February 7, 2022

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G, Fitur Flagship untuk Gen Z dengan Harga Lebih Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy S21 FE 5G, Fitur Flagship untuk Gen Z dengan Harga Lebih Terjangkau  

Mobitekno – Varian paling bungsu dari S21 series ini dirilis di awal tahun 2022 untuk para fans setia Galaxy S Series. Hadirnya Galaxy S21 FE 5G ini juga menyasar para generasi Z yang ingin tetap berkarya dengan perangkat yang prima, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh sebab itu, walau sama-sama mengusung performa prima seperti varian S21 sebelumnya, varian FE 5G ini tampil dengan material bodi lebih sederhana.

Namun begitu, keunggulan khas Galaxy S21 Series tetap dibenamkan ke dalam smartphone ini. Sisi kamera tentu menjadi yang banyak diinginkan oleh para fans Galaxy S21 Series. Oleh sebab itu, kehadiran triple Pro Grade Camera dengan tampilan jernih dari layar Dynamic AMOLED 2X. bisa membuat penggunanya lebih kreatif.

Samsung sendiri mengeluarkan empat opsi warna untuk Galaxy S21 FE 5G ini, yaitu Lavender, White, Olive, dan Graphite. Mobitekno pun langsung mendapatkan kesempatan untuk menggunakan smartphone S21 anyar ini dengan opsi warna putih (white). Hasilnya? Bisa dibaca ulasan berikut ini.

Galaxy S21 FE 5G

Kelengkapan

Samsung Galaxy S21 FE 5G ini hadir dalam kemasan yang sangat kompak, sehingga mudah dibawa. Sama seperti varian Galaxy S21 sebelumnya, konsumen tidak akan mendapatkan perangkat pengisi daya (charger di dalamnya). Namun begitu, smartphone ini sudah mendukung pengisian daya cepat hingga 25W. Untuk lebih jelasnya, berikut isi kemasan paket Galaxy S21 FE 5G:

  1. Unit Galaxy S21 FE 5G berwarna putih
  2. Kabel charger USB C ke USB C
  3. SIM Card Ejector
  4. Buku panduan singkat dan kartu garansi
Kelengkapan dalam paket penjualannya

Desain

Dengan layar berukuran 6,4 inci dan menggunakan jenis layar Super AMOLED 2X, Galaxy S21 FE 5G tampak terlihat lebih ringkas. Apalagi material belakang yang terbuat dari bahan plasti polikarbonat membuat smartphone begitu ringan saat dibawa. Berat keseluruhannya adalah 177gram dengan ketebalan hanya 7,9mm. Keseluruhan bodi belakang penuh dengan warna putih dengan tiga kamera di sisi kiri atas disusun lurus berjajar ke bawah. Dengan desain kompak dan ringan ini, tentunya Galaxy S21 FE 5G akan sangat simpel untuk diletakkan di saku celana atau baju.

Desain ringan dan tipis

Untuk sisi atas, selain layar Super AMOLED 2X yang tampil jernih, Samsung juga menempatkan kamera depan dengan desain punch hole dan diposisikan persis di tengah-tengah. Dengan begitu, saat digunakan untuk rapat online atau video conference, hal ini menjadi lebih nyaman karena pandangan pengguna akan tetap lurus ke depan. Layarnya ini juga dikelilingi oleh bezel super tipis untuk mempercantik tampilan Galaxy S21 FE 5G. Bagian bawah layar menjadi letak pengenalan sidik jari karena smartphone ini menggunakan fingerprint di atas layar.

Desain kamera depan punch hole

Beralih ke sisi-sisi kiri dan kanan. Samsung tetap menggunakan desain S21 sebelumnya, dimana tombol power dan volume ada di sisi kanan. Sementara di sisi kiri praktis tampil polos. Hal ini karena slot micro SIM Card diletakkan di sisi bawah, menemani lubang speaker dan port USB type C. Ada lubang mikrofon juga di bagian bawah ini, selain di sisi atas. Tidak ada port audio 3,5mm untuk headphone atau earphone yang masih memiliki kabel. Untuk perangkat audio eksternal, disarankan menggunakan sistem wireless bluetooth atau menggunakan adapter tambahan dari port USB type C ke konektor audio 3,5mm.

Di atas, sudah sedikit diceritakan tentang bagian belakang smartphone ini. Dengan material yang digunakan, bodi belakang ini bisa terhindar dari sisa atau jejak sidik jari. Kami melihat material bodi belakang yang berbeda dari S21 lainnya, membuat smartphone ini kurang terasa flagship-nya. Ini dinilai dari faktor tampilannya saja. Namun, saat melihat performanya, akan terasa kinerja yang kencang dari semburan tenaga prosesor Exynos 2100 yang tidak hanya mumpuni untuk mendukung produktivitas, tetapi juga hiburan dan gaming.

