Stealth akan sangat berguna karena memungkinkan Anda menyembunyikan jejak GPS dan menonaktifkan konektivitas nirkabel. Terakhir, fitur Kill Switch memastikan keamanan data Anda dengan menghapus semua informasi pengguna yang tersimpan pada jam tangan hanya dengan satu klik. Fitur ini sangat penting untuk melindungi informasi pribadi Anda dalam situasi yang tidak diinginkan. Instinct 2 Solar Tactical hadir dalam dua varian warna: Black dan Coyote Tan.

Selain keempat jam tangan unggulan tersebut, Garmin juga memberikan promo untuk jam kebugaran stylish Venu series dan jam outdoor Fenix series sebagai perintis pertama power sapphire screen (kombinasi layar pengisi ulang baterai tenaga surya dengan lensa safir).

Promo “Ramadan Kareem” dari Garmin ini berlangsung mulai dari 1 – 30 April 2023, berlaku untuk pembelian di Garmin Official Stores Online di Tokopedia, Shopee dan Blibli, serta di Garmin Brand Stores Offline seluruh Indonesia.

Tags: , ,


COMMENTS