January 29, 2022

Strategi Fitur Inovatif dan Kemitraan Sukses Tumbuhkan Jumlah Pengguna dan Transaksi Dompet Digital DANA

Penulis: Iwan RS
Strategi Fitur Inovatif dan Kemitraan Sukses Tumbuhkan Jumlah Pengguna dan Transaksi Dompet Digital DANA  

Mobitekno – Platform dompet digital DANA mendapat angin segar terkait pertumbuhan pengguna dan transaksinya sepanjang tahun 2021. Sepanjang 2021, pengguna Dana bertambah 45 juta sehingga totalnya mencapai 95 juta pengguna. Adapun volume transaksi meningkat 143% (year on year/yoy) pada 2021.

Hal ini tentu semakin menambah optimisme DANA menjalani tahun 2022 di tengah terpaan rumor alih kepemilikian dari EMTEK dan Alibaba ke Sinarmas Group melalui PT Smartfren Telecom.

Banyak pihak menduga EMTEK akan menjual DANA ke Sinarmas mengingat EMTEK saat ini sudah terlibat di dompet digital OVO yang dikelola bersama GRAB. Dugaan ini semakin menguat dengan adanya joint venture FREN dan FDSL (Fonixtree Digital Singapore Ltd) yang terafiliasi dengan Whale Cloud Technology Co Ltd, yang dimiliki Alibaba.

Adapun perjanjian joint venture terkait pembentukan PT Nuri Gaya Citra yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah digital pada pelanggan Smartfren. Smartffren sendiri sudah memberi konfirmasi jika DANA hinga saat ini hanya menjadi mitra strategis.

Berbeda dengan beberapa dompet digital yang gencar melakukan promosi diskon, DANA lebih memfokuskan strateginya pertumbuhan pelanggan dan transaksinya dengan peningkatan fitur inovatif dan kemitraan yang luas dengan berbagai pihak.

“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai sebuah kebutuhan,” ujar Chief of Product Dana Rangga Wiseno pada jumpa pers oline belum lama ini (29/1/2022).

Director of Business Development DANA, Dedy Sahat mengatakan, pertumbuhan transaksi DANA banyak didorong oleh layanan pembayaran di jaringan toko ritel dan mitra. Misalnya, dengan mitra perbankan BCA, BRI, dan Mandiri, DANA menyediakan layanan simpan kartu. Transaksi juga terdongkrak oleh integrasi layanan di platform lain, seperti TikTok, Google Play, Steam, dan Huawei Store.

Pertumbuhan juga terjadi pada beberapa fitur favorit pengguna, seperti QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, Kirim uang, dan fitur Dana Bisnis

Fitur terakhir ini membuat DANA sukses membantu 400 ribu UMKM melakukan transformasi digital di tengah pandemi Covid-19. Setidaknya terjadi peningkatan transaksi sebesar 35 persen.

Fitur Simpan Kartu (Card binding) juga makin diminati oleh pengguna. Jumlah pengguna yang menyimpan kartu (debit maupun kredit) di Dana tumbuh 34 persen di 2021. Sementara jumlah kartu yang disimpan dalam dompet digital Dana sepanjang 2021 meningkat 29 persen.

Terlkait keamanan, DANA telah memperkuat proses verifikasi dengan mengimplementasikan Dana VIZ untuk untuk menjaga data dan transaksi pengguna lewat verifikasi wajah.

“DANA tidak melihat lembaga keuangan dan perbankan sebagai pesaing, melainkan mitra strategis untuk mempercepat inklusi keuangan digital. Karena itu, di tahun 2021 ada belasan program maupun kampanye yang kami lakukan dengan mitra perbankan,” kata Director of Business Development Dana Dedy Sahat.

Sejauh ini DANA sudah terhubung langsung dengan bank BUKU IV dan terkoneksi langsung dan tidak langsung dengan semua bank di Indonesia melalui Acquiring Bank dan Switching. Ini menjadi bukti bahwa DANA tidak melihat perbankan sebagai pesaing atau sebaliknya, tetapi merupakan mitra yang penting untuk sama-sama bertumbuh ke depan.

Tahun ini DANA akan melakukan beberapa inisiatif baru, diantaranya menyederhanakan proses on boarding dan integrasi dengan mitra, serta meluncurkan beberapa produk yang berkaitan dengan asuransi dan pinjaman (paylater).

Tags: , , ,


COMMENTS