October 12, 2022

Aiven Resmi Akuisisi Kafkawize untuk Melanjutkan Perjalanan Open Source

Penulis: Udi
Aiven Resmi Akuisisi Kafkawize untuk Melanjutkan Perjalanan Open Source  

Mobitekno – Aiven, perusahaan open source cloud data platform, hari ini (11/10/2022) mengumumkan bahwa Kafkawize, sebuah tool untuk open source data governance untuk Apache Kafka®, telah bergabung dengan Aiven.

Oskari Saarenmaa, CEO dan co-founder Aiven mengungkapkan bahwa akuisisi perdana ini menandai evolusi Aiven dari kontributor open source menjadi pendamping komunitas open source. Sebagai bagian dari transisi ini, Kafkawize berganti nama menjadi Klaw.

“Saya sangat gembira menyambut bergabungnya Klaw ke dalam keluarga Aiven dan memperkuat komitmen kolektif kami terhadap open source,” ucap Oskari.

Dia menjelaskan, akuisi ini akan memperkuat kemampuan kami dalam mendukung komunitas open source dalam skala besar, dan akuisisi ini juga merupakan kemajuan alami dari karya kami di Open Source Program Office, dan kami tak sabar untuk terus melanjutkan komitmen yang memberi dampak berarti.

Klaw secara langsung memenuhi kebutuhan para developer dengan menyediakan governance interface Kafka yang bisa mengelola operasional di topic-level. Klaw telah bergabung dengan Open Source Program Office Aiven dan akan terus dikembangkan sebagai proyek open source di bawah Apache License 2.0.

Pendiri dan developer Kafkawize Murali Basani juga akan bergabung dengan Aiven Open Source Program Office untuk menggarap Klaw.

“Ketika sebagian besar organisasi mengadopsi Kafka secara luas dalam teknologi stack mereka, perusahaan mengalami masalah otorisasi dan governance yang salah terhadap ratusan topik yang tercipta. Saya memulai Kafkawize pada 2018 untuk membantu menjawab pertanyaan penting seputar topik ownership dan security. Saya ingin menutup celah ini dan celah yang lain seputar governance topik, acls, skema, dan konektor di Kafka, dengan cara yang bisa diaudit,” ucap Basani.

Dengan dukungan Aiven, sambungnya, Klaw bisa meraih potensi penuhnya pada tahun-tahun mendatang. Saya sangat antusias untuk meneruskan perjalanan open source ini di Aiven.

Klaw menyediakan data governance dengan security kelas enterprise dan fungsi user management, untuk memecahkan masalah yang dihadapi organisasi saat mengembangkan penggunaan Apache Kafka®, seperti user management dan operasional di topic-level.

Saat penggunaan Apache Kafka® menjadi semakin rumit karena penggunaan yang makin luas dan ekosistem yang terus tumbuh, Klaw membantu organisasi mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan compliance mereka terhadap regulasi dan mengoptimalkan efisiensi penggunaan Apache Kafka® dalam skala yang lebih besar.

Selain Open Source Program Office yang dimulai bulan April 2021, Aiven juga mendukung karyawan yang ingin mengejar karya open source mereka melalui Plankton Program, yaitu program yang memungkinkan karyawan mengklaim kompensasi atas waktu yang mereka habiskan dalam aktivitas open source di luar pekerjaan.

Program ini adalah komitmen Aiven untuk mendukung dan menghargai kerja keras ekstra dan kemajuan yang dicapai karyawan di seluruh ekosistem open source.

Tags: , ,


COMMENTS