August 19, 2022

Huawei Luncurkan “Asia-Pacific Seeds for the Future 2022” untuk Cetak Talenta Digital Masa Depan

Penulis: Iwan RS
Huawei Luncurkan “Asia-Pacific Seeds for the Future 2022” untuk Cetak Talenta Digital Masa Depan  

Mobitekno – Berkolaborasi dengan ASEAN Foundation, program Seeds for the Future Asia Pasifik 2022 yang berlangsung dari tanggal 19-27 Agustus ini bermisi untuk mengembangkan talenta digital dari 16 negara Asia Pasifik.

Total 120 siswa (56 siswa perempuan, termasuk 10 mahasiswa terbaik dari Indonesia akan mengikuti agenda kegiatan digital boot camp selama sembilan hari di Thailand akan ditantang dalam menciptakan solusi-solusi teknologi yang mampu menjawab permasalahan sosial masa kini melalui kegiatan-kegiatan dalam Tech4Good.

Perhelatan ini dianggap penting untuk menciptakan kolaborasi multiple helix dalam membangun fondasi yang kokoh bagi ekosistem talenta digital di kawasan Asia Pasifik.

Wakil PM dan Menteri Perdagangan Thailand, Jurin Laksanawisit menyatakan terima kasihnya kepada Huawei yang telah menyelenggarakan kegiatan bersama berbagai pihak dalam mendukung pengembangan kapasitas talenta-talenta muda di bidang TIK menghadapi dinamika yang terjadi.

Huawei Seeds for the Future 02

Huawei Seeds for the Future 03

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi mengapresiasi inisiatif dan dukungan Huawei dalam menyiapkan generasi muda ASEAN di tengah dinamika perubahan dunia kerja dan kebutuhan industri. Ia juga mengapresiasi Huawei ASEAN Academy dalam mengasah skill 23.465 profesional TIK di negara Malaysia, Thailand, Kamboja, hingga Indonesia.

Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, Yang Mee Eng menekankan pentingnya kolaborasi berbabagi pihak, termasuk pemangku kepentingan di ASEAN untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang mendukung para generasi muda yang siap di bidang digital.

President of Huawei Asia Pacific, Simon Lin menegaskan komitmen Huawei membangun talenta digital masa depan. Kata ‘seeds’ bermakna harapan, cita-cita dan masa depan. Program CSR Huawei ini memang punya riwayat panjang di hampir 140 negara dan kawasan, menjangkau lebih dari 12 ribu siswa dari 500 universitas di dunia.

Simon mengistilahkan bahwa ‘benih’ itu telah tumbuh menjadi ‘hutan’ bagi dunia. Menurutnya, SDM di sektor digital menjadi kunci bagi terwujudnya transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Huawei Seeds for the Future 04

Huawei yakin bahwa generasi mudah akan tumbuh menjadi tulang punggung bagi pembangunan di Asia Pasifik apabila mereka diberi kesempatan untuk meraih mimpi-mimpi teknologi mereka.

Huawei Indonesia turut ambil bagian dalam program ini dengan mengirimkan 10 peserta terpilih dari sejumlah program kolaborasi yang telah digelar, seperti Huawei ICT Competition, program beasiswa Huawei Digital Talent Scholarship bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, program Huawei Study Internship (Certified Independent Study Internship, MSIB), juga Huawei AI Digital Intelligence yang berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada.

Jacky Chen, CEO of Huawei Indonesia menyatakan bahwa program ini menjadi pembuktian komitmen jangka panjang Huawei dalam mengembangkan kecakapan bagi talenta-talenta digital Indonesia.

“Terinspirasi oleh komitmen Hauwei I DO, program ini telah menjadi wujud kesiapan dalam memenuhi adanya kebutuhan paling tidak 100 ribu talenta-talenta digital Indonesia pada tahun 2025. Hingga hari ini, Huawei sudah menyiapkan sebanyak 64 ribu SDM digital. Angka ini sudah lebih dari setengah perjalanan dari target yang kami hendak capai,” tambah Jacky Chen.

Setelah menyelesaikan program, para peserta akan mendapatkan sertifikat prestasi dari ASEAN Foundation dan Huawei serta mendapatkan prospek yang lebih baik dalam memulai karier di Huawei dan mitra solusinya.

Adapun lima (5) tim teratas akan bergabung dengan Tech4Good Accelerator Camp di Singapura (28 Agustus – 4 September 2022), dan berkesempatan memenangkan uang tunai hadiah untuk mendanai proyek mereka dan mewakili negara mereka dalam kompetisi global pada akhir 2022.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS