April 30, 2022

Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband Berkualitas Saat Mudik Lebaran 2022

Penulis: Rizki R
Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband Berkualitas Saat Mudik Lebaran 2022  

Mobitekno – Seluruh titik transit transportasi dan sepanjang jalur mudik Idulfitri/Lebaran 2022 telah dipastikan diperkuat oleh jaringan broadband Telkomsel.

Upaya yang sudah dilakukan Telkomsel, antara lain, menambahkan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), penambahan kapasitas jaringan, serta monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan hingga momen arus balik.

”Kami memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi merata dan berkualitas,” ungkap Direktur Network Telkomsel Nugroho kepada Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate.

Nugroho mengatakan, Telkomsel sudah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh 15.371 km. Fokusnya untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband di 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia. Terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang diprediksi jadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran 2022.

Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

Ada juga 139 Posko Telkomsel Siaga untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan untuk produk dan layanan Telkomsel. Terutama di sepanjang jalur dan titik transit mudik, seperti di bandar udara, pelabuhan, terminal, dan stasiun kereta.

Nugroho mengatakan, Telkomsel telah memfokuskan pengamanan jaringan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial (pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan), 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Upaya penguatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui peningkatan kapasitas di 872 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 688 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah POI RAFI 2022.

Total ada penambahan kapasitas jaringan 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node), sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen RAFI 2022 menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps

Tags: , , , , ,


COMMENTS