August 27, 2022

Hadirkan Data Center yang Ramah Lingkungan, Matrix NAP Info Adopsi Teknologi Huawei

Penulis: Iwan RS
Hadirkan Data Center yang Ramah Lingkungan, Matrix NAP Info Adopsi Teknologi Huawei  

Mobitekno – Pemerintah RI sudah mencanangkan komitmennya untuk mendorong penerapan green economic lewat pembangunan infrastruktur mulai dari hulu hingga hilir. Untuk sisi hulu, pemerintah mengupayakan inftrastruktur jaringan yang ramah lingkungan, sedangkan sisi hilir, misalnya adalah dengan mendorong pembangunan green data cente (green DC).

Matrix NAP Info (PT. NAP Info Lintas Nusa) turut mendukung visi pemerintah dengan menghadirkan fasilitas kolokasi jaringan ramah lingkungan di Indonesia di Phase II Matrix Data Center (MDC)-JK3, Plaza Kuningan yang resmi beroperasi dan siap melayani pasar dengan jumlah rak server Phase II sebanyak 60 rak.

Dalam acara peluncuran Phase II MDC-JK3 yang dihadiri oleh hampir 100 perwakilan pelanggan dan mitra NAP Info ini, Thomas Dragono selaku Managing Director Matrix NAP Info menjelaskan bahwa Matrix Data Center (MDC) JK3 yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan Huawei tersebut telah memungkinkan mereka untuk membangun Data Center yang ramah lingkungan karena minim emisi karbon.

Internet menjadi salah satu faktor pendukung perkembangan perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Berdasarkan laporan APJII tahun 2022, tingkat literasi digital Indonesia meningkat signifikan dengan melonjaknya angka penetrasi internet ke 77% dari 270 juta populasi nasional di tahun 2021.

Thomas menambahkan bahwa selain mendukung konektivitas nasional dalam Peta Jalan Digital Indonesia untuk tahun 2021-2024, kehadiran MDC-JK3 menjadikan Matrix NAP Info akan mampu memfasilitasi lebih dari 780 anggota APJII dalam menyediakan layanan yang lebih stabil, kuat, dan dapat diandalkan.

Green data center Matrix NAF 02

Andy Liu, CEO Digital Power, Huawei Indonesia, menyatakan bahwa terdapat sejumlah tantangan dalam konstruksi DC (pusat data) tradisional yang ratio PUE-nya (Power Usage Effectiveness) lebih dari 2, efisiensi penggunaan ruang yang rendah, waktu konstruksi yang lama, dan O&M (Operation and maintenance) yang kompleks.

“Sebagai penyedia solusi TIK dan pusat data Huawei menjadi bagian dari pembangunan pusat data ini, bersama dengan Matrix NAP Info, dengan menggabungkan teknologi Huawei. Untuk membantu Indonesia membangun pusat data yang lebih hijau, lebih cepat, dan lebih cerdas sebagai landasan guna mendukung Green Digital Indonesia,” tambah Andy Liu.

Proyek ini dilaksanakan dengan mengadopsi solusi dari Huawei, yakni Smart Modular Data Center Solution, guna mewujudkan DC yang Lebih Berkelanjutan, Andal, Cerdas, dan Lebih Sederhana. Berikut ini penjelasan masing-masing.

Berkelanjutan: Desain lorong terkurung (confined) dengan catu daya dan sistem pendingin yang efisien, mengurangi konsumsi energi lebih dari 25% dibandingkan dengan solusi tradisional.

Andal: Desain Uptime Tier III, UPS redundant 2N, sistem pendingin redundant N+1, baterai litium sel pengaman LFP, sistem pemadam kebakaran baterai tingkat kabinet, tanpa risiko kebakaran baterai, dengan tingkat keandalan sampai dengan 99,999%.

Cerdas: Deteksi real-time suhu dan kelembaban, kebocoran air, UPS, baterai, dan parameter operasional sistem pengatur suhu udara (air-conditioning). Pengunggahan alarm secara real-time, serta pelaporan dan penanganan kesalahan urutan kerja secara real-time, guna memastikan keamanan peralatan penyewa.

Lebih Sederhana: teknologi UPS Modular dan DC Modular, yang dapat diinstal dengan cepat dalam waktu 3 bulan, serta dengan pemeliharaan dan penggantian bagian rusak yang hanya memakan waktu 10 menit di tempat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS