June 15, 2022

Eksis Hampir Tiga Dekade, Microsoft Akhir Pensiunkan Browser Internet Explorer

Penulis: Iwan RS
Eksis Hampir Tiga Dekade, Microsoft Akhir Pensiunkan Browser Internet Explorer  

Mobitekno – Microsoft telah mengumumkan jadwal pensiun browser Windows, Internet Explorer yang sudah eksis selama 27 tahun. Browser ini akan sepenuhnya dihilangkan dari Windows sejak 15 Juni.

Internet Explorer (IE) diluncurkan pada tahun 1995 sebagai paket tambahan untuk Windows 95. Microsoft kemudian mulai menyediakan aplikasi secara gratis sebagai bagian dari paket.

Masa kejayaan IE dengan persentase pengguna mencapai 95 persen terjad pada tahun 2003. Sayangnya, IE tidak dapat mempertahankan basis penggunanya dan perlahan mulai menurun secara drastis karena munculnya beberapa pesaing browser lain dengan interface (antarmuka) yang lebih menarik, intuitif, lebih responsif, dan cepat dalam mebuka halaman web.

Internet Explorer dari waktu ke waktu akn menjelma menjadi browser standar (default) yang hanya digunakan untuk meng-install browser lainnya seperti Firefox atau Chrome.

IE 02

Meski pengemebangan IE berakhir, Microsoft sejauh ini memang sudah memiliki browser penerus. Menurut kata Sean Lyndersay, manajer program Microsoft Edge, masa depan Internet Explorer di Windows 10 atau lebih baru ada pada browser barunya Microsoft Edge.

“Microsoft Edge tidak hanya lebih cepat, lebih aman, dan menghadirkan pengalaman berselancar yang lebih kontemporer daripada Internet Explorer, tetapi juga mengatasi masalah penting, seperti kompatibilitas untuk situs web dan aplikasi lama,” tambahnya.

Microsoft juga telah mengantisipasi keraguan sebagian pengguna yang selama ini masih menggunakan I.E. karena alasan kompatibilitas dengan situs web dengan standar lama (IE). Mode Internet Explorer (‘mode IE’) telah diintegrasikan ke dalam browser Microsoft Edge agar pengguna masih tetap dapat membuka atau melihat situs web dan aplikasi lama yang berbasis Internet Explorer langsung dari Microsoft Edge.

Tags: , , ,


COMMENTS