November 15, 2022

Icip-Icip Laptop Gaming ASUS, Mulai dari TUF Dash F15 hingga ROG ROG FLOW Z13

Penulis: Desmal Andi
Icip-Icip Laptop Gaming ASUS, Mulai dari TUF Dash F15 hingga ROG ROG FLOW Z13  

Mobitekno – Di ranah dunia gaming, brand ASUS tentu sudah tidak asing lagi buat banyak orang, terutama gamer. Melalui produk seperti ASUS ROG Series dan TUF Gaming, gamer bisa berkompetisi dengan lancar tanpa adanya hambatan. Tidak hanya terbatas pada gamer profesional saja, tetapi juga pemula. Bahkan melalui laptop-laptop gaming besutan ASUS ini, sudah banyak gamer mendulang prestasi di berbagai kejuaraan gaming.

Lini produk ASUS di segmen gaming pun kini semakin ramai. Hal ini karena selain perkembangan teknologi laptop yang semakin kencang, terutama di sisi chipset dan graphics, juga karena memenuhi kebutuhan gamer, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, produk-produk seperti ASUS TUF Dash F15 FX517, TUF Gaming F15 FX507, ROG Strix SCAR 17 SE, ROG Zephyrus G15, ROG FLOW Z13, dan ROG XG Mobile menjadi impian para gamer. Produk-produk ini selain menawarkan performa kencang, juga dibekali fitur lainnya untuk menunjang produktivitas.

ASUS TUF DASH F15 FX517

TUF Dash F15 (FX517) tampil lebih minimalis bahkan tidak tampak seperti laptop gaming pada umumnya. Bagian belakang layarnya hanya terdapat satu logo TUF yang disematkan di pojok sebelah kanan atas. Sementara sisa ruang yang ada hanya diisi oleh warna Off Black atau Moonlight White, dua warna yang tersedia untuk TUF Dash F15 (FX517).

Jika diperhatikan lebih jauh, TUF Dash F15 (FX517) mengambil berbagai elemen desain yang pernah digunakan di laptop gaming ROG Zephyrus. Salah satu elemen yang digunakan adalah V-Cut Design pada layar yang secara praktis dapat membuat lampu indikator di TUF Dash F15 (FX517) dapat tetap terlihat saat layar laptop dalam keadaan tertutup. Tidak hanya itu, V-Cut Design juga membuat lubang udara yang berada di bagian belakang laptop tidak tertahan oleh layar saat digunakan.

TUF Dash F15 (FX517) dibekali dengan CPU 12th Gen Intel Core H Series serta GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series. TUF Dash F15 (FX517) juga dirancang sebagai laptop “future proof” dan telah menggunakan DDR5 4800MHz sebagai memorinya. DDR5 merupakan memori generasi terbaru yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan DDR4. Ketersediaan portnya juga lengkap. Disediakan port fisik mulai dari USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta port gigabit ethernet bagi pengguna yang membutuhkan koneksi ke jaringan komputer melalui LAN. Sebagai laptop gaming modern yang ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core, TUF Dash F15 (FX517) tentu telah dibekali dengan port Thunderbolt 4 yang menggunakan interface USB Type-C.

TUF Gaming F15 FX507

TUF Gaming F15 ditenagai oleh  generasi terbaru serta chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru dengan TGP hingga 140W, memberikan kombinasi hardware yang sangat powerful untuk bermain game. Prosesor Intel Core Gen12 juga menjadi sumber kekuatan di laptop ini. Memorinya juga sudah menggunakan DDR5, lebih cepat dari DDR4 series. Sebagai laptop gaming, ada beberapa opsi graphics yang disediakan untuk TUF Gaming F15 FX507, mulai dari NVIDIA geForce RTX 307, 3060, 3050Ti, hingga 3050.

Portnya juga cukup lengkap. Terdapat 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt 4 support DisplayPort, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack. Kameranya menggunakan 720p HD Camera dengan sistem audio Dolby Atmos. Sementara baterainya berkemampuan 90WHrs.

ROG Strix SCAR 17 SE

ROG Strix SCAR 17 SE dihadirkan untuk para gamer hardcore yang mengutamakan performa. ROG Strix SCAR 17 SE berada di kasta tertinggi dari keluarga laptop ROG Strix SCAR. Selain performa kencang dari CPU 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX, ROG Strix SCAR 15 juga hadir dengan sederet fitur konektivitas, seperti ragam jenis port modern yang sangat lengkap hingga opsi konektivitas nirkabel berteknologi terkini.

Khusus di ROG Strix SCAR 17 Special Edition, CPU yang menggunakan konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) serta 24 thread tersebut juga telah ditingkatkan performanya. 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX yang digunakan di ROG Strix SCAR 17 Special Edition memiliki base power 65W serta Performance-core yang dapat berjalan di frekuensi hingga 5,2GHz.

Tidak sampai di situ, CPU 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX di ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dapat ditingkatkan performanya melalui Manual Mode di aplikasi Armoury Crate yang membuat CPU dapat berjalan di daya 175W. Performa tersebut membuat ROG Strix SCAR 17 Special Edition tampil dengan performa yang menyerupai PC desktop.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan GPU yang sangat powerful yaitu hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti. Berbeda dengan laptop gaming lainnya, GeForce RTX™ 3080Ti di ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W melalui Dynamic Boost.

ROG FLOW Z13

Ini adalah laptop gaming detachable yang tetap ringkas seperti laptop detachable pada umumnya. Bahkan, Berkat desain detachable yang diusungnya, ROG Flow Z13 (GZ301) juga menyandang gelar sebagai tablet gaming paling powerful di dunia.

ROG Flow Z13 (GZ301) mengusung CPU High Performance 12th Gen Intel® Core™, tepatnya hingga Intel Core i9-12900H. CPU yang menggunakan konfigurasi baru dengan total 12 core dan 20 thread tersebut terdiri dari 8 efficient core (E-Core) serta 4 performance core (P-Core). Konfigurasi tersebut memungkinkan setiap perintah dapat diekseskusi secara lebih efisien melalui pembagian pemrosesan yang lebih canggih dan diatur oleh Intel Thread Director. Konfigurasi baru tersebut juga dapat berjalan secara lebih baik di Windows 11 yang juga merupakan sistem operasi yang digunakan di ROG Flow Z13 (GZ301).

laptop detachable

Ada yang menarik dari produk ini. Di bagian belakang bodi utamanya, ROG Flow Z13 (GZ301) dilengkapi dengan “jendela” untuk mengintip sebagian komponen yang ada di dalam bodi utamanya. Untuk memperkuat desain khas gaming-nya, jendela tersebut pun dilengkapi dengan lampu RGB LED yang dapat dikustomasi lewat aplikasi Armoury Crate.

ROG XG Mobile

ROG XG Mobile dibuat untuk mendongkrak performa laptop yang kompatibel dengan perangkat ini. Untuk ROG Flow Z13 misalnya. Ketika dihubungkan dengan ROG XG Mobile yang ditenagai oleh GPU GeForce RTX™ 3080, seketika unit ROG Flow Z13 (GZ301) menjadi sistem gaming yang sangat powerful.

ROG XG Mobile

Game modern yang sebelumnya tidak mampu berjalan dengan lancar jika pengaturan grafisnya tidak diturunkan, kini menjadi sangat lancar menggunakan pengaturan grafis dan resolusi maksimal. Tidak hanya itu, fitur seperti NVIDIA DLSS 2.0 dan RTX Real-Time Ray-Tracing juga dapat dinikmati dengan sangat baik saat menggunakan ROG XG Mobile.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS