June 10, 2022

Semakin Terintegrasi, Telkomsel IoT Smart Manufacturing Dukung Efisiensi Industri

Penulis: Rizki R
Semakin Terintegrasi, Telkomsel IoT Smart Manufacturing Dukung Efisiensi Industri  

Mobitekno – Perusahaan telekomunikasi terkemuka, Telkomsel baru saja menghadirkan layanan Telkomsel Internet of Things (IoT) Smart Manufacturing guna mengakselerasi industri 4.0 di Indonesia. Perusahaan terus mengembangkan layanannya dalam akselerasi transformasi lintas sektor industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi masa kini.

Smart Manufacturing merupakan solusi digital bagi industri manufaktur yang bergerak menuju digitalisasi dengan connected sensor dan collected data dalam data platform sebagai pengumpulan data yang dianalisa untuk melakukan pengambilan keputusan cepat.

Nantinya meliputi seluruh yang ada di perusahaan seperti produksi, quality, maintenance dan warehouse. End-to-end solution terintegrasi yang dihadirkan oleh Telkomsel IoT Smart Manufacturing ini memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkelanjutan sampai keamanan pada setiap proses yang dilakukan perusahaan melalui data secara akurat.

Wong Soon Nam selaku Direktur Planning & Transformation Telkomsel menjelaskan bahwa Telkomsel konsisten dalam upaya mendukung berbagai pelaku bisnis lintas sektor industri di Indonesia untuk mengakselerasikan transformasi sistem operasional melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT.

“Dengan dukungan layanan IoT Smart Manufacturing, Telkomsel menghadirkan solusi digital terintegrasi pada rantai manufaktur yang sejalan dengan para pelaku industri tanah air dalam ekosistem yang mendukung komitmen making Indonesia 4.0.” ujar Soon Nam.

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa dan Industri Kemenperin, Heru Kustanto, mengapresiasi Telkomsel.

Ia juga menyebut, pihaknya akan terus mendukung solution enabler seperti Telkomsel yang bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak mewujudkan Indonesia 4.0.

Solusi yang dilakukan Telkomsel ini memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkesinambungan, karena produksi produk manufaktur dilakukan melalui proses terintegrasi yang lebih ekonomis sehingga dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan melalui konservasi energi dan sumber daya alam.

Layanan Telkomsel IoT Smart Manufacturing menyediakan solusi yang lebih menyeluruh karena di dalamnya mencakup production control & monitoring, overall equipment efficiency (OEE), quality control using computer vision, traceability, warehouse management, manufacturing execution system (MES) dengan menyediakan data platform.

Selain itu, solusi digital ini dapat dikombinasikan dengan solusi Telkomsel IoT lainnya, seperti IoT Energy Monitoring solution, IoT Asset Performance Management untuk kebutuhan warehousing, IoT Manage SD-WAN 5G untuk solusi konektivitas berbasis cloud yang andal dan aman, IoT Fleetsight untuk monitoring aset, serta IoT Control Tower untuk order management untuk membangun smart industrial ecosystem yang semakin terintegrasi.

Tags: , , , ,


COMMENTS