April 26, 2022

Upgrade Smartphone Jadi Tren Jelang Lebaran 2022

Penulis: Desmal Andi
Upgrade Smartphone Jadi Tren Jelang Lebaran 2022  

Mobitekno – Bulan Ramadan selalu menjadi salah satu periode yang paling ditunggu masyarakat. Umumnya, periode ini juga ditandai dengan meningkatnya belanja untuk berbagai kebutuhan. Menyambut bulan Ramadan tahun ini, Xiaomi, perusahaan elektronik konsumen dan teknologi manufaktur pintar yang berfokus pada smartphone, perangkat pintar, dan platform Internet of Things (IoT) melakukan survei Ramadan 2022. Survei ini dilakukan 14-17 April 2022 kepada 543 responden dengan rentang usia 20-35 tahun. Dari survei tersebut ditemukan beberapa hasil menarik, antara lain sebagai berikut;

Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk upgrade smartphone

Smartphone telah menjadi kebutuhan wajib masyarakat untuk mengakomodir seluruh kebutuhan, dari berkomunikasi, menikmati hiburan, hingga kegiatan produktivitas. Dan seiring berkembangnya waktu, teknologi dan fitur yang dihadirkan juga semakin meningkat. Ini yang menjadi alasan masyarakat untuk upgrade smartphone ke seri yang lebih baru. Dari survei yang dilakukan, 43.1% responden memilih periode bulan Ramadan menjadi saat yang tepat untuk mengganti (upgrade) ke smartphone yang lebih baru. Ada beberapa alasan kenapa masyarakat memilih untuk upgrade smartphone, dimana 51.2% menyatakan smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbaharui, sementara 35.4% responden menyatakan ingin menikmati inovasi teknologi yang lebih baru.

Kenyataannya memang sangatlah penting sebuah smartphone harus memiliki fitur dan teknologi terkini agar mendukung aktivitas sehari-hari mulai dari komunikasi, menikmati konten, mengabadikan momen serta memiliki daya tahan lama. Beberapa faktor penting yang harus dimiliki smartphone modern saat ini adalah prosesor yang mumpuni, kamera berkualitas, baterai besar, serta layar Super AMOLED untuk kenyamanan saat digunakan di luar ruangan. Ditambah lagi dengan meningkatnya metode pembayaran cashless, salah satu fitur smartphone yang paling banyak dicari adalah NFC atau Near Field Communication, sehingga memungkinkan pengguna untuk bertukar file dengan cepat atau melakukan pembayaran secara cashless.

Mengabadikan foto yang maksimal menggunakan smartphone baru saat Hari Raya

Seiring meningkatnya teknologi, smartphone model baru umumnya dilengkapi kamera dan teknologi AI yang lebih mumpuni. Dari hasil survei, 51.9% responden menginginkan untuk dapat mengabadikan foto bersama pada saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru. Hasil ini cukup dominan dibandingkan 13% responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11.9% responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan smartphone yang mampu menghasilkan kualitas foto yang baik di segala kondisi. Karena itulah smartphone wajib memiliki beberapa jenis kamera, seperti kamera utama, kamera ultra-wide, kamera makro maupun kamera selfie. Saat ini, kamera berukuran 108MP merupakan ukuran kamera smartphone terbesar dan paling dicari, karena kemampuannya untuk menghasilkan gambar dengan ketajaman paling baik. Teknologi AI (artificial intelligence) juga menjadi nilai plus bagi sebuah smartphone, karena dengan teknologi AI, smartphone akan memiliki kemampuan lebih baik dalam menganalisa kondisi cahaya dan pemrosesan sebuah foto.

Survei Xiaomi tentang kebiasaan masyarakat jelang lebaran

Memaksimalkan THR untuk mendapatkan produk terbaru dengan promo terbaik

Pada saat responden mendapatkan pertanyaan apa yang menjadi pertimbangan hingga akhirnya memutuskan membeli smartphone saat bulan Ramadan atau jelang Hari Raya Idul Fitri, 45.1% menjawab bahwa momen Ramadan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka, disamping itu 20.1% menyatakan bahwa momen Ramadan ini merupakan waktu yang terbaik karena mereka baru saja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Smartphone dibawah 4 juta rupiah merupakan pilihan favorit

Dari sisi harga smartphone yang hendak dibeli pada saat lebaran, mayoritas responden, 74.9% memilih smartphone dengan rentang harga 2 juta sampai dengan 4 juta rupiah. Hal ini tidak mengherankan, mengingat segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat. Sementara soal faktor penting yang harus ada di dalam smartphone pilihan, 77.5% menginginkan smartphone compact yang memiliki desain menarik dan elegan, serta 48.4% menginginkan perangkat kamera yang mumpuni.

Menanggapi Survei Ramadan 2022 kali ini, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse menyampaikan bahwa teknologi smartphone telah berkembang sedemikian pesat dan bukan hanya sekedar perangkat komunikasi saja, namun juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang ingin mengabadikan momen kebersamaan di hari raya. “Redmi Note 11 Series merupakan smartphone jawara yang hadir dengan segala keunggulan di setiap aspek mulai dari layar, desain, performa, baterai, kamera, dan fitur pelengkap lainnya. Seri ini adalah pilihan pintar dalam mendapatkan smartphone yang bisa mendampingi segala aktivitas pengguna sehari-hari,” ujar Alvin.

Sebagai seri best-selling yang memiliki julukan Jawaranya Semua Tantangan ini, Redmi Note 11 Series juga memiliki spesifikasi jawara, seperti layar Super AMOLED dengan refresh rate yang tinggi, chipset yang memiliki performa tanpa tanding, baterai berkapasitas besar yang mendukung pengisian daya cepat, desain flat-frame yang mewah, serta dukungan sertifikasi IP53 dan NFC yang menjadikannya pilihan terbaik.

Redmi Note 11 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 2,499,000 sedangkan Redmi Note 11 Pro tersedia mulai harga Rp 3,499,000

Tags: , , ,


COMMENTS