July 26, 2022

Tidak Usah Diragukan Lagi, Pengukuran SpO2 di Galaxy Watch4 Sudah Seakurat Alat Medis Tradisional

Penulis: Desmal Andi
Tidak Usah Diragukan Lagi, Pengukuran SpO2 di Galaxy Watch4 Sudah Seakurat Alat Medis Tradisional  

Mobitekno – Kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru dari Samsung Medical dan Samsung Electronics yang baru saja keluar. Jadi, dari hasil studi yang diterbitkan jurnal medis National Sleep Foundation “Sleep Health” ini, disimpulkan bahwa keakuratan pengukuran SpO2 di Galaxy Watch4 sudah sama dengan alat medis.Ini membuat smartwatch Samsung ini bisa menjadi alat untuk pengukuran OSA (Obstructive Sleep Apnea) yang akurat.

Studi tersebut memantau sekitar 97 orang dewasa yang memiliki gangguan tidur di dalam hidupnya. Dan hasilnya, ternyata Galaxy Watch4 bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut, terutama mahalnya biaya alat pengukuran tradisional, yang biasa digunakan saat memeriksakan ke klinik medis.

Galaxy Watch4 sendiri juga dilengkapi dengan reflectance pulse oximeter module yang saat digunakan tetap bisa bersentuhan dengan kulit pengguna secara terus menerus. Sensor SpO2 ini terdiri dari delapan fotodioda yang dapat mendeteksi cahaya yang dipantulkan dan menangkap sinyal PPG pada frekuensi sampling 25Hz.

WhatsApp Image 2022 07 26 at 7.28.31 PM
Fitur di Galaxy Watch 4 bisa bantu penderita gangguan tidur

Solusi Untuk Memantau Kesehatan Seseorang dengan Lebih Akurat

Sebagai informasi, Obstructive Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang umum. Diperkirakan hingga 38% orang dewasa menderita OSA. Hingga 50% pria dan 25% wanita dalam kelompok populasi usia paruh baya menghadapi OSA sedang hingga berat.

Jadi, guna membantu banyak orang terhindar dari gangguan tidur, penelitian ini meminta para peneliti melakukan pengukuran simultan terhadap puluhan orang dewasa yang menderita gangguan tidur, menggunakan Galaxy Watch4 dan sistem medis tradisional sebagai perbandingan.

Dan hasilnya ternyata tidak sia-sia. Para peneliti berhasil menemukan bahwa pembacaan sensor pada Galaxy Watch4 dan perangkat medis tradisional, ternyata bisa berjalan bersamaan secara selaras. Ini tentunya membuktikan bahwa Galaxy Watch4 memang dapat melakukan pengukuran saturasi oksigen yang akurat selama tidur. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa para penderita gangguan tidur bisa memanfaatkan smartwatch ini untuk membantu mengurangi tagihan medis dan biaya pemeriksaan di rumah sakit.

Fitur Galaxy Watch4
Fitur Galaxy Watch4 Series

Samsung Galaxy Watch4 sendiri hadir dengan dua varian, yaitu Galaxy Watch4 classic) dan Galaxy Watch4 Active. Galaxy Watch4 Active tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm.

Tags: , , ,


COMMENTS