June 2, 2023

NVIDIA Umumkan Neuralangelo. Model AI yang Bantu Buat Model 3D dari Video 2D Secara Cepat dan Mudah

Penulis: Iwan RS
NVIDIA Umumkan Neuralangelo. Model AI yang Bantu Buat Model 3D dari Video 2D Secara Cepat dan Mudah  

Mobitekno – Nama NVIDIA bukan hanya akrab di kalangan gamer. Perusahaan teknologi yang dikenal sebagai produsen chip grafis (GPU) ini juga terjun dalam pengembangan teknologi AI.

Awal minggu ini, setelah mengumumkan solusi “ACE For Games” yang intinya memberikan kemampuan AI generative pada NPC (non-playable characters) dalam suatu game, Nvidia kembali mengumumkan solusi yang juga berbasis AI yang juag tidak kalah menarik, yaitu Neuralangelo.

Namanya yang dinspirasi dari seniman legendaris Italia di era renaisans abad ke-15 dianggap cocok dengan fitur yang dihadirkan tools AI ini bagi dunia modeling 3D. Sederhananya, sistem AI inovatif ini dapat mengubah video 2D dengan bantuan AI menjadi suatu 3D.

NVIDIA Neuralangelo 01

Tidak seperti beberapa metode sebelumnya, Neuralangelo tidak mengandalkan video multi-angle atau kamera depth-sensing. Cukup dengan video 2D standar, Neuralangelo dapat melakukan transformasi yang hasilnya cukup impresif. Ini membuatnya menjadi tools serbaguna untuk berbagai aplikasi.

Dikembangkan oleh NVIDIA Research, model AI Neuralangelo akan melakukan rekonstruksi 3D dengan mengandalkan jaringan neural untuk mengubah klip video ponsel 2D sederhana menjadi struktur 3D yang terperinci. Aplikasinya mulai dari mereplikasi suatu bangunan, patung, atau objek atau ruang dunia nyata lainnya menjadi model virtual 3D.

Mekanismenya cukup mudah. Model AI Neuralangelo cukup menganalisis video berisi suatu objek dari beberapa sudut. Neuralangelo kemudian menggunakan informasi terkait bentuk, ukuran, dan kedalaman dari video untuk menghasilkan representasi kasar objek 3D. Selanjutnya, optimalisasi bentuk detail model 3D dilakukan agar terlihat semirip mungkin dengan objek aslinya.

NVIDIA mengatakan bahwa Neuralangelo dibuat dengan mengadopsi teknologi NeRF AI (Neural Radiance Field AI) yang diumumkan mereka tahun lalu. Keduanya menggunakan prinsip sama dengan memanfaatkan teknologi machine learning untuk membuat objek 3D dari foto 2D.

Perbedaan utamanya, model AI dari tahun lalu terutama melibatkan gambar dan bukan video. Teknologi baru ini diklaim Nvidia sudah jauh lebih bagus karena dapat menghasilkan objek virtual dari video yang direkam smartphone. Apabila Anda ingin membuat seluruh adegan, ini dapat dilakukan dalam waktu dua jam.

NVIDIA mengatakan bahwa Neuralangelo dapat bermanfaat untuk berbagai siapa saja yang ingin “menciptakan kembali dunia nyata di dunia digital”. Termasuk untuk pengembangan game, baik yang konvensional atau VR.

NVIDIA Neuralangelo 02

Tags: , , , , , ,


COMMENTS