December 14, 2022

Aiven Rilis Ekosistem Streaming Berbasis Open Source untuk Apache Kafka

Penulis: Muhammad Rizki
Aiven Rilis Ekosistem Streaming Berbasis Open Source untuk Apache Kafka  

Mobitekno – Permintaan terkait penerapan open source dalam perusahaan terus mengalami peningkatan. Aiven, platform cloud data berbasis open source, tetap optimistis dalam menghadapi tantangan di tahun depan.

Optimisme itu diwujudkan dalam menghadirkan ekosistem streaming berbasis open source lengkap untuk Apache Kafka, yang menyediakan ekosistem data yang kuat, sepenuhnya open source dan real time. Dengan hadirnya layanan tambahan baru Aiven for Apache Flink dalam versi beta, Aiven for Apache Flink® adalah sebuah stream processing framework, dan Klaw, tools pengelolaan data untuk Apache Kafka.

Sebagai yang pertama yang menawarkan Apache Kafka terkelola di cloud sejak 2016 lalu, Aiven telah menjadi salah satu yang menawarkan Apache Kafka open source yang sesungguhnya di pasar.

Aiven juga menyediakan portofolio komprehensif solusi dan layanan seputar Apache Kafka yang memungkinkan konsumen memindahkan, mengelola, memproses, mengoperasikan dan secara efisien mengelola streaming data organisasi mereka secara real time.

Para pelanggan yang menggunakan platform Aiven kini bisa memanfaatkan kemampuan baru arsitektur event streaming berbasis open source secara komprehensif. Aiven baru-baru ini mengumumkan Klaw pada September 2022 setelah mengakuisisi Kafkawize, tool tata kelola data mandiri yang berbasis open source untuk Apache Kafka.

Pieter Gunawan Harianto selaku Partner Sales Manager di Aiven Indonesia, mengungkapkan, “Sebagai pemimpin di komunitas open source, Aiven memiliki misi untuk mengelola software yang membuat kehidupan para developer lebih mudah,”

Ia menambahkan, “Saya sangat bersemangat berbagi ekosistem ini kepada komunitas dan terus mendorong lahirnya teknologi-teknologi open source yang inovatif dan sarat dengan data.”

“Dengan ekosistem teknologi streaming berbasis open source yang lengkap untuk Apache Kafka di sekitar Aiven, kami bisa melakukan hal tersebut dan lebih banyak lagi untuk pengguna kami,” ungkap Budi Kusuma Utama selaku Senior Solutions Architects di Aiven.

Aiven

Berikut ini selengkapnya arsitektur streaming open source dalam ekosistem streaming berbasis open source Aiven untuk Apache Kafka:

Aiven for Apache Kafka: inti dari framework untuk event streaming yang memungkinkan data real time ditransportasikan kepada organisasi manapun. Mengelola, mengoperasikan dan mentransportasikan data stream Anda dengan handal dan di satu tempat, serta kemampuan untuk berintegrasi dengan layanan Aiven wilayah cloud dan sistem eksternal lain.

Aiven for Apache Kafka Connect: sebuah layanan yang sepenuhnya terkelola dan sepenuhnya open source dan terdistribusi untuk memungkinkan para pelanggan mengintegrasikan sumber data yang sudah ada dan melakukan sink secara mulus dengan Aiven for Apache Kafka.

Aiven for Apache Kafka MirrorMaker2: layanan replikasi data yang terkelola sepenuhnya, sepenuhnya open source, dan terdistribusi, untuk replikasi data cluster to cluster, pemulihan bencana dan geographic proximity di berbagai wilayah dan para penyedia cloud.

Aiven for Apache Flink (beta): engine SQL yang terkelola sepenuhnya, open source streaming sepenuhnya, untuk pemrosesan aliran yang tersimpan pada aliran data.

Karapace: Kafka Schema Registry yang sepenuhnya open source, yang bisa diakses oleh aplikasi untuk melakukan serialisasi dan deserialisasi pesan dengan format populer seperti AVRO, Protobuf, dan JSON

Klaw: tool untuk tata kelola data berbasis open source yang membantu enterprise melatih topik Apache Kafka® dan skema pengelolaan secara mandiri.

“Aiven for Apache Kafka telah berperan penting dalam pelayanan dan pengelolaan sistem throughput kami yang masif. Platform Aiven, bersama dengan Kubernetes Operator dan penyedia Terraform dari Aiven telah menyederhanakan tugas pemeliharaan sehari-hari kami dan mengkonsolidasikan seluruh pengelolaan dalam ekosistem yang sama dengan infrastruktur existing kami,” kata Anand Rajhans, Head of Site Reliability Engineer dari GoTo Financial, platform di balik superapps Gojek dan Tokopedia.

Ia melanjutkan, “Dukungan Aiven untuk Apache Kafka telah memudahkan kami melakukan skalabilitas terlepas dari ukuran layanan, memungkinkan kami melakukan peningkatan yang seamless dan andal bagi lebih dari 270 juta konsumen dan 11 juta merchant di seluruh Asia Tenggara.”

Menyederhanakan solusi menjadi satu, ekosistem streaming berbasis open source Aiven untuk Apache Kafka memungkinkan para pelanggan dan pengembang untuk berfokus pada hal yang benar-benar penting – bagaimana cara mendapatkan outcome dari data dengan mudah.

Tags: , , , ,


COMMENTS