April 30, 2022

Didukung Teknologi Cloudflare, Microsoft Uji Coba Fitur VPN Gratis di Browser Edge

Penulis: Iwan RS
Didukung Teknologi Cloudflare, Microsoft Uji Coba Fitur VPN Gratis di Browser Edge  

Mobitekno – Microsoft menambahkan fitur terintegrasi VPN gratis ke browser Edge terbarunya untuk meningkatkan keamanan dan privasi bagi pengguna.

Bagi pengguna yang kebagian fitur baru bernama “Microsoft Edge Secure Network” ini (melalui Dev channel build) dengan mengaktifkan “Secure Network protection” agar layanan VPN yang didukung Cloudflare dapat aktif. Microsoft menyatakan akan meluncurkannya ke publik dalam waktu dekat ini.

Saat aktif, Edge Secure Network akan mengenkripsi lalu lintas data pengguna di saat berselancar di Internet agar privasi pengguna lebih terjamin dari penyadapan pihak tertentu. Fitur baru ini juga memungkinkan pengguna menyembunyikan lokasi karena penerapan alamat IP virtual. Ini berarti pengguna dapat mengakses konten yang diblokir untuk negara tertentu, seperti layanan streaming Netflix atau Hulu.

Sayangnya, layanan gratis ini membatasi penggunaan data hingga 1GB per bulan, dan pengguna harus login dengan akun Microsoft sehingga perusahaan dapat melacak penggunaan mereka.

Microsoft menambahkan, meskipun Cloudflare akan mengumpulkan dukungan dan informasi diagnostik dari layanan, perusahaan akan secara permanen menghapus data itu setiap 25 jam.

Pengguna dapat mencoba preview awal melalui saluran Microsoft Edge Insider terlebih dahulu. Setelah men-download preview, pengguna dapat mencoba versi preview dengan membuka Edge, menuju ke Pengaturan dan lainnya, serta mengklik Secure Network.

Pada saat itu, pengguna akan diminta untuk masuk atau membuat Akun Microsoft. Setelah itu, ikon baru akan muncul di bagian kanan browser atau melalui menu “Settings”.

Microsoft Edge bukan browser pertama yang menawarkan fitur VPN. Sebelumnya, browser Opera telah menyertakan VPN gratis cukup lama dan Mozilla telah meluncurkan layanan VPN berbayar pada tahun 2020 lalu. Hadirnya fitur VPN di browser Edge menambah daya tarik tersediri bagi Microsoft dalam persaingannya menjadi browser pilihan di Windows OS.

Tags: , , , ,


COMMENTS