September 21, 2022

Mercedes-Benz Perkenalkan Truk Listrik eActros LongHaul dengan Kemampuan Jelajah 500 km

Penulis: Muhammad Rizki
Mercedes-Benz Perkenalkan Truk Listrik eActros LongHaul dengan Kemampuan Jelajah 500 km  

Mobitekno – Mercedes-Benz Trucks telah meluncurkan truk listrik jarak jauhnya, yaitu eActros LongHaul.di pameran IAA Transportation 2022, Hannover akhir pekan ini.

Daimler Trucks, divisi truk komersial dari produsen mobil Jerman yang menjadi payung banyak merek seperti Mercedes-Benz Trucks dan Freightliner, telah menjadi pemimpin dalam elektrifikasi dengan portofolio truk baterai-listrik yang terus berkembang.

Perusahaan telah membuat sejumlah kemajuan signifikan dengan truk listrik, seperti eCascadia, semitruck listrik class 8, dan eActros, sebuah truk listrik perkotaan jarak pendek. Di tahun 2020, Mercedes-Benz mengumumkan eActros LongHaul, versi jarak jauh baru dari eActros.

Daimler telah mengkonfirmasi bahwa truk anyar tersebut dilengkapi dengan tiga paket baterai dengan total kapasitas lebih dari 600 kWh.

“eActros LongHaul yang dipresentasikan di IAA memberikan bahasa desain kendaraan produksi dengan kontur yang jelas dan strip lampu LED di area depan. Mercedes-Benz Trucks juga telah mengumumkan informasi tambahan tentang seri eActros LongHaul. Tiga paket baterai menyediakan total kapasitas yang terpasang lebih dari 600 kWh dan dua motor listrik, sebagai bagian dari poros listrik baru, menghasilkan output terus menerus sebesar 400 kW dan output puncak lebih dari 600 kW,” terang perusahaan dikutip Mobitekno dari Electrek, Rabu (21/9).

Perusahaan juga menyinggung terkait kemampuan jelajah sekitar 500 km dengan sekali pengisian daya. Akan tetapi, Mercedes-Benz tidak mengonfirmasi apakah itu dengan muatan penuh atau tidak.

Menariknya, Mercedes-Benz mengonfirmasi bahwa baterai eActros LongHaul menggunakan sel baterai LFP. Dalam hal ini, baterai yang digunakan dalam eActros LongHaul menggunakan teknologi sel lithium-iron phosphate (LFP). Ini dicirikan, di atas segalanya, dengan masa pakai yang lama dan energi yang lebih bermanfaat.

Mercedes juga mencatat bahwa paket baterai truk dapat diisi dari 20 hingga 80% dalam kurang dari 30 menit saat menggunakan stasiun pengisian daya dengan output sekitar satu megawatt.

eActros LongHaul akan dibangun di jalur perakitan Mercedes-Benz Trucks yang ada di pabrik truk Wörth. Prototipe pertama sudah menjalani pengujian dan ‘prototipe produksi baru’ akan diuji dalam kasus penggunaan dunia nyata oleh pelanggan tahun depan. Volume produksi direncanakan pada tahun 2024.

Bersamaan dengan eActros LongHaul, Mercedes-Benz Trucks mengumumkan varian baru eActros, eActros 300, yang dilengkapi dengan tiga paket, dengan kapasitas energi masing-masing sekitar 112 kWh. Ini memungkinkan jangkauan “hingga 220 km,” atau sekitar 137 mil dengan sekali pengisian daya.

Versi baru ini akan tersedia pada paruh kedua tahun 2023.

Tags: , , , ,


COMMENTS