June 10, 2022

Persib Jadi Klub Pertama Indonesia Adopsi Fan Token Berbasis Blockchain Socios.com

Penulis: Iwan RS
Persib Jadi Klub Pertama Indonesia Adopsi Fan Token Berbasis Blockchain Socios.com  

Mobitekno – Klub sepakbola yang memiliki suporter besar di tanah air, Persib Bandung pada Rabu (8/6/2022) mengumumkan kemitraannya dengan platform fan token (fans engagement platform) berbasis blockchain, socios.com.

Sebagai informasi, platform Socios.com dibangun di atas infrastruktur blockchain Chiliz dan menggunakan $CHZ sebagai token eksklusifnya di platform tersebut.

Sebagai platform/layanan yang menggunakan jaringan blockchain untuk mengelola penggemar klub bola (fan engagement app), para penggemar dapat berkontribusi dalam perkembangan klub bola yang didukungnya.

Pertukaran antara kepemilikan token dan wewenang itulah yang jadi unggulan tersendiri dari fan token Socios. Sebagai salah satu jenis produk blockchain, pembuatan fan token itu sama seperti mata uang kripto (cryptocurrency) umumnya yang mengandalkan teknologi kriptografi (enkripsi) untuk mengautentikasi kepemilikannya dalam buku besar (distributed ledger) dalam jaringan blockchain.

Persib Socios 03

Persib Socios 04

Meski demikian, fan token juga memiliki beberapa perbedaan dengan produk blockchain lainnnya, misalnya NFT. Tidak seperti NFT yang non-fungible, fan token dapat dipertukarkan (fungible/interchangeable). Artinya, seperti uang tunai, token dapat ditukar dengan merchandise klub olahraga, pengalaman VIP, dan lainnya.

Dengan kemitraan strategis dengan Socios, klub berjulukan Maung Bandung ini akan menggunakan fan token untuk berbagai kepentingan seluruh suporternya (Bobotoh dan Viking) yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Dengan kerja sama ini juga berarti Persib mengikuti/bergabung dengan berbagai klub sepakbola global lainnya yang sudah menggunaka platform ini, seperti Barcelona, AC Milan, Juventus, AS Roma, Napoli, Manchester City, Arsenal, dan masih lainnya.

Selain klub sepakbola, platform Socios.com juga merambah ke olahraga atau segmen lainnya, seperti industri gaming, adu/tarung, balap, basket, tenis, american football, hoki, hingga baseball.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono menyatakan kegembiraannya menyambut kemitraan Persib dan Socios.com.

“Persib adalah klub sepakbola profesional yang sangat terbuka dan tentunya sangat mendukung berbagai inovasi dan teknologi terbaru. Bersama Socios.com, kami percaya dapat menawarkan peluang baru bagi seluruh basis pendukung Persib, Bobotoh baik di Indonesia maupun di seluruh dunia untuk terlibat lebih dalam, lebih dekat dan menjadi yang terdepan bersama klub kebanggaannya Persib,” ujar Teddy melalui siaran persnya (8/6/2022).

Menurut Teddy, Persib fan token akan menjadi sebuah media dan instrumen yang efektif karena dapat menjangkau banyak basis pendukung digital global yang jumlahnya lebih dari 20 juta serta menjadi lebih dekat dengan klub kebanggaannya.

Persib Socios 02
Pendiri Socios.com dan Chiliz, Alexandre Dreyfus menyatakan bahwa aplikasi atau platform ini dapat membantu berbagai klub/tim olahraga dalam memonetisasi fans global mereka di seluruh dunia.

 

Platform socios.com sudah memproyeksikan menjalankan 500 fans polling bagi seluruh komunitas pemegang fan token-nya di tahun ini. Diantaranya, seperti turut berkontribusi dalam pengambilan keputusan di klub terkait desain jersey, pemilihan nomor punggung, lagu klub saat perayaan dan lainnya.

Selain itu, pemegang fan token juga berpeluang menerima berbagai hadiah dalam bentuk digital rewards yang unik, termasuk digital asset, serta merchandise, dan jersey yang dikenakan oleh pemain saat pertandingan, selama memenuhi syarat untuk dapat mengakses diskon eksklusif yang ditawarkan sponsor klub, dan penawaran serta insentif khusus lainnya dari berbagai mitra kerja sama.

Alexandre Dreyfus, CEO Chiliz dan Socios.com mengklaim platform socios.com telah menjadi komunitas global dan khusus dibuat untuk seluruh pendukung klub olahraga di mana pun berada.

Terkait bergabungnya Persib, Alexandre menyatakan optimismenya akan pasar baru dengan suporternya yang memilki animo besar untuk sepakbola domestik dan kecintaan untuk permainan global sepakbola.

“Sambutan yang sangat hangat dari kami untuk Persib. Kami berharap dapat menciptakan pengalaman luar biasa dan peluang baru bagi seluruh Bobotoh agar lebih dekat dengan klub kebanggaannya,” tutup Alexandre.

Tags: , , , , ,


COMMENTS