Desain bodi belakang

Fitur dan Performa

Smartphone flagship tentunya harus membawa fitur yang flagship. Walaupun, menurut kami, desain Galaxy S21 FE 5G ini tidak semewah Galaxy S21 sebelumnya, tetapi fitur-fiturnya tetap hadir mewah. Dari sisi sistem operasinya saja, Samsung sudah menggunakan OS terbaru mereka yaitu OneUI 4.0 yang berbasis Android 12. User interface yang digunakan di OneUI 4.0 ini sudah menyesesuaikan keinginan banyak pengguna Samsung. Dengan begitu, hal ini bisa semakin meningkatkan pengalaman menggunakan smartphone. OneUI 4.0 ini juga menghadirkan berbagai fitur yang personal dan kontrol privasi yang lebih aman. Pengguna dapat mengubah berbagai fitur bawaan yang sering digunakan seperti home screens, icons, notifications, wallpaper sesuai dengan keinginan mereka. Widgets yang dihadirkan juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa semakin menambah pengalaman saat menggunakan smartphone dalam keseharian pengguna.

Fitur flagship lainnya yang dibawa smartphone ini adalah Link to Windows dan Samsung DeX. Fitur ini akan memudahkan kita saat bekerja dengan smartphone yang dipadukan dengan laptop atau PC. Dengan link to Windows, semua fungsi smartphone bisa berpindah ke perangkat laptop. Melalui sebuah aplikasi di Windows, akan muncul beberapa fungsi utama di smartphone, seperti Notifikasi, Messages, Photos, Apps, dan Calls. Klik bagian aplikasi misalnya. Pengguna akan melihat seluruh aplikasi yang ada di smartphone. Kini, untuk menggunakan aplikasi smartphone tersebut, pengguna bisa menjalankannya di layar laptop. Bahkan, bermain game smartphone pun bisa dilakukan dari laptop. Ini akan sangat menyenangkan karena bermain dengan layar yang lebih lebar lagi membuat permainan lebih nyaman lagi.

Samsung DeX

Sementara Samsung DeX akan membuat tampilan smartphone bisa diubah menjadi mode desktop. Akan sangat bermanfaat jika fungsi ini menggunakan laptop untuk mengoperasikan Samsung DeX. DeX di smartphone ini juga bisa digunakan dengan dua mode, yaitumode wired dan wireless. Dengan tampilan desktop, Anda seperti menggunakan PC pada umumnya. Bahkan, tambahkan mouse dan keyboard external, Galaxy S21 FE 5G sudah “berubah wujud” menjadi PC.

Untuk urusan performa, tampaknya tidak perlu dikhawatirkan. Samsung Galaxy S21 FE 5G menggunakan chipset Exynos 2100 dengan fabrikasi 5 nm. Hal ini membuat smartphone lebih irit daya. Sementara dipadukan dengan memori besar 8GB, membuat proses transfer data menjadi lebih ngebut. Untuk storage-nya, Samsung menyediakan dua opsi lagi, yaitu 128GB dan 256GB.

Paduan chipset, storage, dan layar yang juga mendukung refresh rate 120Hz, tidak hanya menarik untuk menampilkan konten, akan tetapi juga gaming. Bermain game di Galaxy S21 FE 5G menjadi lebih menyenangkan. Dicoba untuk bermain PUBG Mobile, tidak ada lag di dalamnya. Apalagi Samsung juga memiliki Game Mode yang bisa menyingkirkan berbagai hambatan saat bermain game. Semua ini juga didukungd engan layar Galaxy S21 FE 5G memiliki view yang immersive dengan screen ratio 19,5:9 yang baru dan minim bezel.

Tidak ada lag untuk memainkan game apapun

Bagian yang paling banyak dicari pengguna adalah fotografi dan videografi. Untuk urusan ini, Samsung menghadirkan tiga kamera Pro Grade yang bisa digunakan mengambil momen dengan lebih fleksibel. Triple Pro Grade Camera 12MP dan selfie camera 32MP pada Galaxy S21 FE 5G siap menjadi senjata andalan dalam merekam visual. Kamera belakangnya terdiri dari 12MP Ultra-Wide Camera F2.2, FOV 123, 12MP Wide Camera Dual Pixel AF, OIS, F1.8, dan 8MP Telephoto Camera yang dapat melakukan 30x Space Zoom, F2.4.

