October 14, 2022

Bertajuk DILAN, Huawei Dukung Sekolah Staf Presiden Melalui Workshop TIK

Penulis: Iwan RS
Bertajuk DILAN, Huawei Dukung Sekolah Staf Presiden Melalui Workshop TIK  

Mobitekno – Huawei Indonesia menggelar pelatihan TIK bagi para peserta seleksi Sekolah Staf Presiden dalam rangka penguatan kapasitas dan kompetensi SDM bagi generasi muda. Pelatihan TIK ini merupakan bentuk kolaborasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan Huawei.

Sekolah Staf Presiden merupakan program inkubator kepemimpinan nasional dengan materi pembelajaran bermuatan strategis, taktis, dan praktis berdasarkan pengalaman kerja-kerja kantor kepresidenan.

Program pelatihan Sekolah Staf Presiden yang baru diluncurkan tahun ini digelar selama dua hari dan diikuti oleh 200 peserta program. Pelatihan TIK meliputi berbagai bidang, termasuk kepemimpinan digital, tren pengembangan teknologi digital terkini, serta peluang dan tantangan di era digital.

Pelatihan TIK hasil kolaborasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan Huawei ini bertajuk ‘Digital Melayani’ atau DILAN. Workshop ‘Digital Melayani’ atau Workshop DILAN ini merupakan praktik baik untuk mendukung terciptanya generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) serta pengetahuan teknologi yang mumpuni di era transformasi digital

Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Republik Indonesia menyampaikan apresiasinya kepada Huawei atas kolaborasi dan dukungannya dalam program target pengadaan 9 juta sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi digital hingga tahun 2030

Pada Maret 2021, Huawei telah mendukung pelatihan teknologi digital KSP sebagai tindak lanjut atas penandatanganan MoU antara KSP dan Huawei pada Oktober 2020 mengenai pengembangan 100 ribu talenta digital Indonesia hingga 2024. Hingga Oktober tahun ini, lebih dari 68 ribu talenta digital telah menerima manfaat dari program 100 ribu talenta digital yang diinisiasi oleh KSP dan Huawei tersebut. Kegiatan tersebut juga menegaskan komitmen ‘Huawei I Do Contribute’ dalam mengembangkan talenta digital yang mumpuni sebagai kontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

CEO, Huawei Indonesia, Jacky Chen, mengatakan, selama hadir lebih dari 22 tahun, Huawei terus berkomitmen dan terlibat langsung dalam pengembangan ekosistem TIK di tanah air dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk lembaga pemerintah seperti KSP.

“Pelatihan bersama KSP dan Huawei bertajuk “Digital Melayani” atau DILAN ini merupakan praktik baik untuk mendukung terciptanya generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) serta pengetahuan teknologi yang mumpuni di era transformasi digital,” kata Jacky.

Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Marsekal Pertama TNI R. Tjahjo Kurniawan S.T., M.Si., mengapresiasi kontribusi industri TIK seperti Huawei dalam penguatan keamanan siber. Ini sejalan dengan keinginan pemerintah Indonesia untuk menempatkan keamanan siber.

“Ini sebagai salah satu pilar utama bagi suksesnya transformasi digital yang lebih inklusif, berkesinambungan, tangguh dan aktif mendorong kerjasama antara pemangku kepentingan publik dan swasta. Pelatihan TIK generasi milleal yang sebelumnya mengikuti seleksi Sekolah Staf Presiden menunjukkan sinergi erat utuk memperkuat ekosistem digital Indonesia,” kata Tjhajo.

Director of Government Affairs, Huawei Indonesia, Yenty Joman, mengatakan, program pengembangan talenta digital Huawei juga membantu Pemerintah Indonesia mewujudkan berbagai kebijakan publik demi penguatan ekosistem digital sekaligus mengurangi kesenjangan akan SDM yang cakap digital agar dapat memenuhi kebutuhan industri.

Yenty menambahkan, dalam menyiapkan SDM yang terampil dan cakap digital, Huawei turut mengemban tanggung jawab untuk mendukung ketersediaan SDM digital yang mumpuni dan siap kerja.

Beberapa topik-topik pelatihan TIK yang dihadirkan Huawei diataranya mencakuap Kepemimpinan Digital, Tren Transformasi Digital dan Inovasi Bisnis, Ekonomi Digital dan Inovasi Industri, serta Transformasi Digital Industri yang dimampukan Teknologi Cloud.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS