September 9, 2022

Bekerjasama dengan Yayasan Dek dan Disdikbud Kota Padang, Epson Dukung Kurikulum Merdeka

Penulis: Desmal Andi
Bekerjasama dengan Yayasan Dek dan Disdikbud Kota Padang, Epson Dukung Kurikulum Merdeka  

Mobitekno – Pendidikan merupakan salah satu sistem dalam meningkatkan taraf dan kualitas hidup seseorang pada semua aspek kehidupan di dunia. Peran Epson Indonesia dalam mendukung dunia pendidikan memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam memajukan aspek Pendidikan di beberapa lokasi di Indonesia.

Kota Padang merupakan lokasi ke empat dalam rangakaian kegiatan dukungan Epson Indonesia terhadap program Kemendikbud-Ristek dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar yang diikuti oleh beberapa Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA ke Kota Padang yang kini sedang disosialisaikan dan diikuti oleh Pemerintah kepada seluruh satuan Pendidikan yang ada di Indonesia, dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Acara sosialisasi ini diadakan pada 26 Agustus 2022 lalu, di ballroom Hotel Truntum, Kota Padang. Acara tersebut merupakan suatu sarana informasi dan motivasi bagi para guru dan tenaga kependidikan melalui narasumber praktisi pendidikan yang kompeten di bidangnya. Harapan dari seminar ini, dapat membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang dalam mengakselerasi impelmentasi Kurikulum Merdeka secara merata di Kota Padang agar para guru dan tenaga kependidikan siap dalam menyambut pembaharuan dalam proses pengajaran seiring perubahan zaman dalam penugasan teknologi pembelajaran di era digitalisasi serta dapat senantiasa terus berinovasi dan beradaptasi selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka saat ini.

Kegiatan seminar yang diikuti oleh sejumlah pemangku kepentingan daerah seperti Drs. Arfian – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Rita Yenis, S. Si, M.T. – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), dan Indriyedi Bakri, S.Pd, M.T – Kepala Bidang P2MP, Prawira Salim – Ketua Yayasan DEK dan perwakilan dari Epson Indonesia Hesti Astina dan Ahmad Edwin Ramdhani Syafruddin – Product Manager Visual Instrument Department Epson Indonesia.

PT Epson Indonesia bekerja sama dengan Yayasan DEK (Dedikasi Edukasi Kualiva), dimana merupakan Yayasan yang terus berkembang dan mengembangkan Pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Yayasan DEK menjadi satu satunya Organisasi Kemsyarakatan di Sumatera Barat yang dipercaya oleh Kemendikbud ristek RI melaksanakan Program Organisasi Penggerak mendampingi 165 Sekolah menjadi Sekolah Penggerak Mandiri di Dua Provinsi, Sumatera Barat dan Riau.

Adapun topik seminar yang disajikan mengenai seputar dunia pendidikan dan perkembangan pendidikan pada era digital saat ini. Ahmad Edwin Ramdhani Syafruddin selaku Product Manager Visual Instrument perwakilan dari Epson Indonesia memberikan isi seminar mengenai solusi teknologi projector secara nirkabel dan interaktif sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.

“Kami mengucapkan terimakasih atas inisiasi yang dilakukan oleh Yayasan DEK dalam mengadakan kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka ini karena ini sangat penting sekali agar semua sekolah dapat menerapkannya dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada Epson Indonesia yang sudah ikut andil mendukung kegiatan ini, hal ini sangat baik sekali. Saya melihat Epson Indonesia sangat aktif sekali dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan mengadakan kegiatan yang bertemakan Pendidikan serta solusi-solusi yang diberikan sangat dibutuhkan Sekolah saat ini. Oleh karena itu Yayasan DEK menggandeng Epson Indonesia selaku penyedia perangkat teknologi dapat mewujudkan modernisasi pembelajaran melalui implementasi program Kurikulum Merdeka ini” Drs. Arfian – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang

Selain itu, Bapak Prawira Salim – Ketua Yayasan DEK, menyatakan bahwa “Sebagaiama yang kita tahu, Kurikulum Meredeka ini akan menjadi satuan Pendidikan dalam rangka untuk memulihkan dunia pembelajaran tahun 2022 s.d 2024 dimana kita memulai sesuatu yang baru di dalam dunia Pendidikan. Kegiatan ini merupakan bentuk fasilitas yang diberikan dari Kemendikbudristek dalam mengapresiasi tenaga Pendidikan yang profesional “

Secara khusus Epson Indoensia memberikan beberapa solusi teknologi guna mendukung kegiatan belajar-mengajar melalui produk-produk yang dirancang khusus sebagai fasilitas penunjang kebutuhan guru dan tenaga pendidik untuk semakin interaktif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, serta mewujudkan digitaliasi sekolah melalui produk Epson EB-X06 dan EB-725Wi serta Printer Epson Ecotank, L Series (Printer Warna) dan M Series (Printer Hitam Putih).

Adaptasi terhadap penggunaan teknologi di masa peralihan pandemi menjadi endemi saat ini membuat dunia Pendidikan di Indonesia memiliki tantangan. Konsentrasi siswa yang kurang terpusat karena pembelajaran yang cenderung satu arah telah membuat kami sebagai perusahaan teknologi berinovasi membantu dunia pendidikan Indonesia, khususnya bagi Bapak dan Ibu Guru agar mampu menjalankan kegiatan pembelajaran tatap muka saat ini yang lebih atraktif dan Interaktif.” ujar Edwin Syafruddin – Product Manager Visual Instrument Department Epson Indonesia

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada Dunia Pendidikan Indonesia, Epson Indonesia menghadirkan model proyektor yang dirancang khusus untuk segmen pendidikan di Indonesia yaitu: EB-X06 proyektor ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunan proyektor oleh guru-guru dan tenaga pendidik di sekolah. Dengan Teknologi 3 Chip LCD yang mampu memberikan hasil proyeksi yang lebih terang dan tidak membuat mata cepat Lelah, proyektor ini juga sudah dilengkapi dengan menu Bahasa Indonesia, juga memberikan garansi yang lebih panjang yaitu 2 tahun untuk unit proyektor dan 1 tahun atau 1000 jam (atau mana yang terlebih dahulu tercapai) untuk lampu proyektor yang membuat proyektor ini sangat ramah dan mudah digunakanoleh para guru dan tenaga pendidik. Bahkan Proyektor ini mampu menampilkan materi pembelajaran tanpa terhubung melalui kabel dengan menambahkan opsional dongel dengan tipe ELPAP11, sehingga Guru mampu melakukan kegiatan belajar mengajar cukup melalui gawai pribadi dan bisa memanfaatkan papan tulis digital dan menampilkan 4 tampilan layar murid secara bersamaan dengan aplikasi iProjection yang tersedia secara gratis di website Epson, Apps Store dan Play Store.

Epson dukung dunia pendidikan Indonesia

Pada kegiatan ini juga Epson Indonesia menggunakan Proyektor Interaktif EB-725Wi yang menjadikan media proyeksinya menjadi layar sentuh, sehingga dengan Proyekor ini kegiatan belajar mengajar menjadi lebih atraktif dan menyenangkan.

Adapun solusi dari Printer Epson Ecotank dimana saat ini mampu mencetak dari mana saja melalui jaringan nirkabel dengan menggunakan fitur Epson Connect, yaitu layanan yang memungkinkan pengguna di Sekolah mampu mencetak, scan foto dan dokumen menggunakan perangkat pintar, tablet, computer dari rumah secara jarak jauh.

Solusi ini diberikan oleh Epson untuk Pendidikan di Indonesia karena kami percaya akan membatu dalam proses pengerjaan yang kebih nyaman, mampu meningkatkan produktivitas karena memiliki kecepatan dalam proses cetak dan memiliki keamanan dalam dokumennya, ujar Fahmi Reza Syamsudin – Product Manager Consumer Department Epson Indonesia

Tags: , , ,


COMMENTS