March 18, 2022

Dukungan Telkomsel di MotoGP Mandalika, Gelar Jaringan Hyper 5G

Penulis: Muhammad R
Dukungan Telkomsel di MotoGP Mandalika, Gelar Jaringan Hyper 5G  

Mobitekno – Melalui penggelaran jaringan Hyper 5G, Telkomsel menyatakan dukungannya untuk balap motor internasional MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Network Telkomsel Nugroho memperkirakan puluhan ribu orang akan memadati area MotoGP 2022 di Mandalika. “Kami turut menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase Telkomsel 5G Experience yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit,” kata Nugroho, Jumat, (18/3).

Selain itu, Telkomsel juga mendukung fasilitas jaringan 4G/LTE yang merata dan setara. Fasilitas ini untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi serta dapat lancar membagikan momen seru ini melalui berbagai platform media sosial.

Harapan lain adalah kemeriahan ini berimbas ke pariwisata lokal NTB. “Kami berharap upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” kata Nugroho.

Telkomsel telah menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi, khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika. Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE.

Selain itu, Telkomsel turut melakukan penambahan dan penguatan kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, seperti area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, titik-titik transit transportasi, seperti bandara dan pelabuhan, tempat destinasi wisata, hingga Mandalika International Street Circuit.

Untuk jaringan dan layanan Hyper 5G, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Ada juga tambahan frekuensi 3500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26000 MHz) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika selama gelaran MotoGP Mandalika.

Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2100 MHz, 2300 MHz, dan 2500 MHz dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Sedangkan pada pengujian menggunakan frekuensi millimeter wave 26 GHz, kecepatan Hyper 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 5 Gbps.

Tags: , , ,


COMMENTS