Samsung juga menyediakan banyak mode kamera pada fitur ini. Ini membuat Anda bisa bereksperimen dengan lebih luas, mencoba Single take, Penorama, Super Slow Mo, Hyperlapse, hingga portrait video. Memang tidak ada Director View seperti pada Galaxy S21 Ultra. Akan tetapi, Samsung Galaxy S21 FE 5G ini menyediakan fitur dual recording. Jadi, kamera depan dan belakang bekerja bersamaan. Sehingga pas digunakan untuk aktivitas vlog atau membuat konten kreatif lainnya.

Fungsi yang menarik di Galaxy S21 FE 5G, Dual Recording

Satu hal menarik lagi dari sisi fotografi dan videografi. Samsung juga memiliki menu edit yang lebih menarik. Contohnya seperti background eraser atau object eraser yang bisa dilakukan lebih mudah dari smartphone ini. Jadi, Anda tidak memerlukan lagi aplikasi-aplikasi seperti Adobe Photoshop di PC atau laptop untuk mengedit hasil foto-foto tersebut. Bahkan, ukuran foto pun bisa di-resize langsung dari smartphone dengan lebih mudah dan cepat.

Fungsi edit foto yang menarik, Anda bahkan bisa menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan dengan lebih mudah

Fitur-fitur lainnya tidak kalah menarik, misalnya seperti fitur keamanan Samsung Knox atau fitur Device Care yang dapat menjaga smartphone agar tetap dalam kinerja terbaiknya. Ada juga fitur Private Share yang dapat berbagi dokumen dengan lebih aman.

Kemampuan baterai juga menjadi faktor penting agar penggunanya tetap semangat dan kreatif sepanjang hari. Baterainya berkapasitas 4.500mAh, sehingga cukup untuk digunakan seharian penuh. Baterainya ini juga mendukung sistem pengisian cepat 25W atau wireless charging hingga 15W.

Fungsi-fungsi lainnya yang tidak kalah menarik adalah NFC untuk membantu kelancaran transaksi non tunai, Android Auto untuk lebih aman saat digunakan sedang berkendara, hingga Smart View untuk memindahkan tampilan layar ke perangkat monitor yang lebih besar,

Kami mencoba mengujinya dalam aplikasi benchmark. Ini hasilnya.

Sementara untuk hasil-hasil foto bisa dilihat berikut ini.

Spesifikasi

 

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G
Display 6,4-inch FHD+ Dynamic AMOLED 2X Display

Super Smooth 120Hz refresh rate

240Hz Touch Sampling Rate di Game Mode

Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control

Security Optical Fingerprint
Dimensions & Weight 74,5 x 155,7 x 7,9mm, 177g
Camera 12MP Ultra-Wide Camera

–        F2.2, FOV 123˚

 

12MP Wide Camera

–        Dual Pixel AF, OIS, F1.8

8MP Telephoto Camera

30x Space Zoom, F2.4

–        32MP Selfie Camera

–        F2.2, FOV 81˚

Processor  

5nm 64-bit Octa-Core Processor

Memory 8GB RAM with 256GB internal storage

8GB RAM with 128GB internal storage

Battery 4,500mAh
Charging 25W Wired

15W Wireless

Wireless PowerShare

OS Android 12
Network 2G GSM,3G WCDMA,4G LTE FDD,4G LTE TDD,4G 4×4 MIMO band,5G Sub6 FDD,5G Sub6 TDD, 5G 4×4 MIMO band
Payment Samsung Pay dengan NFC
Sensors Accelerometer, Barometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor
Water Resistance IP68

Kesimpulan

Smartphone Galaxy S21 FE 5G sengaja dikeluarkan paling akhir untuk mendukung banyak aktivitas pengguna saat ini yang lebih kreatif. Oleh sebab itu, banyak fitur menarik disediakan di dalamnya. Fitur-fitur flagship ini kini bisa dirasakan dengan lebih banyak pengguna karena varian ini hadir dengan harga lebih terjangkau.

Menyasar ke generasi Z, tentunya Galaxy S21 FE 5G juga bisa mendukung gaya hidup mereka seharian penuh. Desainnya yang kompak, tidak tebal, memiliki layar super jernih, serta didukung empat opsi warna menarik, tentunya bisa berpadu dengan gaya penggunanya sehari-hari.

Galaxy S21 FE 5G jadi teman harian untuk lebih berkreasi

Sementara untuk masalah fotografi dan videografi, hal ini tidak perlu diragukan lagi berkat kemampuan triple Pro Grade Camera di bagian belakang yang dipadukan dengan kamera selfie berkemampuan tinggi. Hasilnya bisa diolah lagi tanpa harus menggunakan aplikasi eksternal untuk menjadi lebih bagus. Samsung memang sudah menyiapkan hampir semua kebutuhan penggunanya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS