December 9, 2020

Dukung UMKM dan Cashless Society, Ini Strategi DANA Masuki Tahun 2021

Penulis: Iwan RS
Dukung UMKM dan Cashless Society, Ini Strategi DANA Masuki Tahun 2021  

Mobitekno – Tahun 2020 akan segera berakhir. Agar pengalaman tahun ini bisa menjadi modal penting dalam menghadapi tahun berikutnya, e-wallet atau dompet digital DANA secara khusus melakukan ‘napak tilas’ perjalanan bisnisnya sepanjang tahun 2020. Tahun yang dirasakan banyak pihak penuh dengan tantangan karena dampak multi-dimensi pandemi COVID-19.

Dampak pandemi ke berbagai sisi kehidupan masyarakat membuat banyak interaksi antar-manusia menjadi terbatas karena aturan PSBB selama masa pandemi. Kebiasaan baru pun harus ditempuh, seperti bekerja dari rumah (WFH), pembelajaran jarak jauh, hingga kewajban mematuhi protokol kesehatan atau 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak Aman, dan Mencuci Tangan).

Banyak yang meyakini, masa-masa sebelum pandemi tidak akan kembali seperti semula jika pandemi berakhir nanti. Masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut. Tidak mudah alias harus dijalani secara perlahan dan didukung semua pihak.

Selain bertujuan mendukung cashless society dan meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, DANA pun ingin berkontribusi mendukung proses transisi masyarakat dengan terus berinovasi mengembangkan beragan fitur baru pada aplikasinya.

DANA juga tetap berkomitmen membantu UMKM dan masyarakat dalam melakukan transformasi digital yang semakin dianggap penting ke depan, terutama dala menghadapi berbagai jenis disrupsi. Startup fintech ini berniat terus menggandeng lebih banyak UMKM, termasuk meningkatkan layanan bagi masyarakat Indonesia.

Vincent Iswara, CEO DANA, menghadapi tahun 2021 nanti DANA akan terus mendorong UMKM mengadopsi ekosistem pembayaran digital dan mendorong masyarakat Indonesia menuju cashless society. Untuk itu, DANA menyiapkan strateginya yang disebut 3T atau technology, trust, dan team.

Dari segi teknologi, DANA akan mengembangkan lebih banyak layanan yang berbasis teknologi. Teknologi ini juga akan dipakai untuk meningkatkan keamanan transaksi, privasi data dan kepercayaan pengguna.

Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA dalam paparannya terkait perkembangan fitur DANA menyatakan bahwa mereka sudah menerapkan pembayaran dengan standar QRIS dari Bank Indonesia sejak kuartal pertama 2020.

Pada Januari 2020, DANA pun telah bekerjasama dengan Apple sehingga DANA telah didukung sebagai mitra pembayaran layanan Apple di Indonesia. Dengan demikian, pembayaran di App Store, Apple Music, Apple TV, iTunes dan iCloud bisa dilakukan dengan DANA. Di samping Apple, pemabyaran via DANA pun sudah didukung di layanan Spotify dan TikTok.

Sektor investasi juga tidak luput dari perhatian DANA. Dengan kemitraannya dengan platform investasi Pluang, telah hadir fitur DANA eMAS yang menyediakan fasilitas investasi emas secara mudah, aman, dan terjangkau bagi masayarakat. Ada pula kemitraan dengan PasarPolis untuk fitur DANA Siaga yang menyediakan perlindungan dalam membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan mudah dan terjangkau bagi masyarakat.

Inovasi DANA tidak berhenti meski pandemi COVID-19 terjadi awal tahun. Beberapa fitur terkait Siap Siaga COVID-19 dihadirkan DANA. Diantaranya, Pendataan Warung yang turut mendukung kampanye #BelanjadiWarungTetangga dan Mini Service Warung Pangan. Terkait program CSR (Corporate Social Responsibility), DANA bersama Kitabisa.com dan benihbaik.com aktif membantu penyediaan tempat singgah bagi tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadi pandemi COVID-19.

Program lainnya yang dikembangkan selama pandemi yang tidak kalah pentingnya adalah DANA Delivery, Mitra Kartu Prakerja, DANA Bisnis, dan Program 11.11. DANA juga mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk membantu UMKM menyelenggarakan promo.

Kebutuhan pengurusan pajak kendaraan bermotor pun didukung DANA dengan fitur e-Samsat, sehingga pemiliki kendaraan bermotor tak perlu repot mengurus keluar. Pembayaran tagihan lain yang mencakup listrik, air, gas dan lain-lai dapat dengan mudah dilakukan melalui DANA Biller. Fitur ini pun memungkinkan untuk membayar transaksi e-commerce. Ketika di lokasi parkir tertentu pun tersedia fitur DANA Parking yang memudahkan pembayaran secara contactless dan nontunai.

Bagi yang mengguna senang jajan makanan dan minuman, bisa memanfaatkan DANA Home Shopping. Fitur ini memungkinkan untuk memesan jajanan melalui WhatsApp kemudian membayarnya menggunakan DANA QRIS. Penilaian ke para merchant DANA pun bisa dilakukan melalui User Rating Review sehingga memudahkan pengguna untuk memilah berdasarkan review.

Fitur keamanan bagi pengguna menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan apliaksi DANA. Di era data adalah mata uang baru, aplikasi DANA selalu ditingkatkan fitur keamannya secara berkala tanpa harus mengurangi kenyamanan pengguna. Salah satu fitur yang hadir tahun ini adalah Face Login yang bukan hanya tersedai bagi pengguna DANA Premium, tapi juga pengguna yang belum melakukan upgrade akun.

Berbagai fitur dan inisiatif telah dihadirkan oleh DANA sepanjang tahun 2020 agar kebutuhan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan menjadi semakin mudah. Pandemi bukan menjadi penghalang bagi DANA untuk berkembang, tapi justru menjadi katalis bagi DANA dalam berinovasi untuk menciptakan cashless society dan mendukung digital ekonomi Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS