June 2, 2023

Chef Devina Bagikan Tips Menyimpan Makanan Lebih Tahan Lama di Kulkas Ungkep Samsung

Penulis: Rizki R
Chef Devina Bagikan Tips Menyimpan Makanan Lebih Tahan Lama di Kulkas Ungkep Samsung  

Mobitekno – Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan kulkas ‘Kulkas Ungkep’, kulkas Top-Mounted Freezer (TMF) atau kulkas dua pintu, di Indonesia. Lemari pendingin ini hadir dalam dua pilihan desain: BESPOKE Design yang stylish dan desain dengan warna klasik yang sleek dan modern.

Samsung merancang kulkas baru ini dengan sebuah kompartemen khusus yang disebut Optimal Fresh+ untuk menyimpan makanan ungkep dan bahan makanan lainnya. Dengan penyesuaian suhu yang tepat, kompartemen ini bisa menyimpan berbagai bahan makanan dalam waktu lebih lama, tanpa mencapai kondisi beku, sehingga bisa diolah dengan cepat.

Purnomo Mokale, Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, mengungkapkan, “Kulkas ini cocok bagi keluarga yang mencari kulkas dengan kapasitas lebih besar tapi tidak menambah ukuran dimensi luar, punya performa pendinginan yang optimal untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama dan tetap hemat energi,”

Dengan kapasitas yang besar tanpa menambah dimensi bagian luar, kulkas baru ini memudahkan celebrity chef Devina Hermawan untuk menyimpan lebih banyak bahan makanan. Namun, agar bahan makanan bisa disimpan dengan lebih lama, perlu ‘strategi’ khusus.

SAVE 20230602 112317

Chef Devina berbagi tips untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dalam waktu lebih lama di ‘kulkas ungkep’ Samsung:

#1 Tempatkan dan Perlakukan Bahan Makanan dengan Benar di Kulkas

Bahan makanan seperti daging mentah, unggas, dan makanan laut, harus disimpan di tempat khusus atau wadah kedap udara agar mencegah kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Jenis makanan ini bisa disimpan di freezer supaya tahan lebih lama.

Bahan segar seperti sayuran dan buah perlu dijaga selalu dalam keadaan kering dan ditempatkan dalam wadah khusus supaya tidak cepat layu. Sementara makanan sisa atau yang kemasannya sudah terbuka, perlu juga disimpan dalam wadah kedap udara atau dibungkus rapat agar tahan lama dan aromanya tidak menyebar.

Samsung membantu konsumen untuk menyimpan bahan makanan yang butuh perlakuan khusus dengan pengaturan suhu tertentu. Contohnya bila konsumen ingin menyimpan makanan ungkep, daging, ikan, atau unggas, tanpa harus membekukan sehingga bisa diolah lebih cepat.

‘Kulkas Ungkep’ Samsung punya kompartemen khusus yang disebut Optimal Fresh+ yang terletak di bagian atas fridge. Kompartemen Optimal Fresh+ punya empat mode pendinginan sehingga konsumen bisa menyimpan aneka bahan makanan lain sesuai keperluannya.

Pertama adalah soft freeze mode, untuk menyimpan makanan ungkep, daging, ayam, ikan, dan bahan makanan lain pada suhu -40C, sehingga bahan makanan bisa disimpan lebih lama tanpa menjadi beku, sehingga siap masak kapan saja, tanpa proses defrost.

Lalu ada meat & fish mode untuk menyimpan daging atau ikan pada suhu dingin atau chilled di -10C, memberikan kesegaran yang tahan lebih lama dibandingkan penyimpanan pada fridge. Mode berikutnya adalah power cool mode yang dapat mendinginkan minuman minuman favorit Anda dua kali lebih cepat dibandingkan fridge. Dan mode terakhir adalah fridge mode, di mana kompartemen ini akan berada dalam suhu 30C. Cocok untuk menyimpan makanan seperti susu, yoghurt, dan keju.

#2 Pilih Kulkas Berkapasitas Lebih Besar untuk Penyimpanan Lebih Banyak

Chef Devina menyukai kulkas yang memiliki kapasitas besar. Chef yang juga seorang ibu sekaligus content creator ini, memang suka menyimpan banyak bahan makanan dan terbiasa memasak dalam porsi besar untuk keluarganya maupun dalam rangka konten. Tapi penyimpanan bahan makanan yang banyak perlu diperhatikan dengan cermat. Penyimpanan makanan yang cermat akan menjaga rasa makanan dan kesegaran lebih lama, dan mencegah kontaminasi.

Samsung TMF Bespoke Refrigerator 1

Menurut dia, bisa menyimpan lebih banyak akan membuat keluarga tak perlu sering-sering berbelanja. Dan dengan lebih banyak yang bisa disimpan, ibu bisa lebih mudah dalam melakukan meal planning.

Tapi biasanya kulkas berkapasitas besar membutuhkan ruang yang ukurannya pun besar. ‘Kulkas Ungkep’ terbaru dari Samsung punya solusi menarik. Kulkas ini dirancang dengan teknologi SpaceMaxTM, yang memberikan ruang penyimpanan internal hingga 20 liter lebih besar, tanpa memengaruhi dimensi luar kulkas. Rahasianya terletak pada dinding kulkas yang menggunakan bahan insulasi spesial urethane dengan efisiensi tinggi sehingga dinding kulkas bisa dirancang lebih tipis.

Tags: , , , ,


COMMENTS